Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Jepang / Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

/
/

Kuil Fushimi Inari Yang Jadi Destinasi Wisata Kyoto Dengan Ribuan Gerbang Vermilion Di Jepang

Direktori Wisata – Fushimi Inari Taisha salah satu kuil suci dan tempat wisata terkenal dengan ribuan gerbang vermilion yang terkenal indah di Kyoto Selatan, Jepang.

Liburan di Kyoto, Jepang, akan banyak objek wisata yang dapat kita jumpai di kota ini. Karena kota ini banyak menyimpan obyek wisata Kyoto yang berkonsep edukasi budaya lokal setempat.

Bila sahabat Direktori Wisata berkunjung ke Kyoto, salah satu destinasi wisata yang harus kalian kunjungi adalah kuil Fushimi Inari.

Kuil Fushimi Inari Taisha Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Dari keterangan informasi yang Direktori Wisata terima, Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang.

Kuil ini sangat terkenal karena memiliki berbagai tempat pemujaan, dan gerbang kuil (torii) berwarna merah terang yang memutar ke arah Gunung suci Inari.

Kuil Fushimi Inari adalah kuil yang paling terkenal di Jepang, dikunjungi sekitar 2,7 juta pengunjung di hari pertama Tahun Baru, saingan dengan Kuil Meiji Jingu di Tokyo.

Kuil ini begitu terkenal dengan sederetan Torii (gerbang kuil) warna merah di pinggir jalan masuk.

Konon kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari (Dewa Padi) yang tersebar di seluruh Jepang.

Kuil utama terletak di kaki Gunung Inari dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter.

Inari dipercaya sebagai dewa pertanian, sehingga dipercaya membawa berkah bagi kehidupan masyarakat lokal setempat.

Bagi orang Jepang Oinarisan (Kuil tempat memuja Dewa Inari) adalah tempat untuk berdoa dan memohon bantuan untuk kehidupan sehari-hari.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, keberadaan “Oinarisan” sangat erat dengan masyarakat Jepang.

Fushimi Inari Taisha adalah salah satu kuil suci yang berada di Kyoto Selatan.  Fushimi Inari Taisha sangat terkenal dengan ribuan gerbang vermilion yang indah.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Di lokasi ini, kita dapat menemukan ribuan gerbang vermilion sepanjang jalan menuju ke bangunan utamanya.

Jika sahabat Direktori Wisata berkunjung ke tempat wisata Kyoto, maka anda akan sangat dibuat takjub. Seperti perjalanan liburan yang dapat kalian lakukan di kuil Fushimi Inari Taisha.

Fushimi Inari adalah salah satu kuil yang penting dari ribuan tempat suci yang di dedikasikan untuk Inari, Dewa Shinto.

Di tempat ini juga banyak sekali patung rubah, karena rubah dianggap adalah utusan inari. Selain sebagai tempat ritual, lokasi ini juga menjadi destinasi wisata Kyoto yang menarik dikunjungi.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi Kuil ini memiliki asal usul kuno yang mendahului pergerakan ibu kota ke Kyoto pada tahun 794.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kyoto ini, infonya karena ingin menjelajahi jalur gunung dan bangunan itu sendiri juga sangat menarik dikunjungi.

Berjalan menuju pintu gerbang Kuil Fushimi Inari Taisha, kita akan disambut dengan pemandangan yang unik dan menakjubkan.

Banyak spot yang diburu oleh para Travel Photography yang ikut dalam perjalanan bersama saat liburan di Jepang.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Di pintu masuk kuil, berdiri Gerbang Romon, yang disumbangkan pada tahun 1589 oleh Toyotomi Hideyoshi.

Di bagian belakang, berdiri bangunan utama kuil yaitu ( Honden ) dan berbagai pelengkap lainnya.

Aula utama kuil ditetapkan pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii (gerbang).

Bila sahabat Direktori Wisata mengunjungi kuil ini pastinya tidak ketinggalan juga untuk melewati sekitar 10.000 Torii (gerbang) yang merupakan ikon dari Kuil Fushimi Inari.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, gerbang tersebut merupakan sumbangan para pengikutnya di jaman dulu sebagai persembahan kepada para Dewa. 

Sedangkan di bagian paling belakang kuil utama terdapat pintu masuk ke gerbang torii yang meliputi jalur untuk mendaki.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Dimulai dengan dua barisan gerbang pararel yang disebut Senbon Torii atau sering disebut juga dengan “thousands of torii gates” atau “ribuan gerbang torii”.

Lanjut informasi,

Pintu-pintu torii di sepanjang jalan adalah sumbangan dari perorangan ataupun perusahaan. Lokasi ini jadi spot cantik untuk melakukan pengambilan gambar foto.

Bila sahabat Direktori Wisata spot ini, pasti langsung teringat beberapa adegan di serial anime, khususnya Rurouni Kenshin atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Samurai X.

Kalian akan diliputi oleh suasana misterius ketika memasuki 1000 gerbang yang dicat warna vermillion dengan tulisan-tulisan bercat hitam yang berisi sutera Buddha.

Ketika melewati gerbang torii, sahabat Direktori Wisata akan diliputi oleh suasana misterius. Pandangan kita akan dilapisi dengan warna merah cerah.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Percaya atau tidak, di jalur akses gerbang torii kita bisa kehilangan perspektif akan jarak. Padahal sebelum sampai di sini sahabat pasti melewati pusat Kyoto yang ramai.

Suara air yang mengalir di sungai, kicauan burung yang terbang, serta udara dingin segar, jadi satu menyelimuti aura tubuh selama perjalanan.

Sejauh mata memandang , yang kita temukan hanya barisan gerbang rorii. Jika ada pintu masuk ke dunia lain, inilah tempatnya.

Coba saksikan pemandangan menakjubkan semua ini dengan mata kepala sendiri. Maka sahabat Direktori Wisata akan menikmati sensasi liburan di Jepang dengan sensasi yang berbeda.

Warna vermillion merah delima, atau warna campuran antara merah dan jingga, meliputi keseluruhan bangunan kuil dan gerbangnya.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, warna tersebut dipercaya sebagai warna yang mengusir berbagai kejahatan dan penyakit.

Warna tersebut juga hadir di berbagai bangunan dan menjadi pemandangan yang khas di Jepang. Dapat dikatakan bahwa ini adalah warna yang mendefinisikan Jepang.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Berbeda dengan banyak kuil lain di Jepang, Dewa penjaga yang ada di kuil ini bukanlah singa, melainkan rubah. Ada banyak sekali kisah di balik pembangunan kuil Fushimi Inari.

Ada juga yang mengatakan kalau kuil ini dibangun sebagai wujud syukur seorang anak atas balas budi kepada seekor rubah.

Konon menurut kepercayaan masyarakat lokal, rubah merupakan hewan penjaga sekaligus tunggangan dari Dewa Daikini (Buddha Wanita).

Sementara kisah lain mengatakan, bahwa pembangunan kuil ini dilatarbelakangi oleh rasa syukur dari sebuah klan di Jepang bernama Klan Hata.

Lanjut cerita, atas suburnya tanah dan berkah dari Dewa Padi (Inari) inilah Klan Hatta membangun kuil ini.

Namun, versi yang lebih formal dan dipercaya merupakan versi asli dari pembangunan kuil ini. Latarbelakang pembangunan kuil adalah atas perintah dari kaisar kepada Hata no Iroku pada tahun 711.

Konon, bangunan kuil yang asli hancur ketika terjadi pemberontakan Onin (tahun 1467 hingga 1477).

Sedangkan bangunan yang beridiri hingga sekarang adalah hasil rekontruksi dari bangunan lama pada tahun 1499.

Jika sahabat Direktori Wisata akan mendaki ke puncak gunung, maka kita akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

Siapkan tenaga yang fit untuk bisa sampai ke lokasi puncak ya teman. Namun di sini pengunjung bebas berjalan sejauh yang mereka inginkan sebelum kembali.

Disepanjang jalan, terdapat beberapa kuil kecil dengan miniature gerbang torii . Konon kuil miniature tersebut, disumbangkan oleh pengunjung dengan anggaran yang lebih kecil.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Disepanjang jalan inipun terdapat beberapa restoran yang menawarkan hidangan bertema lokal seperti Inari Sushi dan Kitsune Udon.

Keduanya menampilkan potongan aburaase ( tahu goreng ) yang sering dikatakan sebagai makanan favorit rubah.

Setelah sekitar 30-45 menit mendaki. Pengunjung akan mencapai persimpangan Yotsutsuji, dimana pemandangan yang sangat indah dapat dinikmati.

Jalur tersebut terbagi menjadi rute melingkar. Ada baiknya sahabat Direktori Wisata dapat mengikuti rute jalan yang telah ditetapkan di lokasi kuil.

Biasanya banyak pengunjung yang mendaki hanya sampai sini saja, dikarenakan jalan setapak bertambah rapat dan curam.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan menuju puncak silahkan saja. Namun, tetap harus hati hati dan jaga kondisi fisik ya teman.

Jika berkunjung ke kuil ini, jangan lupa juga untuk menulis ‘Ema’, ya. Ema adalah semacam papan kayu kecil yang dibuat khusus untuk menuliskan permohonan dan dipercaya oleh penganut Shinto.

Biasanya setelah ditulis, ‘Ema’ ini akan digantung di tempat khusus di kuil tersebut. Fushimi Inari memiliki ‘Ema’ yang berbentuk unik, diantaranya ada yang berbentuk wajah rubah dan gerbang kuil.

Waktu Yang Tepat Berkunjung Ke Kuil Fushimi Inari

Bagi sahabat Direktori yang akan berkunjung ke kuil Fushimi Inari, sebaiknya kalian datang pada waktu senja.

Kuil Fushimi Inari Taisha, Tempat Wisata Kyoto Yang Terkenal Di Jepang

Torii bewarna merah makin indah ketika senja Sinar mentari akan menyinari torii membuatnya makin terlihat menyala merah.

Waktu Jam Buka Kuil Fushimi Inari

Fushimi Inari ini selalu dibuka 24 jam, tidak ada hari penutupan, hanya saja, sewaktu waktu tempat ini bisa ditutup sementara. Biaya masuk ketempat ini Gratis tidak dipungut biaya apapun.

Cara Menuju Kuil Fushimi Inari Taisha Kyoto

Kuil Fushimi Inari Taisha dapat dicapai dengan naik kereta lokal JR Nara Line dari Stasiun Kyoto dan turun di Stasiun JR Inari.

Lama perjalanan 5 menit, dengan tiket seharga 140 yen. Dari Stasiun JR Inari, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai area kuil.

Selain itu, sahabat Direktori Wisata juga bisa naik bus kota Kyoto dari Stasiun Kyoto dan turun di depan Kuil Fushimi Inari.

Namun perlu diperhatikan, jadwal busnya tidak terlalu banyak sehingga akan lebih cepat jika kita menggunakan kereta.

Cari tahu : Cara Mudah Menggunakan Loker Stasiun Kereta di Jepang

Dari Stasiun Fushimi Inari, teman-teman bisa naik kereta Keihan ke Kuil Kiyomizudera. Atau kalian dapat berjalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan.

Kemudian kalian dapat ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Banyak pelajaran dan pengalaman yang menarik bisa kita dapatkan di Kuil Fushi Inari. Semoga pengalaman kunjungan liburan di Kyoto ini dapat menambah pengetahuan kita tentang tempat wisata di Kyoto. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :