Jelajah Wisata Museum Asmat di Taman Legenda Keong Mas TMII

posted in: Jakarta | 0

Mengenal Lebih Dekat Suku Asmat Dari Museum Asmat di Taman Legenda Keong Mas Jakarta

Direktori Wisata – Museum yang memberikan gambaran awal untuk memahami Asmat sebagai salah satu suku tertua di Papua dengan akar budayanya yang kuat, yang ingin menelusuri perabdaban di Selatan Papua.

Seni ukir menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi kehidupan orang suku Asmat di Papua. Sebagian kecil kemasyuran ukiran dari masyarakat Suku Asmat tersimpan di dalam Museum Asmat yang sejak berdiri pada tahun 1986 silam. Ukiran dari suku Asmat memang dikenal khas tanpa pola tertentu sehingga tanpa ada karya yang sama satu dengan yang lainnya.

Museum Asmat Taman Mini Indoensia Indah

Menelusuri dan mengenl salah satu keunikan tradisi dan budaya suku Asmat Papua tentunya kita mengenal dengan bangunan yang menjadi ciri khas dari suku Asmat Papua tersebut, salah satnya adalah Rumah Kariwari. Rumah  ini bentuknya sangatlah unik, mulai dari atapnya yang berbentuk kerucut serta ukiran ukiran khas Asmat . Ukiran ukiran tersebut didominasikan oleh warna merah, hitam dan putih.

Pada saat ini rumah kariwari tetap masih ada dan digunakan sebagai tempat pemujaan, Namun bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dan penasaran akan bentuk dan keunikan sejuta kisah dari rumah Kariwari tidak perlu jauh jauh berkunjung ke Papua. Karena Rumah Kariwari juga dengan udah kita jumpai di Museum Asmat yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah

Memasuki kawasan area Taman Legenda Keong Mas, dari kejauhan kita sudah dapat melihat dengan jelas sebuah bentuk rumah tradisional dari suku Asmat yang dikenal dengan sebutan rumah Kariwari.Nuansa tradisonal dapat kita rasakan di area lokasi museum, meskipun bangunan ini sudah terlihat modern.

Lanjut informasi…..
Suku Asmat berasal dari Provinsi Papua yang merupakan salah satu Kabupaten yang terdiri dari beberapa suku dan yang berada ada di daerah tersebut. Konon cerita legenda dari asal muasal dari suku Asmat sendiri adalah manusia yang terdampar menyendiri dan berada di tepian sungai seorang diri yang pada akhirnya dia hidup sendiri. Dalam kesunyian kehidupannya sendiri dia buat patung, tifa, rumah-rumahan,  Dan setelah banyak dan terkumpul barulah dia tabuh dan pukul untuk membunyikannya untuk berkumpul.

Sedangkan untuk sejarah berdirinya Museum Asmat di Taman Mini Indonesia Indah sendiri karena kecintaan Ibu Tien Soeharto kepada suku Asmat yang pada waktu itu beliau mengadakan pameran seni ukir suku Asmat di Monas tahun 1985. Dan museum ini diresmikan oleh Bapak Presiden RI ke-2 Soeharto pada 20 April 1986.

Museum Asmat yang berada di Taman legenda Keong Mas TMII ini memamerkan berbagai koleksi unik, dan sebagai besar koleksi yang ada di museum memiliki ukiran yang mencerminkan pandangan hidup Suku Asmat serta eratnya hubungan hidup suku Asmat dengan nenek moyang.

Museum Asmat di Taman Mini Indonesia indah ini terdiri dari tiga bangunan yang merupakan bangunan A yang bertemakan untuk lingkungan dan kehdiuapn suku Asmat dengan lingkungannya, sedangkan untuk kebudayaan suku Asmat berada di gedung B, sedangkan gedung C menjadi tempat penampungan hasil kreativitas dari Suku Asmat itu sendiri.

Museum Asmat Taman Keong Mas TMII

Melalui museum ini kita akan mengenal lebih dekat dengan suku Asmat dimana mereka yang belum mengenal dengan dunia luar dapat menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Di museum ini setiap pengunjung juga dapat melakukan foto foto unik dengan mengenakan pakaian dan pernak pernik yang disewakan oleh pengelola museum untuk mengabadikannya.

Kunjungi juga : Petualangan di Taman Dinosaurus Keong Mas TMII

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin tahu lebih jauh suasana dan apa yang bisa kita dapatkan di lokasi Museum Asmat yang berada di Taman Legenda Keong Mas TMII, kalian dapat menyaksikannya mellui tayangan yang ada di video yang berada di bawah ini pada saat kami melakukan kunjungan ke lokasi museum.

Menilik lebih dekat peradaban dan tradisi manusi suku Asmat Papua dari Museum Asmat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Dari pengalaman Direktori Wisata berkunjung ke lokasi Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah, Keberadaan Museum Asmat ini juga dapat memberikan gambaran awal untuk memahami Asmat sebagai salah satu suku tertua di Papua dengan akar budayanya yang kuat, sekaligus memberikan gambaran bagi para wisatawan dn siapapun yang ingin menelusuri perabdaban di Selatan Papua.

Bagi kalian yang akan mengunjungi Museum Asmat ini, dapat mengikuti rute jalan yang berada di dalam lokasi Taman Mini Indonesia Indah atau kalian dapat mengikuti rute jalan yang ada di dalam peta di bawah ini.

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.