Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Kelezatan Kuliner Khas Lombok Makanan Khas Nusantara Indonesia

Kelezatan Kuliner Khas Lombok Makanan Khas Nusantara Indonesia

/
/

Kelezatan Kuliner Khas Lombok Yang Membuat Anda Mencintai Lombok

Direktori Wisata –  Kuliner khas Pulau Lombok yang lezat menggoda selera para pecinta kuliner nusantara.

Pulau Lombok tidak hanya memiliki destinasti wisata alamnya yang dapat memikat hati para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Namun Lombok juga dikenal sebagai daerah yang menjadi para pecinta destinasi wisata kuliner, terlebih lagi Lombok memiliki keragaman rasa dan bentuk kuliner yang lezat dan bercita rasa pedas. Salah satu kuliner khas Lombok yang memiliki cita rasa pedas dan dikenal bagi para pencinta kuliner Indonesia adalah Ayam Taliwang.

Kuliner Khas Lombok

Kuliner khas Lombok ayam taliwang berbumbu pedas ini berasal dari Kampung Talang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nuasa Tengara Barat. Dan kuliner khas masyarakat lombok ini menadapat julukan nama sebagai menu makanan ayam taliwang. Konon menu makanan ini juga dikenal sebagai menu makana khas bagi suku sasak di Lombok.

Untuk rasa masakan kuliner ayam taliwang khas Lombok ini rasanya relatif sama seperti masakan yang terbuat dari daging ayam kampung pada umunya. Hanya saja yang membuat perbedaan pada ayamnya terlihat lebih kecil dari umunya yang digunakan, karena ayam yang dipilih untuk memasak menu ayam taliwang ayang yang masih berumur muda.

Sebagai menu kliner pendamping dari menu makanan ayam taliwang kurang lengkap rasanya bila tidak ditemani dengan menu kuliner plecing kangkung yag merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang cukup dikenal di kalangan para pecina kuliner.

Menu makanan plecing kangkung ini terlihat begitu menggoda selera, karena terbuat dari kangkung Lombok yang berbeda dengan kangkung seperti di daerah lain. Karena kangkung Lombok ini memiliki bentuk tekstur yang lembut dan berwarna hijau muda segar. Sedangkan untuk menu kuliner plecing kangkung sendiri biasanya ditambahkan dengan sayuran seperti toge, kacang panjang, kacang tanah goreng atau pun urap.

Selain menu masakan kuliner ayam taliwang dan plecing kangkung khas Lombok yang menggoda selera. Kita juga bisa mencicipi menu masakan khas dari Pulau Lombok yang lainnya pada saat liburan di Pulau Lombok yaitu gurame taliwang ayam julet dan sate sumsum.

Kuliner Ayam Julak Lombok

Untuk menu kuliner gurame taliwang khas Lombok juga memiliki bumbu yang sama dengan ayam taliwang. Sedangkan untuk menu bumbu ayam julak memiliki bumbu yang sangat pedas dibanding dengan bumbu taliwang.

Dan untuk sajian menu kuliner khas Lombok sate sumsu memiliki perdedaan seperti sate pada umumnya, yaitu terletak pada bahan daging yang digunakan untuk membuatnya.

Untuk kuliner satae sumsum khas Lombok biasnya menggunakan bahan dasar pembutan satenya yang terbuat dari sumsum tulang belakang sapi yang khas.

Bagi para sahaba dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan melakukan liburan di Pulau Lombok makanan kulinerkhas tersebut bisa dengan mudah bisa kita temukan saat berlibur di Pulau Lombok sambil menikmati pesona tempat wisata Lombok yang indah. Dan tentu saja makanan tersebut rasanya berbeda dengan menu masakan di tempat lainnya.

Baca : Wisata Kuliner Nasi Minyak Zaitun Olive Oil 

Dari informasi yang Direktori Wisata terima dari salah seorang pelaku kuliner yang terdapat di Pulau Lombok adalah beberapa bumbu-bumbu yang digunakan tentu saja sedikit berbeda, bahkan untuk proses pembuatannya sendiri berbeda dari tempat lainnya. Untuk rasa bumbunya  kuliner tersebut begitu terasa khas. Konon informasi yang Direktori Wisata terima, di dalam bumbu-bumbu tersebut di campurkan terasi khas Lombok.

Nah, sekarang jadi tahukan kenapa kuliner khas Lombok tersebut di atas rasanya berbeda dari beberapa kuliner yang ada di tempat lainnya. Itulah kuliner khas Indonesia yang memiliki keragaman cita rasa khas yang unik dan dapat menjadi salah satu makanan yang sangat disukai para pecinta kuliner bahkan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang telah mencoba kulner khas Lombok, pastinya sangat menggugah selera dan kangen untuk menyantapnya dengan bumbu tradisonal khas Lombok yang sulit dilupakan oleh mereka.

Baca : Wisata Kuliner Aneka Pindang Lampung

Kuliner khas Lombok bukan hanya tiga menu makan tersebut di atas saja. Ini hanya merupakan bagian kecil yang bisa kita temukan dan paling banyak di temukan di setiap menu hidangan kebanyakan.

Namun, bila kita berlibur di Pulau Lombok pastinya kita dapat menjumpai makanan khas Lombok lainnya yang beraneka ragam dan warna yang merupakan bagian dari cita rasa menu masakan khas Indonesia.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mencoba membuat salah satu menu masakan khas Lombok, kalian dapat mencobanya dari salah satu cuplikan tayangan video di bawah ini yang akan memberitahukan kepada kita untuk memulai mencobanya.

Nah, lebih baik dicoba deh dari pada penasaran nantinya. Bila  tidak percaya silahkan datang ke Pulau Lombok dan coba kuliner khasnya…. Selamat mencoba.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
Ad Clicks :Ad Views :