Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Jawa Barat / Kebun Raya Cibodas, Teritori Dengan Banyak Rekreasi Alam

Kebun Raya Cibodas, Teritori Dengan Banyak Rekreasi Alam

/

Directory Wisata – Kabupaten Cianjur ialah kota kecil di teritori Jawa Barat yang mempunyai keelokan terselinap. Cuma ada banyak nama rekreasi saja yang telah dikenali.

Kebun Raya Cibodas, Teritori Dengan Banyak Rekreasi Alam

Tapi, tidak seluruhnya teman dekat Directory Rekreasi mengenali teritori rekreasi yang cantiknya hebat tidak kalah dari pariwisata populer yang telah memiliki nama.

Kebun Raya Cibodas, nama ini mungkin kedengar sedikit asing. Berlainan dengan kebun raya Bogor yang bernama terangkut karena bersisihan dengan Istana Bogor yang sekarang ini kerap dipakai oleh presiden. Ada yang unik dan menarik di teritori ini yang harus untuk dipahami dan wajib buat didatangi.

Mengenali Kebun Raya Cibodas

Nama kebun raya cibodas sebetulnya telah memiliki nama semenjak jaman dulu. Bahkan juga, periset luar negeri juga mengaku jika kebun raya ini ialah firdausnya Asia. Sudah diketahui, Firdaus adalah nama dari surga yang populer dengan benar-benar cantik.

Mengenali Kebun Raya Cibodas

Kebun raya ini ada di kaki Gunung Besar pangrango dengan ketinggian lebih kurang 1.275 mdpl. Dengan temperatur lebih kurang 17 – 27 derajat celcius. Berdasarkan catatan riwayat, teritori ini dibangun oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang dari Belanda.

Awalannya, tempat ini dibuka untuk menanam pohon kina. Tapi, Kina tidak dapat hidup di teritori yang memiliki curahan hujan 2.380 mm /tahun/ Hingga, teritori ini juga dirubah dan konsentrasi untuk menanam tumbuhan daratan tinggi basah tropika. Seperti, tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Baca juga : Wisata Sejarah Di Situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat

Pohon kina yang tiba di tanggal 11 april 1852 ini dijadikan hari lahirnya kebun raya cibodas. Dan tiap tanggal 11 april ini sahabat dapat bertandang kesini dan masuk secara gratis.

Daya Ambil

Teman dekat Directory Rekreasi dapat menyaksikan banyak sekali tipe pohon-pohonan dan tanaman yang hidup dan mendatangkan sebuah daya tarik yang bagus sekali. Ada sekitaran 1.206 tipe tanaman hidup yang dapat disaksikan. Jumlah yang cukup banyak untuk teritori kebun raya ini.

Daya Ambil Kebun Raya Cibodas

Ada sekitaran 350 tipe kaktus dan 360 tanaman anggrek yang paling memesona mata. Keelokannya seperti sebuah gitar spanyol yang sanggup memikat tiap orang yang menyaksikannya. Ada dalam suatu ruang kaca sebagai daerah pelestarian untuk beberapa tanaman ini.

Selainnya ruangan kaca, Sahabat akan dihibur dan disuguhi dengan teritori jepang yakni taman sakura. Elok sekali taman ini. Jika, musim bunga sakura datang, sahabat native seperti ada di negara jepang. Aduhai nian teritori ini.

Kedatangan dari Taman Sakura ini lumayan menarik dan unik di mana, pohon sakura cuma dapat hidup di tanah yang memiliki 4 musim. Tapi, di Indonesia yang memiliki 2 musim saja pohon ini dapat tumbuh dengan cantiknya. Salah satunya factor nya ialah, teritori cibodas yang ada pada ketinggian di atas 1500 mdpl. Ingin tahu tidak dengan tempat ini?

Bila, ingin menyaksikan bagaimana kecantikan bunga sakura, Teman dekat Directory Rekreasi dapat bertandang kesini di bulan Januari – Februari dan bulan juli – agustus. Sahabat native, akan menyaksikan bagaimana keelokan dari teritori ini.

Sebetulnya ada kurang leih 300 tipe dari pohon sakura. Namun, di kebun raya cibodas ini cuma ada 7 yang mampu bertahan.

Baca juga : Curug Citambur, Air Terjun Yang Gagah Di Cianjur Selatan

Udara panas memang terasyik untuk nikmati kesegaran dari air terjun. Nach, di kebun raya Cibodas ada air terjun yang namanya Curug Ciebeureum yang jangan untuk dilewati jika bertandang kesini. Keelokan curug yang bersatu dengan susahnya medan jadi sebuah rintangan yang wajib buat ditaklukan.

Ada sebuah jalan batu yang dapat dicicipi Teman dekat Directory Rekreasi. Jalan batu ini akan arahkan ke arah sebuah kolam besar yang ada di teritori ini jalan batu ini namanya arauvaria avenue.

Menariknya di sini, saat kita jalan lewat ke teritori ini disamping kirinya membubung tinggi sebuah pohon yang namanya Araucaria. Kabarnya, pohon ini sebagai pohon paling tua di teritori ini dengan umur nyaris 150 tahun, atau telah ada di kebun ini semenjak tahun 1866. Lama ya, pohon ini ada di teritori ini.

Taman lumut, taman dengan banyak lumut yang memikat. Ada lebih kurang 235 tipe lumut yang dapat cicipi. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan tempat ini dengan photo dan gambar yang pasti akan hasilkan gambar yang oke.

Ingin saksikan beberapa macam tanaman dari Indonesia, Jepang, China? Sahabat native langsung bisa bertandang ke Taman Rhododendron. Semua tanaman dari negara di atas ada di sini. Yakinkan Anda tidak untuk melewati teritori ini.

Ada juga jalan air yang disebut arus dari sungai cibogo, airnya demikian jernih, demikian sejuk dan jadi tempat untuk bermain anak-anak. Banyak Teman dekat Directory Rekreasi yang lain selalu manfaatkan teritori ini untuk istirahat dan selfie bersama dengan rekan dan keluarga.

Ingin saksikan bunga bangkai raksasa? Teman dekat harus bertandang ke teritori ini. Bunga bangkai ini berbunga empat tahun sekali. Paling akhir berbunga di tahun 2000. Tetapi, harus dikenang bunga ini memiliki berbau yang paling menusuk. Di tahun 2018 ini, tumbuh dengan tinggi lebih dari 3 mtr..

Baca juga : Obyek Wisata Alam Cianjur Yang Populer Di Cipanas

Ada juga minimal 34 tumbuhan paku yang dapat digunakan sebagai beberapa obat , bahan makanan, dan bahan tempat tanam. Ada juga kolam besar yang dibangun di tahun 1901. Dengan beragam jenis tumbuhan air.

Alamat Dan Jalur Lokasi

Alamat kebun raya cibodas ada di jalan kebun raya cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Ada dua alternative yang dapat dipakai untuk ke arah lokasi ini. Dapat memakai kendaraan individu dan memakai angkutan umum.

Alamat Dan Jalur Lokasi Kebun Raya Cibodas

Jika, Teman dekat ingin berkunjung teritori ini dengan memakai angkutan umum. Anda dapat memakai KRL ke arah stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor naik angkot dari bubulak-baranansiang. Dari terminal ini Sahabat dapat naik colt dan turn di pertigaan cibodas.

Operkan kembali naik anglot kuning yang hendak mengantar sahabat ke arah Kebun raya Cibodas. Turun pas di pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Baca juga : Obyek Wisata Curug Cikodang Cianjur Sukabumi

Jika Sahabat native ingin memakai kendaraan individu. Sahabat dapat pilih jalur bogor – perkebunan teh dan Pucuk Cocok. Sampai di pertigaan paragajen, tujukan kendaraan ke arah cibodas. Jika teman dekat datang dari bandung Anda dapat ikuti jalan ke arah cibodas lewat jalan ke arah rumah sakit cimacan, sesudah pertigaan paragajen belok kiri sampai ke arah lokasi.

Harga Ticket masuk

Harga ticket masuk teritori ini lebih kurang 16.500 rupiah. Ditambah lagi ongkos parkir mobil 10 ribu dan ongkos sejumlah 5 ribu rupiah untuk parkir motor. Ongkos ticket ini telah terhitung dengan ongkos asuransi jasa raharja,

Kebun Raya Cibodas ialah teritori yang memikat buat didatangi. Sebuah taman dengan beragam jenis macamnya. Teman dekat Directory Rekreasi wajib buat bertandang ke teritori ini dan rasakan keelokan teritori lereng Gunung besar pangrango yang dijadikan titik pendakian. Janganlah lupa untuk bertandang ke sini, karena teritori ini telah menanti.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :