Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Kuliner Lumpia Goreng Sedap, Khas Semarang Indonesia

Kuliner Lumpia Goreng Sedap, Khas Semarang Indonesia

Menikmati Sajian Kuliner Lumpia Goreng Yang Sedap

Direktori Wisata – Lumpia goreng salah satu jenis varian kuliner khas tradisional Indonesia yang dikenal dari Semarang, Jawa Tengah. Rasanya khas dan unik dengan kelezatannya yang sulit terlupakan.

lumpia

Walau lumpia goreng terkenal sebagai jajanan khas dari Semarang, makanan lumpia ini sebenarnya berasal dari salah satu jajanan khas perpaduan masyarakat Tionghoa dan Jawa. Konon menurut cerita, lumpia ini pun menjadi sebuah simbol cinta dua budaya yang menyatu dalam satu rasa dan ciri khas kuliner khas Semarang yang sekarang ini cukup dikenal oleh kita.

Bila kita menelisik sejarah, dan informasi yang Direktori Wisata terima dari salah seorang pedagang lumpia yang berada di Kota Bogor konon dulunya ada seorang pemuda berasal dari Tionghoa yang bernama Tjoa Thaj Joe yang pindah dan menetap di Semarang ingin mengembangkan usaha jajanan kuliner yang berisi daging babi dan rebung.

Namun dalam perjalanan usahanya dia bertemu dengan seorang wanita Jawa yang bernama Mba Wasih yang juga berjualan jenis makanan yang hampir sama. Bedanya Mba Wasih menjual lumpia dengan jenis udang dan kentang.

Sering waktu kini kuliner lumpia memiliki cita rasa khas yang sebenarnya ada beberapa jenis bumbu yang identik dengan racikan bumbu dari jawa yang terdapat di dalamnya. Makanya dari si pedagang trsebut tercetuslah ide mitos yang menyatakan bahwa, banyak juga dari langganannya yang mampir ke warungnya tersebut dan menikmati kuliner lumpia goreng ini pada akhirnya berjodoh.

Terlepas dari catatan sejarah dan mitos yang dihebuskan oleh si pedagang lumpia goreng tersebut, makanan lumpia goreng ini jelas sangat enak dan nikmat. Dari satu buah lumpia goreng, kita bisa merasakan kelezatan dari setiap adonan bumbu dan bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan tradisional lumpia goreng ini.

wisata-kuliner-lumpia-goreng

Cara menikmati sajian kuliner lumpia goreng sangat mudah. Dalam keadaan masih hangat lumpia goreng bisa kita ambil dan pisahkan dei dalam piring kecil. Lalu potonglah kecil-kecil sesuai takaran menurut selera. Setelah itu kita bisa beri siraman saus sambal kacang. Setelah itu kita barulah kita bisa menikmati sensasi rasa yang nikmat dari kuliner lumpia goreng sambel kacang.

Kerenyahan kulit lumpia yang terbuat dari tepung gandum untuk membungkus isi adonan dengan berbagai rasa dan warna dari gading, sampai dengan sayuran rebung sebagai pelengkapnya. Semua perpaduan rasa yang sangat khas unik dan lezat menjadi satu, bila kita kunyah terasa sekali dari mulai gigitan pertama hingga akhir.

Dari banyaknya jenis kuliner lumpia ini sekarang banyak berkembang jenis makanan lumpia yang bisa temukan hampir di seluruh pelosok daerah Indonesia. Seperti yang kami temukan dalam perjalanan wisata kuliner di kawasan Bogor ini. Untuk satu posrsi lumpia terdiri dari beberapa buah, ada yang isi 4 dan juga ada yang isi 6 lumpia.

Karena kami ber enam, maka kami pun memilih porsi yang agak banyak untuk mencoba lumpia goreng yang menjadi salah satu menu yang ditawarkan. Sambil menimati hidangan minuman hangat, lumpia ini pun terlahap satu persatu tanpa terasa sambil menjadi teman obrolan sore kami di warung yang cukup sederhana di kawasan Bogor.

Untuk mendapatkan kuliner lumpia goreng sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa mengunjungi rumah makan atau pun restauran yang menyajikan menu makanan khas tradisonal Indonesia. Biasanya mereka banyak menawarkan menu khas seperti lumpia seperti ini. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

22 Comments

  1. nyam nyam nyam pengen dong mba hehehe aku juga suka makan lumpia goreng enaak banget 🙂

  2. lumpia memang lumayan buat cemilan..asal jangan jadi makanan pokok saja..takutnya ntar jadi lupa sama nasi..xixixi

    • Kalau kebanyakan makan lumpia goreng bisa kenyang juga loh Kang, tapi sama nasi ga pernah lupa ko 😀

  3. lumpianya 6 yang diphotonya cuma seorang hehe.. dari bogor kemana lagi yah team DW..

    • yang penting dinikmati dulu lumpia gorengnya Mba, setelah itu baru lanjut perjalanan wisatanya. 😀

  4. sik-asik asik,,, makan lumpia goreng,,, kapan ya ada lumpia bakar,,, jadi punya ide nih bikin lumpia bakar ,,, hehehe

    • Sayang saya belum ketemu dengan tukang lumpia bakar Kang, yang baru ada lumpia gorengnya aja. 😀

  5. lumpia goreng paling enak dikudap menjelang malam di tempat yang sejuk di temani kekasih hati yang elok rupanya ya mang

  6. menu pas buat buka puasa..saya suka berkreasi masak sendiri dgn ibu saya..

  7. lumpianya dipotong potong dibumbuin lagi ya..?
    maap baru tau, ngertinya lumpia ya langsung lep gitu aja

    • Kalau itu sih sudah keburu lapar Kang, jadinya makan lumpia gorengnya langsung lep. 😀

      • nggak sabaran banget ya

  8. ternyata lumpia itu punya sejarah yg panjang yamas,sebelumnya saya nggak tau kalau lumpia berasal dari perpaduan tionghoa jawa

  9. kalau kesini selalu saja disuguhin menu baru yg sering kali belum pernah saya rasakan.
    enak banget nih mas indra bisa keliling kota mulu

  10. Aku suka lumpia asal isinya selain rebung 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :