Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Kenali Kuliner Khas Beraroma Lezat Dari Kalimantan Timur

Kenali Kuliner Khas Beraroma Lezat Dari Kalimantan Timur

/
/

Beragam Sajian Kuliner Unggulan Lezat Dari Kalimantan Timur

Direktori Wisata – Berbagai hidangan menu spesial kuliner unggulan khas yang menggoda selera dengan aroma rempah bumbu dari Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur tidak hanya memili destinasi wisata yang menarik dan bernilai sejrah dan budaya. Bila kita mengunjungi daerah ini, kita akan banyak menemukan makanan khas Kalimantan Timur yang akan memanjakan lidah dan selera kita.

Dari infomasi yang Direktori Wisata terima, Kalimantan Timur adalah salah satu propinsi di PUlau Kalimantan yang memiliki 7 kabupaten dan 3 kota, yaitu :

  1. Kabupaten Berau
  2. Kabupaten Kutai Kartanegara
  3. Kabupaten Kutai Barat
  4. Kabupaten KUtai TImur
  5. Kabupaten Mahakam Ulu
  6. Kabupaten Paser
  7. Kabupaten Penajam Paser Utara
  8. Kota Balikpapan
  9. Kota Bontang
  10. Kota Samarinda.

Kuliner Kalimantan Timur terutama kuliner dari Balikpapan hampir sama dengan kuliner yang ada di Banjarmasin Propinsi Kalimantan Selatan. Seperti misalnya ayam cincane juga Itik masak habang. Ini karena dua daerah ini saling berdekatan.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Gangan Ubi JUkut Salai 

gangan-ubi-jukut

Dalam bahasa Kutai, ikan disebut dengan nama “jukut”. Sedangkan Gangan sama artinya dengan “jangan” dalam bahasa Jawa atau sayur dalam bahasa Indonesia. Jadi Gangan ubi jukut adalah sayur yang berisi ubi dan ikan salai. IKan salai adalah ikan yang diawetkan dengan cara diasap selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari hingga matang dan warnanya kecoklatan.

Gangan ubi jukut ini kuahnya rasanya asam. Rasa asam ini berasal dari penambahan belimbing wuluh sebagai salah satu bumbunya. Selain gangan ubi jukut Salai, ada juga gangan dengan variasi isian lainnya seperti gangan ayam, gangan kacang panjang, gangan asam kukar dll.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Sambal Raja

sambal-raja

Ini merupakan hidangan khas kerjaan Kutai. Disebut sambel Raja karena isinya yang beragam. Jika ingin menikmati sambal Raja Kutai ini maka kita bisa datang ke Rm. Acil Inun yang berada di Samarinda Kalimantan Timur tepatnya di Jalan HM Kadrie Oening 100. Selain sambal Raja, rumah makan ini juga menyediakan hidangan khas Kutai lainnya seperti nasi Bakepor maupun gangan asam kukar.

Untuk membuat sambal raja, bahan yang diperlukan antara lain :

  • Minyak sayur
  • Kacang panjang
  • Terong ungu
  • Bawang merah dibelah empat
  • Telur ayam, direbus kemudian diiris kecil-kecil.
  • Jeruk lemon cui

Bumbu yang dihaluskan  antara lain:

  • Cabe merah besar
  • Cabe rawit
  • Trasi
  • Garam
  • Gula pasir

Cara Membuat Sambal Raja :

  1. Kacang panjang, terung juga bawang merah digoreng hingga layu.
  2. Tambahkan perasan air jeruk lemon cui ke dalam bumbu yang dihaluskan.
  3. Tumis semua bumbu yang dihaluskan.
  4. Iris-iris tipis kulit jeruk lemon cui dan campurkan pada tumisan bumbu halus.
  5. Atur kacang panjang, terong, telur rebus dan bawang merah di dalam wadah, siram bagian atasnya dengan tumisan bumbu halus.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Pepes Kepiting 

pepes-kepiting

Untuk membuat pepes kepiting diperlukan bahan-bahan antara lain kepiting soka, jahe, serai, daun kemangi, daun jeruk, daun pisang dan jika suka bisa ditambahkan mangga muda yang diserut. Sedangkan bumbu yang dihaluskan antara lain cabe merah besar, abe rawit, bawang merah, bawang putih, trasi yang sudah dibakar, gula serta garam.

Kepiting direbus dan diambil dagingnya. Campurkan semua bumbu dan bumbu halus kemudian bungkus dnegan daun pisang. Kukus pepes kepiting hingga matang baru kemudian dibakar di atas bara api. Jika ingin menikmati pepes kepiting dan olahan kepiting soka lainnya, maka kita bisa datang ke Rm Torani di Balikpappan. Tepatnya di seberang pengadilan negeri Balikpapan.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Bebek Betutu 

bebek-betutu.

Bebek betutu ini merupakan olahan dari daging bebek yang dibumbui dnegan rempah khas Bali. Sebelum diolah bebek betutu dimarinasi dengan bumbu rempah-rempah ala Bali. Kemudian daging bebek dipanggang perlahan agar daging matang merata hingga bagian dalam.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Ayam Cincane

ayam-cincane

Dahulu ayam cincane merupakn hidangan yang selalu ada dalam upacara adat di Kalimantan Timur. Seperti misalnya upacara pernikahan, kelahiran dll. Namun kini ayam cincane sudah bisa dengan mudah ditemui di warung-warung makan di Samarinda. Ayam Cincane menggunakan bahan dasar ayam kampung.

Ayam kampung dipilih karena memiliki daging yang rasanya lebih gurih jika dibanding dengan ayam potong atau ayam broiler. Ayam yang sudah dipotong kemudian dibersihkan bulunya dan dilumuri dengan air asam Jawa kemudian didiamkan selama kurang lebih 5 menit untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ayam.

Ayam kemudian digoreng setengah matang menggunakan margarin. Angkat dan sisihkan ayam baru kemudian disiram dengan santan. Diamkan hingga santan mengering dan meresap ke seluruh bagian ayam.

Sementara menunggu ayam, siapkan bumbu yang akan ditumis. Bumbu yang perlu disiapkan antara lain bawang putih, kemiri, jahe serta lengkuas. Semua bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis bersama salam dan serai hingga harum dan matang. Tambahkan kecap manis, baru kemudian masukkan ayam juga air santannya dan ungkep ayam hingga air mengental. Bakar ayam di atas bara api hingga kecoklatan. Ayam cincane pun siap dihidangkan bersama nasi dan sambal tomat sebagai pelengkapnya.

Kuliner Pisang Gapit Saus Durian

PI

Ini adalah jajanan pasar khas Balikpapan dan Samarinda. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya di tepian Sungai Mahakam. Sekilas memang mirip dengan pisang epe dari Sulawesi Selatan. Hanya bedanya kalau pisang epe dimakan dengan saus gula merah sedangkan pisang gapit ini dimakan dengan saus durian. Ada juga yang menambahkan nangka di dalam sausnya.

Dinamakan pisang gapit karena cara memasaknya memang dengan cara digapit menggunakan alat berupa papan kayu berukuran sebesar talenan. Dalam bahasa Kutai, gapit berarti jepit. Papan kayu ini terdiri dari dua bilah. Pisang diletakkan diantara dua bilah papan kayu kemudian ditekan hingga menjadi pipih. Kemudian pisang dibakar hingga warnanya kecoklatan. Pisang gapit ini enak dimakan dengan saus durian.

Bagi teman-teman dan pembaca setia Direktori Wisata yang.  mengisi liburan di Kalimantan Timur bisa mencoba berbagai menu masakan khas Kalimatan tersebut di atas. Atau kita bisa mendapatkan menu makanan tersebut di restoran atau pun rumah makan yang menawarkan menu masakan khas Kalimantan Timur. Selamat mencoba.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

9 Comments

  1. ngambil pertamax dulu ahh

    • Pertamax dikasih hadiah ayam cincane ya mas

  2. lewat artikel ini saya dapet pengalaman berharga bila suatu saat pergi ke daerah kaltim jadi nggak bingung mana menu kuliner yg mau dibeli mas

  3. kayaknya lidah saya juga perlu adaptasi untuk menyantap jenis makanan ini mas

    • diganti lidah besi mas, pasti cepet adaptasi

  4. wui mantaps gan, jadi biking ngiler, ingin mencobanya

  5. Eanak sekali resepnya ya gan, jadi ngiler nih

  6. wuadeh… sedaaap benee, jadi laper

  7. iddiih itu makanan kayaknya enak tuh,,,,, pesen 1 porsi kang heheh

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :