Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Kuliner Tengkleng Rica Pak Manto Khas Solo

Kuliner Tengkleng Rica Pak Manto Khas Solo

Menikmati Sajian Kuliner Tengkleng Rica Khas Solo Yang Enak Dan Lezat

Direktori Wisata – Sajian kuliner tengkleng rica khas Solo dengan cita rasa manis, pedas dan gurih dengan tekstur daging kambing muda yang empuk dan nikmat.

Jalan-jalan merupakan salah stau cara untuk kita menikmati hidup yang tidak boleh kita lupakan akan anugrah Tuhan yang telah diberikan oleh kita. Bicara untuk menikmati hidup tentu saja bila kita melakukan perjalanan liburan dan bermain, tentun saja kita bisa sambil melakukan wisata kuliner khas dari daerah yang kita kunjungi.

kuliner-tengkleng-rica-pak-manto-solo

Mengusung moto “The Spirit of Java” yang dikenal dengan “Jiwa dari peradaban Jawa”  Surakarta atau Solo yang menjadi kota syarat akan tradisi nan kaya akan budaya. Kekayaan warisan leluhur dapat kita lihat teraplikasi pada berbagai seni kehidupan di masyarakatnya seperti sandang, papan juga tentunya pangan.

Salah satu cara kita bisa menikmati anugrah adalah dengan mengisi waktu senggang dengan liburan sambil menikmati destinasi wisata kuliner Solo, kita bisa menikmati sajian makanan khas Solo yaitu “tengkleng”, Namun makanan tengkleng yang satu ini berbeda dari menu masakan khas Solo lainnya, karena tengkleng yang satu ini bersalut rempah berlimpah nan lezat serta menyengatkan.

Bila kita berkunjung ke Solo, rasanya kurang lengkap bila kita tidak mencicipi makanan khasnya.yaitu tengkleng. Bila kita mencari tempat wisata kuliner tengkleng khas Solo dan enak, kita bisa mencoba di kedai yang menjual tengkleng khas Solo di warung Pak Manto.

Warung tengkleng Pak Manto ini menyajikan makanan khas Solo sejak 25 tahun silam. Suasana warung yang ramai jauh dari kata sepi dengan pangunjung menjadikan tempat wisata kuliner Solo ini manjadi salah satu pusat destinasi wisata kuliner yang cukup dikenal di kalangan wisatawan dan penikmat kuliner Solo pilihan saat mengisi liburan di Kota Surakarta.

Tengkleng Rica Khas Solo

Seporsi menu masakan tengkleng khas Solo pak Manto disajikan dengan racikan spesial, dengan rasa lezat dan bersalut bumbu pekat dengan cita rasa gurih pedas menyengat, dan makanan khas ini dikenal dengan sebutan “tengkleng rica”.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, tengkleng merupakan sajian kuliner tradisional buah sulitnya jaman. Konon dulunya warga yang tidak sanggup membeli daging akhirnya mengolah tulang dengan berbagai cara. Pak Manto kemudian menghadirkan dalam varian masakannya yang berbeda yaitu masakan tengkleng kambing muda di olah kering.

tengkleng-rica-khas-solo

Seporsi tengkleng Pak Manto berisikan tulang kambing muda yang penuh dengan bersalut daging berisi sumsu gurih yang tersaji lengkap dengan irisan kol dan tomat, rasanya mantap dengan sensasi hangat dan sedap dengan rasa dagingnya yang empuk yang membuat kelezatan tengkleng rica khas Solo sukses menjadi salah satu kuliner favorit warga.

Tulang dan daging sebagai bahan utama dalam masakan tengkleng rica ini harus berkualitas prima. Dan hanya kambing muda yang masuk kriteria dan untuk bagian kepala kambing tidak sebagian dikitpun ikut seta menjadi bahan olahan tengkleng rica khas Solo Pak Manto ini.

Tengkleng Rica Pk Manto Khas Solo

Konon, informasi yang Diirektori Wisata dapatkan, untuk membuat menu masakan tengkleng khas Solo ini diperlukan kambing yang berumur muda, hal ini dikarenakan daging kambingnya llebih empuk dan juga bila dimasakn lebih cepat.

Sedangkan untuk bagian kepala dan kaki kambing yang tidak digunakan dalam pengolahan masakan ini, karena kuah yang akan dijadikan pengolahan dari masakan tengkleng ini sebenarnya adalah untuk tongseng, maka dari itu kepala dan kaki tidak diambil, karena dapat merubah cita rasa dari makanan ini.

Konon, salah satu kunci kelezatan tengkleng rica pak manto ini adalah dengan menjaga eksistensi luhur warisan resep kuliner tradisional, termasuk mempertahankan kualitas bahan baku, bumbu dan tekhnik peracikan. Seperti dalam hal pembuatan kuahnya campuran bumbu dan campuran santan digodok secara bersamaan selama +/- 1,5 jam untk hasilkan tengklang yang segar.

Dan cara pengolahan masaknnya pun masih tradisional, bukan karena tidak ingin menselaraskan jaman melainkan proses memasak lama dengan tungku arang membuat tekstur istimewah dan bumbu meresap secara sempurna. Namun tentunya ada trik istimewah yang dilakukan oleh Pak Manto dalam proses pembuatannya.

Untuk proses pembuatan seporsi tengkleng rica khas Solo Pak Manto membutuhan bara apl yang besar dan juga sekitar 2 sampai 3 menit untuk menguapkan kuah santannya. Dan hal inilah yang menjadikan kedai Pak Manto menjadi  salah satu warung yang dikenal menghidangkan masakan tengkleng Solo yang enak.

Selain menu masakan tengkleng rica, kedai Pak Manto ini juga menyajikan makanan kuliner yang terbuat dari daging kambing muda lainnya seperti, sate buntel, tongsing kambing,, juga gulai. Semua rasanya lembut, pekat gurih menggoda dari hasil cita rasa masakan di kedai ini. Dan untuk semua hidangan ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 40.000,- / porsi.

Puas menikmati hidangan kuliner Tengkleng Solo Pak Manto, kita dapat melanjutkan perjalanan liburan ke tempat wisata Solo lainnya yang menyimpan ragam keunikan dan keindahan objek yang bisa dijadikan destinasi liburan yang menarik untuk habiskan waktu liburan.

Untuk menikmati kuliner tengkleng rica Solo khas Pak Manto kita dapat menemukan lokasinya dengan mudah, bahkan teman-teman dan pembaca setia Direktori Wisata dapat mengikuti arah dan alamat yang terdapat di dalam peta.

Salah satu kenikmatan yang bisa selalu kita nikmati dalam anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita salah satunya kita masih bisa menikmati kuliner tengkleng khas Solo hingga menikmati sumsum tulangnya yang nikmat. Namun bagi kita yang masih bisa menikmati sajian kuliner ini, sebaiknya dapat menjaga kesehatan tubuh kita untuk mengendalikan dan mengontrol diri dalam hal mengkonsumsi  dengan diimbangi olahraga yang cukup. Yuk jalan-jalan ke Solo.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :