Kuliner Khas Libur Lebaran Yang Menggoda Selera di Yogyakarta

posted in: Kuliner | 0

8 Kuliner Recomended Bagi Kalian Yang Mudik Libur Lebaran di Yogyakarta

Direktori Wisata – Kudapan kuliner tradisonal nikmat dan lezat yang rekommended saat libur mudik lebaran di hari Raya idul Fitri sekitar Kota Yogyakarta.

Berbicara mengenai Yogyakarta tidak akan terlepas dari kelezatan kuliner lokalnya yang selalu membuat kita kangen dengan kudapan kelezatannya, mungkin sahabat Direktori Wisata akan terbayang kuliner has pedesaan. Namun, tidak semua apa yang kalian bayangkan tentang ini semua benar karenadi kawasan Yogya ini kalian dapat menemukan sajian keragaman dari jenis makanan yang recommended untuk dinikmati.

Untuk sahabat Direktori Wisata Indonesia yang kebetulan sedang mudik Lebaran atau kebetulan memang melewati kota yang berslogan kota pelajar ini, wajibmampir dan mencoba beberapa tempat Wisata Kuliner Khas Yogyakarta yang dijamin akan puas. Apalagi viewnya luar biasa. Ini akan menambah nuansa libur lebaran di Yogyakarta semakin berkesan selama mudik lebaran,

Sensasi makanan khas Jogja juga layak kalian coba pada saat libur mudik lebaran ke Yogya, berikut destinasi kuliner libur lebaran versi Direktori Wisata Indonesia yang dapat kalian coba :

Gudeg Manggar

Bosan dengan hidangan ketupat sayur saat mudik pulang kampung di Yogyakarta ? jangan khawatir, karena kalian dapat mencoba hidangan ciri khas tradisional yang ngangenin dengan menyantap hingan kuliner Gudeg Manggar.

Kuliner Gudeg Manggar Khas Yogyakarta

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan dari salah seorang pecinta kuliner khas Yogyakarta, manggar ini merupakan bunga pohon kelapa muda dan menjadi salah satu makanan khas para raja-raja di Yogyakarta.

Gudeg yang terbuat dari bahan utamanya dari bunga kelapa muda, yang dicampur dengan bumbu lengkap gudeg. Tekstur kasar dari bunga kelapa muda (manggar) itu menyerap bumbu lebih mudah tentunya dengan waktu memasak yang lebih lama dari bahan nangka muda.

Rasa manis dan ketumbar yang kuat meninggalkan jejak di lidah kita. Ini bisa menjadi kuliner alternatif yang recommended bagi sahabat Direktori Wisata saat habiskan waktu libur mudik lebaran di Yogyakarta jangan lupa mencobanya ya teman.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon sudah ada sejak 1958, lebih dikenal dengan sebutan Gudeg Bu Jum, atau Gudeg Kayu di Jl. Adisucipto, Jogjakarta. Berbahan dasar Nangka Muda.

Kuliner Khas Gudeg Pawon Yogyakarta

Gudeg ini selain menggunakan bumbu dasar putih-putih, santan, uniknya juga menggunakan daun jati yang menjadikan warna merah di nangkanya. Di mana hasil akhirnya adalah gudeg kering. Sedangkan untuk lauk pendamping lainnya adalah Opor Ayam, sambel krecek, tahu dan tempe bacem juga telor menambah lengkap bagi usaha memanjakan lidah kita.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mencoba kuliner khas Gudeg Pawon yang terkenal enak ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya langsung dengan mengikuti peta petunjuk yang ada di bawah ini. namun hal yang harus diingat jadwal bukanya hanya malam hari ya teman.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Bagi sahabat Direktori Wisata Kuliner Indonesia yang suka dengan menyantap makanan pedas, kini kalian dapat menikmati salah satu sajian kuliner legendaris Yogyakarta yakni osesng-osesng mercon Bu Narti.

Kuliner Oseng-Oseng Mercon Khas Bu Narti Yogyakarta

Bagi kalian yang Kalau suka makanan pedas, jangan sekali kali coba makan makanan yang membuat ngantuk kita hilang. Dijamin kipas-kipas mulut. Mulut seperti terbakar dan panasnya lama.ha,, ha, ha,

Sajian kuliner oseng oseng mercon sangat tepat di santap dengan nasi panas, Oseng-oseng super pedas akan menyengat lidah kita. Bahan dasar makanan ini adalah koyor atau sejenis tetelan daging sapi  yang dicampur dengan  bumbu rempah, juga membuat kita mengingat pengalaman pertama makan Oseng-oseng Mercon Bu Narti ini.

Sate Klathak Pak Pong

Cara menikmati sate kambing muda yang berbeda cara memasaknya juga bumbunya. Kalau sate biasanya menggunakan tusuk sate bambu atau lidi, sate klathak ini.memggunakan jeruji sepeda.

Kuliner Libur Lebaran Sate Klathak Yogyakarta

Secara proses memasak satenya pun terbilang unik dengan menggunakna besi jeruji yg menghantar panas dengan baik ikut berperan mematangkan bagian dalam daging kambing muda.

Taburan garam dan ketumbar menjadi signature di sate Khlatak ini, karena garam akan ikut tergigit bersama dagung sate. Dinikmati dengan nasi panas, disiram kuah gulai.  Sahabat Direktori Wisata akan menemukan sensasi yang luar biasa dengan kuda[an sate kambing muda yag bisa di beli mulai jam10.00 sampai dengan jam 00.00 malam.

Bagi kalian yang akan menuju dan menikmati kuliner libur lebaran kambing muda ala sate klathak Pak Phong, sahabat Direktori Wisata indonesia dapat langsung menuju ke lokasi dengan mengikuti jalur akses yang ada di dalam peta di bawah ini.

Angkringan

Melipir di kawasan Yogya saat libur mudik lebaran, tentunya tidak luput dengan sajian kuliner jajanan ala akringan yang satu ini. Konon makanan yang dipelopori oleh Mbah Pairo era 50-an ini sudah menjadi pusat perhatian dan jajan masyarakat lintas golongan. Saat menjajakan Mbah Pairo berteriak Ting-ting-hiks itu sebabnya Hik adalah sebutan lain Angkringan.

Destinasi Kuliner Libur Lebaran Angkringan di Yogyakarta

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia akan menikmati hidangan jajanan kuliner libur lebaran di Yogyakarta yang satu ini, yang perlu di ingat adalah angkringan ini menu utamanya adalah nasi kucing, nasi yg dibungkus kecil- kecil, dimakan dengan lauk lainnya yang mirip masakan rumahan.

Saat ini Angkringan di Jogya bertumbuh pesat antara lain di Kali Code dan Lik Man salah seorang pelaku dari bisnis usaha jajanan ankringan sejak 1969. Namun bagi kalian yang baru datang dan masih kesulitan untuk letak posisinya di mana bisa langsung menggunakna peta yang ada di bawah ini untuk menuju ke lokasi.

Jadah Tempe Mbah Carik

bagi sahabat yang suka berburu kuliner tradisional khas Yogyakarta, kalian harus mencoba yang namanya makanan Jadah yang berbahan dasar ketan putih, biasanya dipasangkan dengan tempe.

Kuliner Libur Lebaran Khas Jadah Tempe Yogyakarta

Dengan menggunakan.proses memasak tradisional menggunakan kayu bakar maka ketan yg sudah dicampur dengan parutan kelapa dikukus sampai 1.5 jam kemudian diangkat dan ditumbuk.lalu dibentuk. Proses memasak.dengan kayu bakar yang membuat aroma dan rasa jadah tersebut menjadi sangat harum dan lezat.

Untuk kalian yang mau mencoba nikmati sajian kuliner jajanan khas Jadah Tempe Mbah Carik dapat langsung menuju ke lokasi dengan mengikuti jalur akses yang ada di dalam peta di bawah ini.

Bakpia

Oleh oleh khas Jogyakarta ini bisa menjadi pilihan buah tangan saat mudik melalui kota Jogyakarta. Salah satu rumah produksi oleh-oleh yang bisa di sahabat Direktori Wisata kunjungi adalah Bakpia Java.

http://www.direktori-wisata.com/wisata-di-rumah-produksi-bakpia-djava-jogja/

Bakpia Java memiliki textur lebih lembut dan cukup tahan lama tanpa merubah kelembutannya. Beragam Isi susu dan kacang hijau sangat disarankan. Makanan ini termasuk makanan yang teralkulturisasi oleh etnis China.

Kalian dapat langsung menuju rumah produksi dan penjualan oleh oleh Bakpia Java yag lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan berkunjung ke lokasi, bisa mngikuti akses jalur jalan melalui peta petunjuk yang ada di bawah ini.

Jejamuran

Anda pecinta jamur? Jejamuran Jogja adalah resto paling direkomendasi. Restoran dengan tema serba jamur ini hanya ada di Yogyakarta. Seluruh daftar menu berbau jamur, diolah secara profesional dan modern.

Kuliner Libur Lebaran Khas Jejamuran Yogyakarta

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pengelola restoran Jejamuran, Jamur yang mereka gunakna untuk dimasak mereka pilih dari jamur-jamur yang aman untuk dikonsumsi dan bebas penyakit.

Restoran yang ada di Jl. Magelang KM. 11 Pandowoharjo, Tridadi, Sleman, berdiri sejak 1997. Selain menikmati menu berbagai olahan jamur, pengunjung juga dapat membeli berbagai cemilan dari jamur seperti kripik jamur kuping, kripik jamur kancing, kripik jamur tiram, dan kripik jamur merang.

bagi sahabat Direktori Wisata indonesia yang akan mengunjungi Restoran Jejamuran dapat langsung mengikuti peta petunjuka arah jalan melalui peta yang ada di bawah ini.

Semoga tempat sajian kuliner libur lebaran di Yogyakarta tersebut di atas dapat menjadi refrensi bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang pulang kampung ke Yogyakarta atau melalui jalur mudik selatan dapat mencoba beberapa sajian menu makanan yang nikmat banget tersebut. Selamat menikmati libur panjang mudik lebaran di Yogya ya teman.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.