Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Kuliner Peyek Bayam Oleh-Oleh Jajanan Khas Bogor

Kuliner Peyek Bayam Oleh-Oleh Jajanan Khas Bogor

Mengenal Kuliner Tradisional Peyek Bayam Bogor

Direktori Wisata. – Peyek bayam merupakan makanan yang terbuat dari daun bayam gajah atau daun bayam besar dan menjadi salah satu oleh-oleh kuliner khas Bogor.

Bogor tidak hanya dikenal sebagai kota hujan yang hanya memiliki keragaman bentuk destinasi wisata alam dan wisata heritage yang sangat mengagumkan.

Kota dan kabupaten ini pun banyak menyajikan sajian hidangan kuliner tradisional yang unik dan menarik kaya akan kreatifitas yang dikembangan oleh masyarakatnya.

peyek-bayam
Peyek Bayam

Pada saat mengisi liburan dan melakukan jelajah wisata kuliner Bogor, kami Direktori Wisata menemukan sajian makanan jajanan tradisional khas Bogor yang unik dan menarik.

Salah satunya adalah jajanan peyek goreng yang terbuat dari daun bayam dengan adonan tepung yang dicampur dengan bumbu tradisional Indonesia yang khas lalu digoreng.

wisata-kuliner-peyek-bayam
Jajanan Peyek Bayam

Dari bentuknya makanan peyek bayam ini sama dengan bentuk kuliner lainnya. Namun, ada bentuk keunikan dari bentuk bahan dasar daun bayam yang digunakan oleh si pembuatnya.

Daun bayam ini dikenal dengan jenis bayam gajah, namun dari informasi si penjual peyek goreng yang kami temukan di lokasi, jenis daun bayam ini juga ada yang menyebutnya bayam gurame.

daun-bayem-gajah
Bayam Gajah

Tekstur daunnya sangat berbeda dengan jenis daun bayam lainnya yang biasa sering digunakan untuk membuat sayur.

Daun yang lebar dan berwarna hijau, serta memiliki tangkai daun yang lebih besar dari jenis tangkai daun bayam lainya.

Bila kita perhatikan serat daunnya terlihat lebih kasar. Tidaklah heran banyak dari masyarakat menyebut jenis daun ini dengan sebutan daun bayam gajah.

pembuatan-peyek-bayam
Proses Pembuatan Peyek Bayam

Disamping kami bisa bertanya dengan juru masak kuliner dari peyek bayam ini, kami pun bisa secara langsung menyaksikan proses pembuatannya dari dekat.

Untuk proses pembuatannya sendiri, daun bayam yang telah dipilih dan di cuci bersih serta ditiriskan airnya, dicelupkan satu persatu ke dalam adonan tepung yang telah di campur air dan beberapa bumbu tradisional yang menjadi racikan si juru masak.

Proses memasaknya di lanjutkan memasukannya ke dalam sebuah kuali besar dengan minyak goreng yang telah mendidih.

Untuk memasukan ke dalam kuali yang berisi minyak penggorengan panas diatur secara teratur. Diperlukan ketelitian dan kepekaan untuk menghasilkan peyek bayam goreng ini agar tidak terlihat gosong.

Bila di rasa sudah matang dan warnanya tepungnya sudah mulai agak berubah mejadi krem, barulah diangkat dan ditaruh di atas tampah untuk ditiriskan minyak hasil proses gorengnya.

Selain mendapatkan keterangan dan menyaksikan proses pembuatan peyek bayam goreng di lokasi, kami dan para pengunjung lainnya bisa mencoba hasil proses pembuatan peyek bayam yang telah matang.

Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran para pedagangan untuk memberikan keyakinan kepada calon pembeli untuk menikmati terlebih dahulu secara gratis.

Bila rasanya bisa diterima sesuai dengan kbutuhan dan selera calon pembeli, barulah kita bisa membelinya. Bila tidak pun mereka tidak masalah dan tidak marah.

Rasa peyek bayam goreng ini cukup guris, dan hasil adonan bumbu serta garam yang dicampur di dalamnya terasa sangat pas.

Pada gigitan pertama, kita bisa merasakan langsung renyahnya peyek bayam. Secara pribadi kami sangat suka dengan hasil proses pembuatan peyek bayam goreng yang satu ini.

Selain bisa menjadi makanan cemilan untuk menemani minum kopi dan teh. Makanan jajanan ini pun bisa menjadi pelengkap sajian lauk makan nasi dengan sambal dan sayuran lainnya.

Harga yang ditawarkan para pembuat peyek bayam pun sangat bervariasi. Dari ukuran timbangan yang kecil atau pun dengan ukuran yang telah ditempatkan dalam plastik yang siap langsung di bawa.

Tinggal tergantung kebutuhan dan selera kita sebenarnya. Rata-rata harganya sekitar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 20.000,- kita bisa membawa peyek bayam goreng ini.

Selain kita bisa menambah informasi pengetahuan, dari pengalaman secara pribadi pada saat kami melakukan jelajah wisata kuliner peyek bayam Bogor ini.

Kami bisa banyak menambah pergaulan sesama pecinta dunia kuliner Indonesia yang ada di kawasan daerah Bogor. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

22 Comments

  1. dulu mama saya suka buat peyek bayam ๐Ÿ™‚ tapi sekarang udah jarang buat hehe kangen deh rasanya makan peyek bayam hehe

    • saya mau

      • Bungkus Mang ๐Ÿ˜€

  2. Aku belum pernah mencicipi peyek bayam ๐Ÿ™

    • Rasanya enak dan gurih. Empuk digigit beda dengan peyek kacaang. Cocok untuk gigi tua.

  3. Makanan ringan kesukaanku. Peyek Bayam. Dan aku juga pernah mencoba membuatnya.

    • coba kirim kesaya satu mas,saya kan juga pengen merasakan

  4. peyek bayam aku baru tau namanya, kayaknya enak deh gorengannya..

    • suka wajan ya teh ๐Ÿ˜€

  5. Sepertinya enak banget, langsung dari wajan

  6. wah kalau kebogor berarti kudu mencoba nikmatnya peyek bayam nih mas.
    soalnya saya belum tau rasanya nih

  7. enak ya tinggai disana, banyak kuliner yang bisa dicicipi hehe

    • Kalau di sini sebelum beli bisa cicipi makanan dulu Mba. Gratis lagi. ๐Ÿ˜€

  8. kang ga sekalian ditanyakan resepnya kang. biar saya bisa coba di rumah. siapa tau laku juga di tempat sayah…

    • mau jiplak. ini ada hak patennya ga kang?

  9. sekali kali mah mang indra teh postingin soal peyek bayem buatan ibue atuh mang…saya ge’ punya beberapa produk olahan yang patut tayang juga di website keren dunia ini atuh

    • Silahkan saja Kang, bisa jemput saya, sekalian mau lihat hasil produk olahannya. ๐Ÿ˜€

  10. Peyek Bayam pernah saya coba mas, dan memang harus saya akui jika rasanya gurih dan lezat ๐Ÿ˜€

    • Peyek bayam ini juga bisa jadi lauk makan nasi juga loh Kang…. ๐Ÿ˜€

  11. Ini nih yang palingggggggg saya suka kalau kebetulan maen ketempat saudara di Bogor..hahahayy

    • Suka kuliner yang tidak terlalu keras dan renyah ya Kang ? enak nih peyek bayam untuk teman ngeteh dan ngapi. ๐Ÿ˜€

  12. waaah ada resepnya gk tuh kayaknya simple pembuatannya , enak buat teman santai didepan komputer

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :