Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Berastagi / Kearifan Lokal Ritual Orang Gunung Sinabung

Kearifan Lokal Ritual Orang Gunung Sinabung

Kearifan Lokal Ritual Orang Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di daerah Kabupaten Karo, Berastagi, Sumatera Utara. Kawasan Gunung Siinabung memiliki keindahan alam yang eksotis, dan memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia.

ritual-orang-r=gunung-sinabung

Selama bertahun-tahun Gunung Sinabung yang menjulang tinggi dalam lanskap Tanah Karo masih dianggap keramat oleh sebagian kecil masyarakat lokal di sana. Bagi sebagian masyarakat, gunung dianggap sebagai tempat tinggal roh-roh yang dapat memberikan kekuatan atau sebaliknya menjadi pengganggu.

Konon infromasi yang Direktori Wisata terima, di kawasan Gunung Sinabung terdapat sosok spiritual yang diyaniki masyarakat lokal sebagai perantara manusia hidup dengan roh-roh atau yang dikenal dengan nama Guru si baso. Beliau masih sering datang ke lokasi-lokasi yang dikeramatkan di Gunung Sinabung.

Setelah Gunung Sinabung menunjukkan tanda-tanda aktivitasnya, masyarakat yang panik mengorek kembali jejak pengetahuan lama yang dibungkus dengan aneka cerita mitologi. Setelah beberapa hari setelah Gunung Sinabung meletus, puluhan warga mengadakan ritual di tepi Danau Lau Kawar yang berada di kaki Sinabung.

Warga membuat sesaji berupa hasil bumi, seperti buah-buahan dan beragam jenis bunga dengan harapan menenangkan roh-roh di kawasan Gunung Sinabung. Tidak hanya di kawasan Lau Kawar, ritual pemberian sesajen kepada roh-roh penjaga gunung juga masih marak sering terjadi di desa-desa lainnya.

Kearifan lokal ritual masyarakat Gunung Sinabung adalah sebagai salah satu terapi yang dapat dirasa menenangkan jiwa mereka. Mitologi dan juga kepasrahan menjadi tempat berlindung dari segala kerumitan fenomena alam. Dan dua hal inilah yang selama ribuan tahun dapat menopang masyarakat untuk menjadi liat dalam hidup berdampingan dengan bencana yang dikirim gunung api.

Bila kita melihat kehidupan masyarakat Karo dengan bentuk rumah tradisional Karo yang dibangun dengan teknik sambungan, fondasi umpak, dan kontruksi tiang tahan gempa menjadi bukti bahwa mereka memiliki pengetahuan dan kearifan lokal. Selama ratusan tahun, rumah tradisional tersebut bertahan terhadap gempuran gempa yang kerap datang.

Bagi masyarakat lokal Karo, Gunung Sinabung bukan sekedar gunung. Ia merupakan sebuah ruang spiritual yang jejaknya terekam dari sejumlah sesaji di jalur pendakian, dimana ritual dilakukan jika terjadi ketidakseimbangan antara tubuh dan alam yang terganggu dengan inti kehidupan seperti air, tanah air dan udara. Dan kearifan lokal orang Gunung Sinabung berfungsi menjaga ke seimbangan makrokosmos agar tidak terjadi bencana yang menimpa.[]

Sumber : https://pancurbatu.wordpress.com/2010/09/04/warga-lereng-sinabung-gelar-ritual-tolak-bala/

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

15 Comments

  1. sinabung hingga saat ini masih kritis, padahal sudah meletus beberapa bulan lalu

    • Semua reaksi alam yang terjadi di kawasan gunung berapi khususnya di Sinabung seharusnya sudah bisa diprediksi dengan ilmu pengetahuan alam ya Mba, namun, walau bagai pun kita tetap harus waspada dengan kejadian bencana alam ini semua.

      Salam wisata

  2. yang saya tau gunung sinabung itu didaerah brastagi sumatera, tapi upacara adat dan sesajian juga ritual adatnya aku ga banyak tahu, kayaknya perlu dibahas lebih detil lagi buat pengetahuan saya dan pembaca lain, makasih yaa

    • Tradisi msayrakat lokal di daerah Berastagi Sumatera Utara khususnya di daerah gunung Sinabung dalam hal menjalankan ritualnya memang sangat menarik, namun dalam hal pengkajian diperlukan suatu ilmu pengetahuan yang dapat benar-benar menyelami budaya masyarakat lokal tersebut Mba. ๐Ÿ˜€

      Salam wisata

  3. memangnya gunung sinabung masih aktif ya ?

    • Gungung Sinabung termasuk gunung berapi yang masih aktif Mba. ๐Ÿ˜€

      Salam wisata

  4. Semoga Kearifan Lokal orang gunung sinabung tetap terjaga dan semoga Gunung sinabung bisa kembali normal + para penduduknya senantiasa di lindingi oleh tuhan yang maha esa aminn ..

    • Amiiin,,,,, kearifan masayrakat lokal dari daerah Gunung Sinabung memang merupakan suguhan yang menjadi sebuah tradisi kepercayaan dari nenek moyang mereka, semoga ini semua bisa menjadi kembali kehidupan kembali normal seperti sedai kala.

      Salam wisata

  5. KAlau pas lagi meletus gini ada ritual khusus gak ya mas di Sinabung ๐Ÿ™‚

    • Kalau pas Gunung Sinabung meletus siapaun tidak akan melakukan ritual Mba, yang ada malah menyelamatkan diri masing-masing ke tempat yang paling aman. ๐Ÿ˜€

      Salam wisata

  6. Saya baca berita di koran dan menonton di TV gunung Sinabung ini AKTIF kembali

    • Benar Kang Asep, semoga masyarakat di kawasan Gunung Sinabung dapat kembali hidup dengan normal dan kembali pulih seperti sedia kala.

      Salam wisata

  7. Mantap2 tulisannya. Ayo submit di social bookmarking Indonesia ๐Ÿ™‚

  8. Tuhan telah memberikan kekayaan alam yang begitu indah, akan tetapi masyarakat g. melupakannya pemberian Tuhan Yang Maha Esa itu, maka masyarakat Sinabung diperingatkan Tuhan Yang Esa untuk segera tidak menyembah Roh-roh yang dianggap banyak membantu kehidupan disana, alangkah gelapnya fikiran dan hatii mereka, tanda-tanda kehancuran sudah dimulai. mengapa belum menyadari juga bahwa kekuatan segalanya ditangan penciptanya, keindahan alam menjadi rusak karena ulah masyarakatnya juga yang tidak mentaati aturan Penciptanya, G.Sinabung milik Tuhan, mengapa tidak minta pertolongannya, malah memberikan sesajen kepada yang lemah roh-roh halus, siapapun yang menjembatani akan diganyang habis jika cuma percaya sama penunggunya, aku yaqin G. Sinabung meletus segera akan menghabiskan masyrakatnya yang sudah tak ada manfaatnya lagi buat Tuhan Yang Maha Esa.contohnya MBAH Marijan saja yang dianggap sakti, habislah dibakar diapi G. Merapi neraka dunia kelak neraaaka akhirat lebih dahsyat, hayo orang sakti mana lagi yang dapat menhan G. Sinabung meletus segera

  9. Semoga musibah yang terjadi di Gunung Sinabung cepat berlalu dan masyarakat di sana bisa beraktivitas normal kembali.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :