Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Banten / Ketan Bintul:: Kuliner Khas Banten

Ketan Bintul:: Kuliner Khas Banten

Ketan Bintul Makanan Kesukaan Sultan Banten

Direktori Wisata – Kentan Bintul merupakan makanan khas Banten, konon makanan ini dulunya menjadi salah satu kuliner favorit para Raja Kesultanan Banten.

Ketan Bintul:: Kuliner Khas Banten
Ketan Bintu; Khas Banten

Di Serang – Banten memiliki makanan khas yang menjadi salah satu kuliner yang memiliki legenda tradisi dari makanan tradisional Serang, Banten. Dan salah satu kuliner yang melegenda dan cukup dikenal dikalangan masyarakat Serang Banten adalah Ketan Bintul.

Nama kuliner makanan jajanan tradisional Ketan Bintul Serang banetn ini sangat unik, namun untuk kualitas rasa dan hasil olahan tekstur makanannya, bisa melengkatkan hati para pecinta dunia wisata kuliner Indonesia untuk jatuh cinta dengan makanan tradisional yang menjadi makanan favorit raja Kesultanan Banten ini pada abad ke-16.

Ketan Bintul merupakan makanan khas orang Serang, Banten. Konon kuliner ketan bintul telah ada sejak abad ke-16, dan menjadi salah satu menu favorit sultan Banten untuk berbuka puasa. Maka tidalah heran bila kita mengisi liburan menjelang lebaran di bulan puasa Ramadhan banyak menemukan para pedagang makanan jajanan tradisional kentan bintul yang menjajakan makanannya di pasar  Lama Serang Banten.

Dari tekstur ketannya terlihat dan terasa pulen dan lembut di setiap gigitan dan kunyahan, bahkan rasanya terasa gurih dengan bercampur taburan bumbu serundeng kelapa yang ditabur di atasnya. Bahkan sajian menu kuliner ketan bintul ini isa dilengkapi dengan menu masakan lainnya sebagai pelengkap seperti daging empal.

Dari pengamatan Direktori Wisata pada saat hadir di kawasan pasar Lama Serang Banten, kami pun mendapatkan banyak informasi tentang kuliner khas Banten kentan bintul yang menjadi kuliner yang melegenda ini.

Untuk sajian kuliner kentan bintul khas Serang Banten tentu tidak sama persis dengan kentan Banten lainnya yang bisa kita temukan di tempat daerah lainnya seperti Rangkas. dari pengalaman rekan-rekan Direktori Kuliner Indonesia yang membedakan ketan bintul Serang dengan ketan Banten lainnya hanya ditekstur dan rasa ketannya.

Harga satu porsi ketan bintul kas Serang banten di pasar lama Serang Rp. 10.000,- / porsi (1 bungkus) bila ditambah daging empal satu potongnya harganya Rp. 15.000,- / porsi. Menu pesanan makanan khas Serang Banten ini cukup melepas kangen pada saat kita berlibur di daerah Serang Banten.

Bagi teman-teman atau pun sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata, bisa mencoba kuliner khas Serang Banten ketan bintul ini bila berkesempatan mengisi liburan di sana. Selamat menikmati hidangan khas kulinr Banten yang melegenda di Kota Serang Banten. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. Wehhh, cicip-cicip dikit boleh kan, kang? 😀

    • Banyak juga ga apa-apa kang asal doyan 😀

  2. saya baru saja beli uli nih pak pakai serundeng. eh beda ya uli sama ketan 🙂

    • Masa beda sih uli sama ketan Mba ? he,, he, he, 😀

  3. Ketan kalau di campur serundeng memang mantep kang, didaerahvsaya jufa ada tapi namanya aj berbeda

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :