Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Kuliner Perpaduan Ikan dan Sambal

Kuliner Perpaduan Ikan dan Sambal

 

Catet, 4 Jenis Kuliner Ikan Sambal Khas Nusantara Yang Akan Menggoda Selera

Direktori Wisata – Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dijumpai di Indonesia. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut.

Berbagai jenis ikan bisa dimasak menjadi berbagai hidangan ala Indonesia. Berbagai rempah nusantara bisa dijadikan sebagai bumbu masakan dalam mengolah ikan sehingga dihasilkan olahan ikan yang lezat.

Selain diolah menjadi berbagai masakan, ikan juga seringkali dimasak dengan cara yang sederhana. Yaitu dengan cara digoreng ataupun dibakar. Setelah itu dimakan dengan sajian berbagai sambal nusantara. Seperti misalnya sambal dabu-dabu, sambal mangga, sambal cobek ataupun sambal cabe hijau. Berikut ini adalah berbagai masakan ikan sederhana yang disajikan dengan berbagai sambal nusantara :

Ikan goreng sambal dabu-dabu.

Gurame Sambal Dabu Dabu

Ikan yang digunakan di sini bisa ikan apa saja. Bisa ikan air tawar maupun air laut. Bisa memakai ikan mas atau ikan bawal. Sebelum di masak, ikan perlu dibersihkan terlebih dahulu. Tambahkan air perasan jeruk nipis juga garam untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan memberikan rasa. Lebih enak lagi kalau bumbu untuk marinasi ikan ditambahkan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah maupun bawang putih. Ikan yang sudah dimarinasi kemudian di goreng hingga kering.

 

Untuk membuat sambal dabu-dabu diperlukan bahan-bahan mentah berupa cabe rawit merah, tomat, bawang merah dan bawang putih. Semua bahan ini diiris-iris kecil dan diaduk di dalam wadah. Jangan lupa tambahkan garam dan sedikit gula agar rasanya mantap. Sajikan ikan dalam piring kemudian siramkan sambal dabu-dabu diatasnya.

Gurame sambal mangga

Gurame sambal mangga

Ikan gurame memiliki tekstur yang lebih tebal dan kenyal dibanding jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan mas. Jika suka dengan ikan gurame goreng atau bakar, maka ikan yang satu ini akan lebih nikmat jika dimakan dengan sambal yang rasanya sedikit berbeda. Salah satunya adalah sambal mangga yang memiliki perpaduan rasa pedas dan asam.

Untuk membuat sambal mangga diperlukan bahan berupa mangga muda atau mangga setengah matang. Selain itu juga perlu disiapkan cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan bisa juga ditambahkan tomat jika suka. Jika ditambahkan tomat tentu saja rasanya akan semakin asam tapi ada sedikit rasa manis di dalamnya yang berasal dari tomat.

Semua bahan diiris-iris kemudian dijadikan satu di dalam wadah. Tambahkan garam dan gula sedikit untuk menguatkan rasa. Aduk semua bahan hingga rata dan sisihkan. Siapkan wadah atau piring besar, kemudian letakkan ikan di atasnya. Siram ikan dengan sambal mangga dan siap dihidangkan.

Ikan sambal cobek

Gurame sambal cobek

Yang namanya sambal cobek adalah sambal yang diulek di dalam cobek. Sambal cobek ini merupakan kuliner khas Sunda. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal cobek ini antara lain cabe rawit merah, tomat, bawang merah, bawang putih, jahe dan kencur. Jangan lupa tambahkan sedikit gula dan garam sebagai penguat dan penyedap rasa.

Semua bahan ini kemudian diuleg di dalam cobek hingga hampir halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis kemudian aduk hingga rata. Siapkan ikan goreng atau ikan bakar di atas piring dan siramkan sambal cobek diatasnya. Selain itu kita bisa juga menyajikan ikan langsung di dalam cobek bersama dengan sambal cobek ini.

Ikan Lado Ijo

Ikan LAdo Ijo

Ini adalah kuliner khas Sumatera Barat. Bahan yang diperlukan untuk membuat lado ijo antara lain cabe besar hijau, bawang merah, dan bawang putih. Semua bahan lado ijo ini dihaluskan dengan menggunakan ulekan. Siapkan juga ikan yang sudah dipotong-potong kecil kemudian di goreng. Ikan yang digunakan sebaiknya menggunakan ikan dengan daging tebal seperti ikan tengiri, ikan tongkol atau pun ikan lele.

Sambal lado ijo yang sudah dihaluskan kemudian di tumis dengan minyak goreng hingga matang. Masukkan ikan goreng dan tambahkan sedikit air. Biarkan hingga lado ijo meresap ke dalam ikan dan air habis. Aduk hingga rata , angkat dan sajikan.

Mengenal sajian kuliner Indonesia perpaduan ikan dan sambal tersebut di atas kan memberikan warna tersendiri bagai para pecinta masakan ikan yang bisa di oleh dengan resep masakan ikan yang enak berbahan dasar ikan dan sambal.

Selain hidangan ikan bersama sambal nusantara di atas, masih ada lagi sajian lain seperti ikan bakar dengan sambal colo-colo ala Ambon juga ikan goreng dengan sambal matah ala Bali.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

17 Comments

  1. kalau makanan seputar Ikan bakar atau Ikan Goreng yg bumbunya pakai Sambal saya suka sekali… apalagi kalo yg di goreng nya Ikan Mas, Ikan lele atau Ikan Gurame kang hehee… 😀

    • Tapi yang harus dingat asal jangan makanan dari ikan-ikanan mas, rasanya alot atau keras dan tidak bisa di masak. he,, he,,, he,, 😀

  2. Waduh mas, baca tulisan ini disaat perut keroncongan malah makin jadi, ditambah ngiler super duber hehe

    Mantap mas postingannya, bisa dicoba ntar 🙂

    • Silahkan mas, dicoba saja resep ikan sambalnya, lumayan enak ko kalau bisa masaknya. Kalau saya sih tinggal makannya saja mas. He,, he,, he,, 😀

    • Bila pagi-pagi sarapan pkai ikan sama sambel, lumayan kuat juga mas perutnya. he,, he,, he, 😀

      • saya jadi laper lgi Kang kalo lihat Goreng Ikan dan Sambal nya hikhikhik…

  3. Sebenarnya saya alergi ikan, tapi lebih suka ikan yang di presto mas… ikan di campur sambal apa aja, emang menggiurkan sekali yah

    • gak ada matinya kalau yang namanya ikan…mau dimasak apa aja juga enak…apalagi kalau pake sambel…pasti maknyus…

  4. Wowo, nikmat sekali ya ga, pedes dan gurih rasanya pasti!

  5. saya lama di USA, ngga pernah nemuin paduan dan singkronisasi antara sambal dan ikan..di kuliner direktori mah keduanya bisa berkolaborasi dengan kompak rupanya ya kang.
    akang memang keren deh…sedikit

  6. langsung laper mas saya lihat gambarnya…saya langsung suruh istri masak ikan goreng tambah sambel terasi…ngiler saya mas. heeee

  7. Ane jadi ngiler ini gan ngelihat nya. Kebetulan perut lagi keroncongan, cocok banget ini ikan nya buat makan malam Ane 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :