Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Kelezatan dalam Kuliner Kalimantan Selatan

Kelezatan dalam Kuliner Kalimantan Selatan

/
/

Ini Loh 6 Kelezatan Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Membuatmu Penasaran

Direktori Wisata – Hidangan kuliner khas bercitara aroma yang unik dari seriap kelazatan yang di sajikan beragam warna yang menarik dari Kalimanatan Selatan.

Kalimantan Selatan memiliki kuliner yang beragam. Berbagai bahan yang biasa digunakan dalam kuliner Kalimantan Selatan diantaranya adalah ikan Haruan atau ikan gabus serta itik. Ini karena Kalimantan Selatan dilalui sungai Barito sehingga sebagian penduduknya tinggal di tepian sungai terutama masyarakat Dayak Bakumpai.

Propinsi Kalimantan Selatan memiliki 11 Kabupaten dan 2 kota yaitu :

  1. Kabupaten Balangan
  2. Kabupaten Banjar
  3. Kabupaten Barito KUala
  4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan
  5. Kabupaten Hulu Sunga Tengah
  6. Kabupaten Hulu Sungai Utara
  7. Kabupaten Kotabaru
  8. Kabupaten tabalong
  9. Kabupaten Tanah Bumbu
  10. Kabupaten Tanah Laut
  11. Kabupaten Tapin
  12. Kota Banjarbaru
  13. Kota Banjarmasin

Beberapa jenis kuliner dari Kalimantan Selatan yang bisa kita coba diantaranya adalah IWak KAring Batanak, Cumi Baubar, Iga masak Habang juga  itik masak habang. Ada juga jajanan pasar ala Melayu yaitu Puteri Selat. Sebagai hidangan penutup maka es sarang walet bisa kita coba.

Iwak Karing Batanak

Iwak Karing Batanak

Masakan ikan karing batanak ini merupakan olahan ikan kering atau ikan asin yang dibalut dengan telur bebek. Ikan asin yang digunakan antara lain ikan karing haruan atau ikan gabus  bisa juga ikan karing talang. Ikan ini kemudian dimasak bersama bumbu dan santan.

Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, kemiri, lada, bawang merah, cabe merah, cabe hijau, belimbing wuluh dan sedikit garam. Ikan karing dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimasak kemudian direndam dengan air panas untuk mengurangi kadar asinnya. Haluskan bumbu-bumbu kemudian rebus bersama santan dan ikan asin. Tambahkan telur bebek dan masak hingga matang.

Cumi Baubar

cumi-bakar.jpg

Dalam bahasa Banjar, Baubar berarti di bakar. Jadi cumi baubar ini adalah cumi yang dibakar terlebih dahulu kemudian disiram dengan saus. Untuk membakar digunakan arang yang dicampur dengan sabut kelapa agar dihasilkan rasa yang khas.

Sebelum dibakar cumi perlu dimarinasi dengan menggunakan bumbu antara lain bawang merah, cabe rawit dan ditambah dengan sedikit gula dan garam. Selain cumi, biasanya ikan juga bisa dijadikan bahan utama dalam masakan baubar ini.

Kuliner Khas Kalimantan Timur:: Iga Masak Habang 

iga-masak-abang

Masak habang sangat terkenal di daerah Balikpapan, Samarinda dan sekitarnya. BUmbu yang digunakan dalam masakan Habang ini antara lain adalah cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih dan jahe yang dihaluskan juga ditambah dengan irisan tomat, serai dan lengkuas yang dimemarkan. Selain iga, protein yang biasa dimasak habang ini antara lain telur, itik , ayam, ikan haruan (ikan gabus) dll.

IKuliner Khas Kalimantan Timur:: tik Masak Habang

itik-masak-abang

Di Balikpapan, bebek seringkali disebut sebagai itik. Itu sebabnya setiap masakan yang berbahan dasar bebek selalu dinamakan itik. Sama halnya dengan iga masak habang, itiik ini juga dibumbui dengan habang atau bumbu dasar merah.Jika ingin menciicpi olahan Itik Masak Habang ini kita bisa datang ke RM. Iti Gambut yang ada di Balikpapan.

Puteri Selat

putri-sekar.jpg

Ini adalah salah satu jajanan pasar khas Banjarmasin. Ciri khas dari kue Puteri Selat ini adalah memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama diberi warna hijau dengan mencapurkan air daun suji pada adonan. Lapisan kedua berwarna coklat karena ada gula merah yang dicampurkan pada adonan. Sedangkan lapisan ketiga berwarna putih yang hanya berisi adonan dan santan tanpa penambhana warna lain.

Jajanan Pasar ini selain di daerah Banjarmasin dan sekitarnya juga bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia, terutama daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kental . Seperti misalnya di beberapa daerah di Sumatera juga di luar negeri yang serumpun seperti Singapura dan Malaysia.

Untuk membuat kue Puteri Selat ini diperlukan bahan utama antara lain tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan dan sedikit garam. Untuk membuat adonan dasar maka semua bahan tersebut dijadikan satu dan diaduk hingga rata. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Masing-masing ditambah dengan air daun suji, gula merah dan satu adonan tanpa penambahan apapaun. Kukus setiap warna adonan selapis demi selapis hingga ketiga lapisan matang. Lama pemasakan kue Puteri Selat ini selama kurang lebih 20 menit.

Es Sarang Burung Walet

Es Sarang Walet

Es ini seringkali dijadikan menu dalam buka puasa. ISinya adalah sarang walet dan aneka buah dengan kuah manis. Salah satu buah yang menjadi isi es sarang burung walet ini adalah Longan. Yaitu buah khas Banjar yang mirip dengan leci.

Sarang burung walet yang ada di dalam es ini bukan yang asli. Sarang burung Walet buatan ini diolah dari agar-agar putih yang dimasak bersama dengan air dan gula, kemudian dipadatkan dan diparut.

Kuliner khas Kalimantan Selatan ini tentunya memilki kelezatan tersendiri. Kelezatan ini tentu saja berasal dari bumbu yang digunakan serta teknik memasaknya. Jika kita tidak bisa datang ke Kalimantan Selatan, maka memasak kuliner khas Kalimantan Selatan ini bisa dilakukan di rumah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Cumi baubar itu yang amat saya tunggu resepnya 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :