Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Kota Tua Ampenan Wisata Sejarah Di Masa Dulu Lombok

Kota Tua Ampenan Wisata Sejarah Di Masa Dulu Lombok

/

Tempat Wisata Sejarah Kota Tua Apenan Melihat Lombok Dari Masa Lalu

Direktori Wisata – Kota Tua di Nusa Tenggara Barat juga ada, namanya Ampenan. Kota Tua Ampenan ini terletak di Mataram, Lombok, Nusa Teanggara Barat. Lokasinya berada di sebelah barat kota Mataram. 

Kota Tua ini adalah salah satu warisan budaya bersejarah di Lombok. Nama Ampenan konon merupakan nama pemberian dari seorang satria dari Suku Dayak. Dulu diceritakan bahwa kerajaan Bali menaklukkan Desa Kenaga yang dipimpin oleh Raden Satria Nata.

Pantai Kota Tua Ampenan Lombok
Pantai Kota Tua Ampenan Lombok

Menurut cerita sejarah, semua dibakar sehingga Raden Satria Nata memutuskan membuka desa baru.  Ditemukanlah mereka sebuah tempat mirip dengan Kenaga kemudian diberi nama Madya.

Ladang dibuka untuk bercocok tanam. Komak adalah jenis tanaman yang paling cocok ditanami saat itu. Hari-hari berlalu. Komak akhirnya berbunga. Kemudian datang putri Jin dan menghisap semua bunga tersebut.

Satu dari beberapa putri tertangkap lalu diperistri oleh Raden Satria Nata. Seorang putera pun lahir dari perkawinan keduanya. 

Suatu ketika karena melanggar janji, istri dan puteranya pergi dan menghilang. Sang Raden akhirnya bertapa di Gunung Sesang untuk menenangkan diri, bertemu anak dan istrinya.

Namun, setelah lama bertapa, sang istri tak kunjung kembali. Hanya anak semata wayangnya saja yang pulang.

Setelah puteranya kembali, sang Raden lekas menemukan orang yang tepat untuk memberi nama kepada anaknya.

Tiba-tiba, ketika menunggu perahu untuk menuju ke tempat leluhurnya, Raden dipertemukan dengan seorang Satria Dayak 

Satria tersebut adalah orang yang berhak memberi nama kepada puteranya. Akhirnya nama diberikan, Satria Tampena. Ini adalah asal mula nama kota Ampenan.

Semua keturunan Satria Tampenan dipercaya menetap di Suradadi, Lombok Timur. Ampenan pernah menjadi pusat kota karena lokasinya memang strategis, berada berdekatan dengan Selat Lombok.

Ampenan sejak dulu sudah dikenal sebagai kota yang ramai karena pernah menjadi pusat pelabuhan di Pulau Lombok.

Puing-puing sebagai bukti sejarah juga masih bisa disaksikan jika wisatawan berkunjung ke sana. Ampenan sendiri merupakan satu dari beberapa kecamatan di Mataram.

Sejak dulu, Kota Ampenan mayoritas penduduknya dihuni oleh orang keturunan China dan Arab. Sejak zaman kolonialisme atau penjajahan, karena memang profesi mereka sebagai pedagang yang membuka pertokoan. 

Tidak berbeda dengan Kota Tua di Jakarta, Ampenan ternyata juga punya banyak cerita dan balutan sejarah yang panjang.

Kota Tua Ampenan Lombok
Kota Tua Ampenan Lombok

Bangunan-bangunan tua peninggalan masyarakat dahulu dengan corak dan arsitektur dulu menjadikan kota ini cukup unik untuk dikunjungi.

Banyaknya turis yang berkunjung ke lokasi wisata sejarah ini bukan tanpa alasan. Ada beragam daya tarik menggoda mata wisatawan.

Kunjungi : Nyongkolan, Prosesi Perkawinan Suku Sasak di Lombok Nusa Tenggara Barat

Kota Tua di Lombok ini merupakan sebuah perkampungan dengan penduduk yang heterogen. Ada Kampung Melayu yang memang mayoritas dihuni oleh penduduk dari suku Melayu.

Ada juga kampung Tionghoa dihuni oleh warga berketurunan China. Masih ada juga Kampung Jawa, Bugis, dan kampung-kampung lainnya

Sejak tahun 1970-an, Ampenan juga merupakan pelabuhan terkenal di Lombok karena memenuhi standar dan persyaratan untuk bongkar muat barang dagangan atau lainnya.

Akan tetapi, keramaian pelabuhan Ampenan berhenti setelah dipindahkan ke daerah Lembar. Sejak dulu, dalam catatan sejarah, toleransi dalam keberagaman sudah menjadi nilai-nilai yang wajib dipertahankan.

Jika berkunjung ke Kota Tua Ampenan, Anda akan menemukan Wihara Bodhi Dharma yang didirikan pada tahun 1804.

Percaya atau tidak, wihara ini lokasinya persis di depan Kampung Melayu, yang dihuni warga beragama Islam.

Selain kerukunan tetap terjaga, ternyata pola perdagangan sudah berlangsung lama, bahkan telah berabad-abad, sejak sebelum zaman kolonial dan masih bertahan hingga saat ini. 

Kota Tua Ampenan Yang Bersih Lombok
Kota Tua Ampenan Yang Bersih Lombok

Selain ketenteraman masyarakatnya, wisatawan yang berkunjung juga disuguhi keindahan pemandangan di Kota Lombok.

Paling mantap saat menyaksikan sunset sembari menikmati panorama pantai dan laut sekaligus merasakan sensasi jagung bakar.

Kunjungi : Kuta Mandalika Lombok, Pesona Pantai Cantik Legenda Putri Mandalika

Jika malam tiba, suasana pemandangan semakin dramatis. Cahaya bulan perlahan mulai menyinari puing-puing atau sisa-sisa bangunan dermaga zaman Belanda ditambah pemandangan warga atau pengunjung memancing.

Di sini juga terdapat taman sebagai area berkumpul yang selalu ramai oleh para turis untuk sekedar bersantai. Taman Kota Tua Ampenan adalah area wisata sejarah yang patut dikunjungi.

Penginapan & Hotel Terdekat Kota Tua Ampenan

Jika Anda dan keluarga berencana untuk menginap di sekitar area wisata Kota Tua Ampenan, maka sebaiknya mencari penginapan yang nyaman. Di sini kami sarankan beberapa tempat yang sudah pasti bisa buat Anda dan keluarga betah. 

Hotel Dan Penginapan Dwekat Kota Tua Ampenan Lombok
Hotal Dan Penginapan Dekat Kota Tua Ampenan Lombok

Nitour Inn hotel
Hotel ini adalah hotel berbintang 2 yang lokasinya di sekitar area kota tua Ampenan. Lokasinya strategis, di pinggir jalan utama. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah dan terjangkau pengunjung.

Beragam fasilitas juga tersedia, mulai dari area parkir yang luas, restoran dengan berbagai menu makananan khas Lombok, lobi hotel, akses Wi-Fi gratis, dan juga taman yang indah.

Kunjungi : Pantai Pandanan, Tempat Family Gathering Yang Menarik Dikunjungi Di Lombok Utara

Fasilitas kamar cukup lengkap dimana ruang dilengkapi dengan Ac, TV, kamar mandi, shower dan juga lemari pakian. 

Losmen Cabe Ampenan
Lokasinya sangat dekat dengan Kota Tua Ampenan, tidak jauh dari tempat perbelanjaan. Dengan harga sewa menginap rata-rata Rp. 127.000 per malam, pengunjung sudah bisa menikmati kenyamanan dan beragam fasilitas.

Fasilitas ruang kamar ber-Ac, menu makan pagi, parkir dan Wi-Fi gratis. Pengunjung dijamin dengan pelayanan yang bersahaja. 

Wisma Triguna Ampenan
Hotel ini meruakan penginapan pertama di Ampenan, khususnya di area kota tua. Jarak ke Bandara Selaparang juga sangat dekat. Beragam fasilitas juga bisa dinikmati pengunjung.

Mulai dari penyewaan kendaraan restoran, sewa alat camping, ruang kamar nyaman, taman dan balkon. Harganya juga terjangkau dengan pelayanan bersahaja. Pengunjung dipastikan selalu nyaman.

Tips Berwisata Ka Tempat Kota Tua Ampenan

Bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Tua Ampenan diharapkan memahami beberapa tips berikut ini.


1. Gunakan kendaraan sendiri atau pribad

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua Ampenan, disarankan untuk membawa sera kendaraan pribadi.

Selain untuk menghemat biaya, Anda juga akan menghemat waktu perjalanan. Dengan kendaraan sendiri juga lebih puas mengelilingi area wisata.

2. Sempatkan menuju Pantai Ampenan
Jika sedang berada di area wisata kota tua, saat sore jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Ampenan. Selain dekat, suasana alam pantai juga tak kalah menarik mata pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil menyaksikan orang memancing. Ada lagi yang unik, reruntuhan dermaga menjadi pemandangan wajib saat Anda di pantai.

3. Penginapan nyaman
Jika ingin menginap, pilihan tempat seperti yang kami sarankan. Selain dekat dan terjangkau, mayoritas pengunjung Kota Tua Ampenan lebih sering menginap di situ. Semuanya nyaman dan Anda pasti puas dengan pelayanan. 

4. Siapkan kamera
Siapkan kamera dengan kualitas baik agar bisa mendokumentasikan momen Anda saat di Kota Tua Ampenan. Banyak spot dan view yang bisa Anda jadikan latar belakang foto-foto Anda. Semua sangat menarik untuk diabadikan.

Demikian informasi seputar Kota Tua Ampenan. Semoga arikel ini membuka pikiran Anda mengenai lokasi wisata dan pengetahuan berwisata, khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Map Kota Tua Ampenan

Untuk itu, jagalah dan lestarikan sejarah Kota Tua Ampenan agar selalu menjadi tempat yang mudah dan juga dilestarikan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :