Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Semarang / Kampung Jawi, Object Rekreasi Unik dengan Nuansa Tempo Dahulu di Semarang

Kampung Jawi, Object Rekreasi Unik dengan Nuansa Tempo Dahulu di Semarang

/

Kampung Jawi Gunung Pati menjadi satu diantara salah satunya tempat wisata unik dengan nuansa tempo dahulu di Semarang ciri khas Jawa yang paling kental.

Kampung Jawi, Object Rekreasi Unik dengan Nuansa Tempo Dahulu di Semarang

Saat ada di Kota Semarang, tujuan yang unik dan harus didatangi yakni Kampung Jawi. Awalannya tempat itu hanya sebuah perkampungan yang tidak besar dan terletak cukup penjuru. Arah awalnya dibangun daerah tematik ini yakni agar warga sekitaran bisa mengenali kembali beragam budaya atau kearifan lokal yang ada di Pulau Jawa.

Terciptanya daerah itu atas ide dari Bapak Pelajarnto yang disebut seorang pendorong budaya di situ. Namanya sendiri datang dari kata Jawi yang mempunyai makna sebagai jiwa budi pekerti dalam manusia. Hingga, nama yang lumayan baik tersebut yang dipakai sampai saat ini. Sayang, perkampungan ini belum juga kebanyakan dijumpai oleh warga Indonesia.

Oleh karenanya, kelihatan banyak pengunjung yang tiba ke situ karena ingin tahu. Karena sangat jumlahnya orang yang tiba ke daerah ini, karena itu pengunjungnya akan dipisah jadi beberapa kloter.

Baca juga : Taman Bunga Celosia, Tujuan Rekreasi Modern Ala-ala Eropa di Semarang

Daya Ambil yang Dipunyai Kampung Jawi

1. Alat Transaksi bisnis Memakai Kepeng

Hal unik yang jarang-jarang diketemukan pada tujuan rekreasi lainnya sudah pasti di alat transaksi bisnis yang berfungsi di sini. Alat transaksi bisnis yang dipakai di sini yaitu disebutkan dengan Kepeng, panggilan ini diputuskan dari nama mata uang pada jaman dulu. Kepeng juga berperan untuk pemantau transisi nilai uang dalam Rupiah dari penjual.

Daya Ambil yang Dipunyai Kampung Jawi

Wujud dari kepeng yakni balok gepeng yang dibikin berbahan dasar berbentuk kayu dan mempunyai nilai ganti Rp 3.000 untuk 1 kepeng. Pengunjung diharuskan mengganti uang dengan beberapa kepeng buat beli kulineran yang berada di sini. Bahkan juga, pemberian nama dari kepeng ini digunakan untuk menara yang ada di sana.

2. Kedengar Alunan Musik Ciri khas Jawa

Selainnya nuansa jawanya yang kental, alunan musik ciri khas Jawa akan temani tiap kegiatan Anda di Kampung Jawi. Ini sebagai salah satunya usaha dari warga daerah itu selalu untuk melestarikan kesenian Jawa. Alunan musik yang biasanya datang dari angklung itu sanggup membuat situasinya nyaman, tenang, dan damai.

Baca juga : Saloka Theme Park, Taman Favorite Bermacam Sarana Hebat di Semarang

3. Pencahayaan Memakai Obor dan Lampu Sentir

Karena mempunyai ide tempo doeloe, karena itu pencahayaan yang dipakai juga tidak dari lampu listrik, tetapi berbentuk obor dan lampu sentir. Ini sanggup membuat semua pengunjung seakan-akan sedang hidup pada jaman dulu. Walau bagaimanapun, obor dan lampu sentir masih tetap sanggup menyinari sekitaran tempat itu, meskipun tidak seterang lampu listrik.

Kampung Jawi

Sinar remang-remang yang dari obor dan lampu sentir ini menambahkan situasi romantis pada tempat itu di saat malam hari. Tidaklah aneh jika banyak dijumpai pasangan yang pilih tempat itu sekedar untuk nikmati situasi malam bersama.

4. Ada Tempat Indoor dan Outdoor

Daya magnet yang selanjutnya dari tempat itu yaitu ada tempat indoor dan outdoor. Ada dua opsi tempat yang dapat Anda pakai untuk kongkow dan santai saat bertandang ke arah tempat yang ini. 

Jika matahari sedang terik dan panas, karena itu pengunjung dapat pilih di tempat indoor agar teduh dan nyaman. Sementara, tempat outdoor pas diputuskan di saat sore hari dan malam hari karena akan berasa lebih bebas.

5. Bertopik Alam

Topik alam yang diputuskan memang sangat pas dengan ide jaman dulu yang digotong oleh tujuan Daerah Jawi ini. Hingga, tempat ini sebagai opsi terbaik untuk Anda yang jemu melakukan aktivitas di perkotaan besar dan ingin refreshing di lokasi yang fresh. Kesan-kesan alam yang berada di tempat itu juga benar-benar komplet dengan pemakaian jerami sebagai atap.

Menariknya, ada banyak spot bertopik alam yang paling pas dijadikan berpose. Sudah pasti dari hasil photo dapat makin bagus dan kelihatan estetik. Bahkan juga, ada juga yang jadikan beberapa spot itu untuk lakukan sesion photo prewedding. Dari hasil photo prewedding di situ sudah pasti cukup unik. Apalagi dengan nuansa tradisionil yang sekarang ini telah jarang-jarang disukai oleh beberapa orang.

Baca juga : Wisata Alam di Goa Kreo Semarang Jawa Tengah

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Kampung Jawi

Meskipun sedikit penjuru, tapi lokasi dari Daerah Jawi itu tidak susah untuk dicari. Alamatnya berada di Jalan Kalialang Lama RT. 02 WR.01, persisnya ada di Dusun Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa tengah. Lebih persisnya kembali berada di samping Selatan dari Lembah Kalipancur dan jika lebih Selatan kembali nanti dapat ke rekreasi Goa Kreo.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Kampung Jawi

Untuk dapat bertandang kesini, karena itu bila perjalanan akan diawali dari Bundaran Kalibenteng sampai hingga di Museum Renggawarsita lebih dulu. Selanjutnya, jika sudah menyaksikan lampu merah dekat SD Hj Isriati, karena itu beloklah ke kanan untuk ke arah Kec Gunung Pati. Nach, dari sana Anda akan ikuti arah Jl Penataran Raya sampai ke MT At Taqwa yang ada di segi kanan jalan. Atau lihat google maps.

Kemudian, Anda bisa masuk sebuah gang yang ada di kiri jalan yang ada tulisan Daerah Oleh-olehan Gang Sadeng lalu ikuti jalan itu sampai di perempatan pertama. Seterusnya, beloklah ke kiri dan terus lempeng sampai lewat jembatan warna merah. Setelah itu, Anda akan menyaksikan saung bambu, di kiri jalan ada gang untuk ke arah Kampung Jawi Semarang.

Setelah tiba di lokasi kelak akan kelihatan tempat parkir kendaraan. Seharusnya bawa kendaraan individu saja sepanjang perjalanan ke arah kesini. Hal tersebut karena saat masuk Gang Sadeng karena itu ada jalan sempit yang dapat dilalui oleh 1 mobil saja. Maka dari itu, bis besar terbatas untuk dipakai ke arah ke situ.

Untuk transportasi umum yang dapat digunakan yaitu angkutan kota warna kuning ke Gunung Pati bila diawali dari arah Bundaran Kalibanteng. Bahkan juga, hanya itu cuma akan mengantarkan Anda sampai datang di Gang Sadeng saja. Hingga harus meneruskan perjalanannya dengan jalan kaki ke arah Pasar Jaten sepanjang lebih kurang 15 menit.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Kampung Jawi

Ada ticket masuk yang lebih dulu harus dibayarkan oleh tiap pengunjung saat sebelum masuk teritori Kampung Jawi. Tenang saja karena harga yang dibanderol tidak terlampau kuras kantong Anda, yaitu sejumlah 50 ribu rupiah untuk seseorang pengunjung.

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Kampung Jawi

Namun, harga itu bisa jadi berbeda kapan pun. Maka dari itu, untuk ketahui detil dari harga ticket masuk ke situ dengan tepat, karena itu dapat dengan lakukan verifikasi lewat call-center nya. Nomor dari call-center itu dapat Anda mencari saja di internet atau sosial media.

Selainnya mengonfirmasi harga ticket yang berlaku, sebaiknya jika lakukan verifikasi berkenaan jam membuka dan tutupnya. Umumnya, daerah tematik di Semarang ini sendiri sering dibuka dimulai dari jam 8 pagi dan akan ditutup pada jam 6 sore. Hingga, Anda dapat tiba pada saat yang memang pas dan dapat semakin habiskan berlibur di situ.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Kampung Jawi

1. Nikmati Kulineran Ciri khas Jawa

Pengunjung tak perlu kuatir jika berasa lapar saat ada di Kampung Jawi. Masalahnya beragam jenis hidangan ciri khas Jawa dapat Anda coba dan cicipi. Ditanggung lidah Anda akan makin dimanja dengan bermacam menu makanan sedap dan minuman fresh seperti gudeg, sego megono, es campur sari, dawer ireng, dan ada banyak yang lain.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Kampung Jawi

Apa lagi, tempat itu benar-benar penuh oleh pengunjung saat bulan Ramadhan. Pengunjung dapat buka puasa sambil didampingi oleh panorama yang unik. Harga minuman dan makanan yang dijajakan juga berbeda. Hingga, Anda dapat gampang untuk sesuaikan dengan dana yang dipunyai.

2. Bercakap-cakap Dengan Famili Atau Teman dekat

Kampung Jawi jadi lokasi yang benar-benar cocok untuk habiskan waktu bersama teman dekat atau famili. Masalahnya di situ ada tempat tongkrongan yang nyaman dengan beberapa meja yang dibuat dari kayu. Dengan demikian, Anda dapat bercakap rileks sekalian nikmati camilan yang nikmat pada tempat itu.

3. Belajar Mainkan Alat Musik Gamelan

Tujuan rekreasi hits ini melangsungkan satu aktivitas yang ditujukan untuk pengunjung yang ingin belajar bermain alat musik tradisionil yaitu gamelan. Tenang saja karena nanti Anda akan dituntun secara perlahan-lahan sampai dapat mengusai mainkan alat musik itu. Sudah pasti, dengan mengusai mainkan gamelan karena itu kekuatan Anda pun semakin kembali.

4. Melihat Atraksi Tari Tradisionil

Di daerah itu sering ada pergelaran seni tari tradisionil yang mempunyai tujuan untuk melipur semua pengunjung. Hal ini ditujukan supaya seni tari tradisionil ciri khas Jawa makin dikenali oleh warga. Sudah pasti ini akan membuat waktu berlibur Anda di situ makin hebat dan menarik.

Baca juga : 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Kampung Jawi

Meskipun jadi tujuan rekreasi yang tidak ada di pusat kota, tetapi beragam sarana yang ada di Kampung Jawi Semarang lumayan komplet dan mencukupi. Maka dari itu, pengunjung tak perlu cemas kembali dengan kenyamanan atau keamanan saat berekreasi ke perkampungan ini. Banyak sarana persewaan permainan kekinian yang asyik dan sayang bila tidak Anda coba.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Kampung Jawi

Beragam persewaan permainan itu misalkan saja seperti mountain bike, motor cross, off road, rafting di Kali Boro, tempat tembakan sasaran, flying fox, dan high rope. Tetapi, sudah pasti Anda harus mempersiapkan beberapa dana karena sarana persewaan permainan itu akan memerlukan ongkos yang cukup banyak.

Jika pengunjung telah capek lakukan beragam permainan itu, karena itu ada sarana pemondokan yang memiliki nuansa unik. Daerah tematik ini memiliki empat type pemondokan yaitu Griya Dorogepak, Griya Joglo, Griya Majapahit, dan Griya Jineman. Karena ada pemondokan yang nyaman ini tentunya sanggup membuat pengunjung kerasan lama-lama habiskan waktu berliburnya di situ.

Baca juga : Taman Mini Wisata Alam Puri Maerokoco Semarang

Tersebut banyak hal menarik terkait dengan rekreasi Kampung Jawi di Semarang yang sangat populer. Dengan ketahui beragam hal itu, karena itu Anda tidak kebingungan kembali jika merencanakan tiba ke situ. Oleh karenanya, agar waktu liburan Anda tidak berasa menjemukan karena itu janganlah lupa masukan perkampungan yang ini ke daftar tempat rekreasi yang hendak didatangi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :