Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu Lembang, Bandung

Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu Lembang, Bandung

Keindahan Objek Wisata Alam Kawah Domas Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Direktori Wisata – Tempat wisata alam Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu Cikahuripan jadi salah satu destinasi liburan yang asik di kawasan Lembang Bandung Barat.

Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu pesona wisata Lembang yang terletak di kawasan Bandung Barat. Gunung Tangkuban reahu yang juga merupakan gunung di Pulau Jawa dan tergolong masih aktif, menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki ketinggian mencapai 2.084 meter di atas permukaan laut, dan telah meletus beberapa kali dengan menghasilkan sebanyak 9 kawah. Salah satu kawah Gunung Tangkuban Perahu yang cukup dikenal adalah kawah ratu, yaitu kawah yang cukup banyak menyita perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Kawah ratu Gunung Tangkuban Perahu

Pada umunya para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata alam Tangkuban Perahu melihat pemandangan alam kawah ratu dari atas, namun kawasan Gunung Tangkuban Perahu memiliki sebuah destinasi wisata alam yang menarik lainnya seperti kawah Domas.

Lokasi berjarak +/- 1,2 km dari jarak kawah Ratu yang merupakan kawah utama di tempat wisata alam Gunung Tangkuban Perahu menuju Kawah Domas.

Jalan Setapak Hutan Lindung Tangkuban Perahu

Perjalanan menuju Kawah Domas kita dapat menikmati pemandangan alam yang menghadirkan yang menenangkan seperti rimbunannya pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan setapak.

Jalan Setapak Menuju Kawah Domas Tangkuban Perahu

Tidak hanya itu, jalan setapak yang kita lewati didomnasi oleh tanaman lumut. Perjalanan pun terasa idak terlalu membosankan. Karena selain disughkan pemandangan yang khas, kita juga dapat melihat dan menemukan satwa penghuni hutan lindung di lokasi ini.

Hutan Lindung Tangkuban Perahu

Bila kita sedang beruntung, dalam perjalanan menuju Kawah Domas kita akan menemukan satwa seperti lutung dan satwa surili. Konon ke dua satwa tersebut merupakan satwa yang hanya terdapat di wilayah Jawa Barat. Dan ironisnya kedua satwa yang hidup di hutan pegunungan Tangkuban Perahu ini  keberadaannya nyaris punah. Oleh sebab itulah kedua satwa yatiu lutung dan surili ini dilindungi oleh Undang- Undang.

Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu

Setelah sampai di kawasan Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu, semua rasa lelah hilang dan lenyap tersapu dengan indahnya pemandangan yang indah.  Pemandangan Kawah Domas yang di dominasi oleh batuan gunung berwarna putih.

Namun, jika kita perhatikan dengan teliti di bagian tertentu pada batu berwarna kuning terutama pada rongga-rongga yang mengeluarkan asap belerng yang baunya sangat khas.

Meski pemandangan kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu tidak sebagus dengan Kawah Ratu, namun kawah ini memiliki sumber air panas yang mejadi tempat berkumpulnya para wisatawan aau pengunjung di tempat wisata alam kawah Domas Tangkuban Perahu.

Pijat Lumpur Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu

Di lokasi Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu inilah kita dapat menemukan sebuah kubangan air kecil, tempat di mana kia bisa merendamkan kaki dan menikmati air kawah sambil dipijat dan di masker dengan menggunakan lumpur belerang yang di yakini bisa menghilangkan dan mencegah penyakit kulit.

Bila kita bergeser di sudut lain di area Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu ada hal yang menarik yang bisa kita lakukan. Kita dapat merebus telor dalam sebuah kubangan air kawah yang bersuhu 98 derajad celcius. 

Bila sahabat Direktori Wisata mau melakukannya, kita tidak perlu repot membawa telor dari rumah, karena di lokasi sudah ada pedagang yang menyiapkan telornya untuk dijual, dan kita bisa membelinya dari pedagang telor yang ada di lokasi.

Rebus telor Di Kawah Domas gunung Tangkuban Perahu

Untuk merebus telor di kubangan air Kawah Domah Gunung Tangkuban Perahu tidak memerlukan waktu lama, cukup memerlukan waktu +/- 10 menit kita merebusnya, dan setelah itu telor rebus matang siap kita santap.

Tidak perlu khawatir, telor hasil rebusan aman kita konsumsi sebagai penghangat dan penambah kalori untuk menjaga stamina tubuh kita.

Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang digemari oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Meski menjamurnya tempat wisata alam yang berada di Lembang Bandung, kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu tetap tidak membosankan untuk dikunjungi.

Waktu yang tepat untuk berkunjung di tempat wisata  Gunung Tangkuban Perahu adalah pagi dan siang hari, karena waktu tersebutlah yang menjadi waktu kunjungan terbaik untuk menuju ke lokasi wisata alam Gunung tangkuban Perahu Lembang Bandung.

Untuk jalan menuju kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu kita tinggal mengikuti arah jaalan yang terdapat di dalam peta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. wisata kawah domas memang sangat indah ya mas, sepertinya saya mau ikutan e mas 🙂

    • Tempat wisata kawah Domas Tangkubn perahunya memang asyik mas, apalagi rute perjalanan yang melalui hutan lindung di sekitara kawasan pegunungan Tangkuban Perahunya.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :