Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Kuliner Pengolahan Daging Kambing Cita Rasa Unggulan Indonesia

Kuliner Pengolahan Daging Kambing Cita Rasa Unggulan Indonesia

Ini loh, Pengolahan Kuliner Unggulan Dari Daging Kambing Khas Indonesia

Diektori wisata – Kuliner pengolahan daging kambing yang menjadi salah satu sumber protein favorit sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Daging kambing juga telah menjadi bahan masakan di berbagai negara di dunia seperti Mexico, India maupun negara-negara di jazirah arab sejak berabad-abad yang lalu. Di Indonesia sendiri, selain daging kambing, olahan dari domba juga sangat terkenal. Kedua binatang yang masih satu keluarga ini bahkan menjadi salah satu sumber protein favorit di Nusantara selain sapi dan ayam.

Dalam 100 gram daging kambing terkandun nutrisi yang cukup tinggi diantaranya :

  • Kalori sebanyak 234 Kalori
  • Lemak 11 g (17 % dari kebutuhan lemak harian)
  • Lemak jenuh 5 g (26 % dari kebutuhan lemak harian)
  • Kolesterol 109 mg (36% dari kebutuhan harian)
  • Sodium 135 mg
Sate kambing

Di Indonesia, daging kambing biasa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Bagian yang bisa diolah dari kambing bukan hanya dagingnya saja, tetapi juga tulang, serta jeroannya seperti hati, limpa, paru dll.

Bahkan di Solo ada warung tengkleng yang terkenal yang menyajikan tengkelng kepala kambing. Jadi semua bagian dari kambing ini bisa dimasak, kecuali kotorannya tentunya. Kulit kambing juga bisa diolah menajdi kerupuk kulit.

Beberapa warung yang mengolah kambing diantaranya Warung Sate Hadori di Bandung yang menyediakan sate dan gule kambing. Ada juga warung sate Harris di Bandung yang buka selama 24 jam dan menyediakan berbagai sate kambing.

Di Solo ada warung sate Mbok Galak yang sangat terkenal dengan sate kambingnya. Masih di Solo ada sate buntel yang sedikit berbeda. Ada juga tengkleng Bu Edi yang khusus menyediakan tengkleng di pojokan Pasar Klewer Solo. Jika kita seidkit bergeser ke Solo Baru di sana ada warung Tengkleng mbak Diah yang khusus menyediakan tengkelng kepala kambing.

Di Jakarta ada beberapa warung sate kambing yang terkenal. Salah satu warung sate kambing yang unik adalah warung sate Keroncong. Uniknya di sini kita bisa menyaksikan life keroncong sambil menikmati olahan sate kambing. Warung sate keroncong ini berada di dekat kantor Polisi (Polres) jakarta Timur di wilayah Jatinegara Jakarta Timur.

Berikut ini adalah beberapa olahan daging kambing yang paling diminati:

Sate Kambing 

Sate Kambing

Ini adalah pilihan daging kambing yang paling sering dijumpai. Untuk membuat sate, sebelumnya daging kambing di potong-potong kecil kemudian ditusuk menggunakan tusukan sate dari bambu.

Di Jogja ada sate Klatak yang menggunakan tusukan sate dari besi. Daging bersama dnegan tusukannnya kemudian dimarinasi dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, serta ketumbar yang diihaluskan. Biasanya ditambah juga dengan kecap agar terasa manis.

Daging yang telah dibumbui kemudian dibakar di atas bara arang. Sambil dibakar, daging bisa diolesi dengan bumbu agar bumbu lebih meresap. Daging dibakar hingga matang baru kemudian di sajikan bersama dengan sausnya.

Untuk saus ini biasanya berupa kecap yang dicampur dengan irisan bawang merah dan cabe rawit. Ada juga yang menggunakan saus kacang yang dicampur dengan kecap manis. Penambahan saus ini tentu saja sesuai dengan selera masing-masing penggemar sate.

Gulai Kambing

Gule Kambing

Gulai kambing merupakan salah satu olahan daging kambing yang menggunakan santan dan bumbu rempah. Selain daging, biasanya gule kambing ini juga menggunakan jeroan seperti hati, ampela maupun usus kambing.

Santan yang digunakan dalam masakan gulai kambing ini adalah santan kental sehingga akan semakin kental ketika dipadukan dengan rempah-rempah.

Gulai ini seringkali dimasak oleh masyarakat Melayu di Sumatra. Selain kambing, bahan yang dibuat gulai bisa saja daging sapi, daging kerbau bahkan daging ayam. Kalau di Solo gulai kambing ini sering disebut sebagai “Gule Kambing”.

Tengkleng

Tengkleng

Sekilas tengkleng ini memang mirip dengan gulai kambing. Hanya saja bedanya santan yang digunakan dalam olahan tengkleng ini adalah santan encer. Di dalam nya juga ditambahkan cabe rawit utuh agar rasanya tidak begitu pedas.

Kalau gulai kambing menggunakan bahan utama berupa daging kambing dan jeroan, maka tengkelng ini menggunakan bahan dasar dari tulang kambing. Baik itu tulang iga, tulang kaki, maupun tulang kepala.

Kambing Guling

Kambing Guling

Ini adalah olahan lain dari daging kambing. Kambing guling ini dimasak dengancara dibakar di atas perapian. Biasanya yang dibakar adalah kambing utuh sambil terus dibolak balik agar matangnya rata.

Untuk mendapatkan kambing guling yang lezat, maka sebelum dipanggang, kambing perlu diungkep terlebih dahulu hingga empuk. Untuk mengungkep satu ekor kambing utuh ini tentu saja mememrlukan panci yang besar.

Sebelum diungkep, tentu saja kambing perlu dibersihkan dulu isi perutnya. Dan pilian jenis kambingnya masih berumur cukup dan tidak terllu tua, yanf biasa disebut dengan kambing muda.

Masih banyak lagi olahan daging kambing. Baik itu yang dimasak oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. Ini karena daging kambing merupakan salah satu sumber protein favorit masyarakat dunia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. karena kandungan nutrisinya yang banyak mungkin menjadi salah satu penyebab banyak yang menyukai daging kambing ini ya mbak 🙂

    arrrrgggg…..!!!!
    jadi kangen kota solo, terutama sego kucingnya 🙂

  2. Tengklengnya itu loh, menggugah selera 😀

  3. ditempat saya daging kambin dioleh menjadi brongkos kambing, makanan ini menjadi favorit didaerah saya, selain sate kambing, gulai kambing atau tengkleng kambing

  4. Tetap saja, yang paling saya suka adalah gulai mbak … 🙂
    Memang sih, cukup tinggi kolesterolnya … tapi sekali-sekali kan ga pa2 yah .. ?

  5. Bisa juga diolah menjadi Tongseng … wah .. ini ni yang saya suka banget … pedes, panas, dan segar …. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :