Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Kulon Progo / Kebun Teh Nglinggo; Wisata Alam Cantik Yang Hijau di Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo; Wisata Alam Cantik Yang Hijau di Kulon Progo

/

Kebun Teh Nglinggo; Wisata alam cantik yang hijau di Kulon Progo. Di sejumlah tempat di Indonesia, kebun teh cuma jadi sebuah perkebunan untuk memproduksi hasil teh. Tetapi tidak begitu bila anda berkunjung teritori Kulon Progo,

Kebun Teh Nglinggo; Wisata Alam Cantik Yang Hijau di Kulon Progo

Di mana ada Kebun Teh Nglinggo yang menjadi satu diantara object wisata alam cukup populer. Tidak cuma pada hari liburan, beberapa pelancong yang ada di dekat lokasi ingin nikmati cantiknya bentangan kebun langsung. Lokasinya masih ada di kompleks bukit-bukit Menoreh, jadi ditegaskan udara sejuk dan asri didapat di tempat rekreasi ini.

Walau kurang cukup luas, cuma sekitaran 136 hektar, tetapi anda bisa melihat cantiknya alam dari keunikan perkebunan yang hijau. Lumayan lama sebetulnya kehadirannya, namun baru dibikin sebagai tempat wisata sekitaran tahun 2015.

Karena keelokan dan kreasi masyarakat di tempat, kebun teh yang terhitung di kecamatan Kulon Progo itu pernah dianugerahkan Community Best Tourism oleh Pemerintahan Pariwisata Republik Indonesia.

Tentu saja bukan karena hanya keelokannya, tetapi beragam sarana dan spot hebat di kebun berikut yang memberikan dukungan mengapa penghargaan itu pantas diberi.

Daya Ambil yang Dipunyai Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Ada argumen menarik mengapa Kebun Teh Nglinggo makin bertambah pecintanya, maknanya eman banyak yang bertandang. Apa lagi jika bukan beragam daya magnet yang diberi.

Daya Ambil yang Dipunyai Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Sepintas dari info di atas kemungkinan belum juga cukup memberi deskripsi ke anda. Untuk tersebut berikut kami bahas daya magnet khusus dari objek rekreasi alam yang ada di ujung barat Wilayah Spesial Yogyakarta ini.

1. Panorama Cantik Bentangan Kebun Teh

Benar-benar terang jika sebagian besar pelancong yang bertandang ditegaskan ingin nikmati keelokan kebun teh ini. Bagaimana tidak, anda akan menyaksikan bentangan kebun warna hijau sepanjang mata melihat. Sedikit melihat ke atas, anda disuguhi dengan pemandangan pegunungan yang berdiri gagah. Bukan cuman satu gunung, tetapi beberapa yang dapat dilihat langsung.

Jika cuaca sedang ceria, panorama dari pegunungan yang dapat disaksikan capai 8 gunung. Ke-8 gunung itu diantaranya Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Sidoro, Andong, Telomoyo, Merbabu, Ungaran dan Gunung Prau. Nyaris ditegaskan anda tidak dapat memperoleh panorama itu di lokasi lain, apa lagi di luar daerah Jawa tengah.

2. Situasi Sejuk dan Asri Ciri khas Perkebunan

Selainnya panorama yang cantik, beberapa pengunjung banyak yang datang di Kebun Teh Nglinggo karena ingin nikmati situasi asri dan beri kesegaran. Di perkotaan, situasi semacam ini tidak kemungkinan dapat didapat. Sama seperti yang dijumpai, pencemaran dari asap kendaraan dan beragam pabrik sudah mencemarkan udara di kota.

Tidak cuma hijaunya kebun teh yang jadikan udara disekitaran teramat sejuk, tetapi beragam pohon-pohonan yang ada. Walau sedikit dan ukuran tidak besar, tetapi cukup memberikan dukungan situasi asri yang didapat oleh tiap pengunjung. Kesegaran makin berasa karena lokasi pariwisata ini termasuk jauh dari hingar-bingar kota.

3. Diperlengkapi dengan Beragam Sarana Off Road

Apa ke-2  daya magnet di atas belum juga sanggup menarik hati anda untuk selekasnya tiba bertandang? Kemungkinan karena ada sarana off road yang disiapkan, lebih bisa menggenapkan kemauan anda. Disini letak kreasi faksi pengurus yang sanggup mengundang perhatian banyak pelancong.

Dibuatnya beragam sarana itu tidak terlepas dari kontur Kebun Teh Nglinggo pada jalan tajam dan terjal. Untuk anda yang menyukai rintangan, permainan ini tentunya pas karena bisa memicu adrenalin.

Tak perlu bawa kendaraan sendiri karena faksi pengurus sediakan mobil khusus tipe Jip. Harga yang dijajakan bervariatif, bergantung dari paket yang diputuskan, dimulai dari 200.000 sampai 700.000 rupiah.

4. Tempat Spot Photo dengan Pemandangan Alam Cantik

Selainnya dibuatnya sarana melawan dengan mengemudikan mobil Jip di atas kontur tanah tidak rata, pengurus sediakan beragam spot photo cantik dengan topik panorama alam. Ada spot yang serupa dengan gazebo yang menyengaja dibuat untuk spot photo. Rumah itu benar-benar sederhana tetapi unik dengan atap yang dibuat dari bambu.

Tidak jauh dari lokasi itu, ada spot yang tidak kalah unik, yaitu tulisan I Love U yang dibuat dari potongan batas bambu, ukuran lumayan besar hingga anda dapat ada di tengah huruf itu.

Spot yang terfavorit dan jadi unggulan faksi pengurus ialah gardu pandang. Meskipun begitu, cukup banyak pengunjung Kebun Teh Nglinggo yang memakai spot liar karena dipandang lebih menakjubkan.

Baca juga : Malioboro, Jantung Kota Jogja dengan Daya Pikat Magic

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kira saja anda telah tertarik sama sedikit daya magnet yang sudah disebut sebelumnya. Oleh karena itu, yakinkan anda ke arah alamat Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta untuk berkunjung lokasi. Dari pusat perkotaan Jogja, dibutuhkan waktu sekitaran 1.5 jam dalam jarak menempuh 35 km. Medan yang curam sesudah anda masuk teritori perkebunan jadi rintangan tertentu.

Jalur yang tercepat untuk ke arah Kebun Teh Nglinggo dengan ke arah Jalan Godean karena jalannya bagus dan kurang lampu merah. Tujukan kendaraan ke arah Tugu Jogja yang usai di Kulon Progo, minimal anda akan tempuh jarak sekitaran 18 km. Sesudah menjumpai lampu merah, tujukan kendaraan ke kanan sampai sepanjang 18 km atau sampai mendapati lampu merah selanjutnya.

Sepanjang perjalanan itu, yakinkan anda melalui jembatan Kali Progo yang tidak jauh dari lampu merah. Mengambil arah kiri sesudah datang di lampu merah yang dikenali dengan perempatan Dekso. Kurang lebih sepanjang 10 km, anda akan mendapati pasar Plono. Dari titik terebut, silakan turuti panduan jalan yang ada sampai ke arah lokasi. Saksikan google maps.

Baca juga : Gumuk Pasir Parangkusumo, Object Rekreasi Alam Hits dan Modern di Jogja

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Seperti tempat pariwisata yang diatur secara baik oleh pemerintahan ditolong masyarakat di tempat, Kebun Teh Nglinggo membebankan ongkos retribusi sebagai persyaratan masuk. Lumayan murah tentu saja dibanding dengan tempat wisata lain. Ini kali anda perlu bayar 5.000 rupiah per-orang dengan perincian ticket masuk sejumlah 2.000 rupiah, dan bekasnya untuk ongkos perawatan lingkungan.

Selainnya harga ticket masuk itu, ada pula ongkos yang perlu dikeluarkan bila anda bawa kendaraan individu. Untuk motor atau beroda 2 dikenai biaya parkir 2.000, dan ticket ongkos parkir mobil 5.000 rupiah. Beberapa sarana yang ada pun tidak gratis, sehingga anda persiapkan dana lebih bila ingin menikmatinya.

Baca juga : Taman Sungai Mudal:: Wisata Alam Kulon Progo Jogja

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Kebun Teh Nglinggo

Selainnya nikmati cantiknya bentangan kebun teh yang lumayan luas, banyak kegiatan yang dapat dilakukan tentu saja. Kegiatan yang diartikan bisa saja rileks, atau yang hebat dan melawan. Sebetulnya anda dapat memikirkan apa yang memikat dilaksanakan saat ada di Kebun Teh Nglinggo, kemungkinan seperti kegiatan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Kebun Teh Nglinggo

1. Treking Mendaki Bukit

Ada dua bukit menghias teritori rekreasi ini yang administratif masuk daerah Magelang. Ke-2  bukit yang diartikan ialah Bukit Kendeng dan Kukusan. Tingginya bukit jadikan banyak pelancong yang ingin tahu dan ingin mendakinya.

Bukanlah hal gampang tentu saja, ingat kontur bukit dengan pojok cukup curam. Jika anda dapat naik sampai ke pucuk, kemungkinan saat turun sebagai permasalahan.

Kegiatan ini bagus sekali, bisa dibuktikan dari beragam pengunjung yang ikhlas bangun pagi untuk mendakinya. Masalahnya di atas pucuk bukit menyuguhkan panorama yang tidak kalah elok. Apa lagi bila anda dapat menyaksikan matahari keluar, walau tidak demikian prima karena tertutup oleh pegunungan disekitaran.

2. Picu Adrenalin dengan Medan Berlebihan

Sama seperti yang sudah disebutkan sebagai daya magnet di atas, anda dapat beraktivitas hebat untuk mengetes nyali. Mengemudikan mobil Jip di teritori Kebun Teh Nglinggo tentunya tidak gampang, walau anda mengusai dalam berkendaraan. Jalanan yang terkadang terjal dan curam selalu menghias tiap putaran roda.

Apa lagi jalur yang perlu diambil termasuk jauh dengan melalui beragam pohon-pohonan yang tumbuh subur disekitaran lokasi. Walau berkesan mengerikan, tetapi anda dapat memperoleh pengalaman bernilai dan sekalian cantik. Panorama yang hendak didapat tidak sekedar hanya kebun teh, tetapi cantiknya mekanisme terasering yang dibikin berundak.

3. Menyaksikan Panen Teh

Kegiatan di Kebun Teh Nglinggo ini kelihatannya kurang memikat bila disaksikan sepintas. Namun bila anda melihatnya langsung, peluang bisa saja bagus sekali. Menuai teh jangan asal-asalan, ada tehnik yang perlu didalami. Disini letak serunya menyaksikan beberapa petani yang panen. Tentu saja tidak cuma menyaksikan, tetapi pelajari tehniknya.

Sayang, tidak tiap hari anda dapat melihat panorama ini. Cuma di saat tertentu saat daun teh siap dipanen. Oleh karenanya, jangan sampai melewati saat ada petani yang siap panen, selekasnya hampiri mereka. Jika dapat, pasarkan jasa untuk menolong menuai daun teh itu.

4. Nikmati Kesegaran Teh yang Diambil Langsung

Selainnya menyaksikan proses panen kebun teh, anda dapat nikmati kesegaran teh alami langsung diolah saat itu juga panen. Ada banyak warung teh yang ada di Kebun Teh Nglinggo dengan bangunan cukuplah sederhana yang dibuat dari bambu. Walau bagaimanapun, warung itu cukup unik dan jadi keelokan tertentu.

Idenya alami, jadi kesan-kesan yang didapatkan makin asri saat santai nikmati satu cangkir teh hangat atau dingin. Di warung itu sediakan kopi untuk yang kurang sukai dengan teh. Rasa teh makin manis dengan situasi dan udara sejuk yang berada di sekitaran lokasi wisata. Mayoritas pengunjung manfaatkan peristiwa ini untuk istirahat sesaat saat sebelum beraktivitas hebat yang lain.

Baca juga : 9 Objek Wisata Kulon Progo Yang Menarik Dikunjungi Musim Liburan

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Seiring waktu berjalan, sarana Kebun Teh Nglinggo makin komplet dan bisa disebutkan telah standard lokasi wisata. Ada tempat parkir yang siap menyongsong kehadiran anda saat pertama kalinya memijakkan kaki di teritori perkebunan ini. Ada juga toilet yang bersih dan nyaman untuk siapa yang ingin bersihkan diri.

Disamping itu, ada masjid makin lengkapi sarana untuk mendukung pelancong. Walau tidak besar, namun tetap saja dapat dipakai sebagai tempat melaksanakan ibadah. Sarana lain yaitu warung makan dengan beragam menu makanan yang dapat didapat, khususnya makanan ciri khas Jogja. Harga dapat dijangkau, masih ramah kantong untuk sekelas harga object pariwisata.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Dari keterangan berkenaan daya magnet, harga ticket masuk, dan beragam kegiatan hebat yang dapat dilaksanakan, adakah argumen lain tidak untuk berkunjung Kebun Teh Nglinggo? Jika anda ada di dekat lokasi, tentu saja ingin tahu dan ingin selekasnya mendatanginya. Dalam kata lain, tidak ada argumen untuk menampik keelokan dan pemandangan alam yang dihidangkan. Selamat mempraktikkan untuk menambahkan pengalaman Anda![]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :