Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jogjakarta / Jelajah Wisata Kuliner di Yogyakarta

Jelajah Wisata Kuliner di Yogyakarta

 

Kuliner Unik dan Nikmat di Yogyakarta Yang Harus Di Coba

Direktori Wisata – Kuliner Khas Yogyakarta yang unik dan lezat dengan sajian bentuk makanan khas Jogja yang banyak diminati  dan dicari wisatawan.

Yogyakarta bukan tempat wisata yang asing lagi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak sedikit orang yang datang ke kota Jogja, bahkan lebih dari sekali bagi masyarakat yang menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta. Namun rasanya tidak ada yang pernah bosan untuk mengunjungi Jogja yang dikenal dengan suguhan ragam destinasi wisata alam, budaya dan kulinernya. Bahkan banyak wisatawan yang hadir ke Yogyakarta mulai jatuh hati kepada kota ini dari rasa dan kelezaatan kuliner khas Yogyakarta yang cukup dikenal lezat.

Bila kita berkeliling di kawasan Yogyakarta, maka banyak tempat wisata yang menyajikan hidangan kuliner yang beragam. Dari mulai pedagang kaki lima hingga sajian daganganyang digelar di restoran dan hotel bintang lima. Apallagi bila kita tidak mencoba makanan khas Yogyakarta yang dikenal dengan Gudeg.

Namun, bila kita perrgi ke Jalan Gayam yang terletak di pusat kota Yogyakarta pada pagi. Karena posisi di pinggir jalan, jadi kita harus pelan-pelan menelusuri jalan tersebut. Di lokasi tersebut ada seorang pedagang gudeg ibu-ibu yang menjajakan makanan bubur gudeg yang nikmat.

Bubur Gudeg Yogyakarta

Perpaduan antara bubur dan gudeg ini memang terdengar cukup aneh bagi kita yang baru pertama kali mendengarnya. Namun untuk rasanya akan membuat lidah akan menjadi ketagihan dan tidak mau berhenti mengunyah. Untik sajian gudenya sendri dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam.

Konon warna coklat gudegnya sendiri dihasilkan dari daun jati yang dimasak secara bersamaan Sedangkan gudeg sendiri biasa disajikan dengan kuah santan kental atau are, ayam kampung, telur, tahu dan sambelgoreng krecek. Jika kita makan gudeg biasanya nasi putih menjadi pelengkap utama. Namun di tempat ini gudeg disajikan diatas bubur beras putih yang kemudian diberi kuah semur tahu. satu porsi bubur gudeg dihargai mulai Rp. 9.000,- / porsi hingga Rp. 17.000,- / porsi dan ini tergantung lauk yang kita pilih.

Bagi teman-teman pembaca Direktori Wisata yang akan menikmati sajian kuliner bubur gudeg di Jalan Gayam Yogyakarta tidaklah terlalu sulit untuk menemukan tempatnya. karena sajian kuliner bubur gudeg khas Yogyakarta yang satu ini cukup dikenal di masayarakat. bahkan penjualnya sudah merupakan generasi ketiga dari perintisnya. Untuk mempermudah ( lihat peta )

 

Yogyakarta bukan hanya menyajikan cita rasa  kuliner yang hanya manis saja, namun di kota ini kita dapat menemukan kuliner yang segar dan berkuah nan segar. bagi kita yang akan mendapatkan kuliner yang berkuah segar dapat mengunjungi Soto Gobyos Bu Hadi yang letak lokasinya berada di kawasan wisata pathuk Jogja dan sangat mudah ditemukan. Warung soto ini bukanya sejak pukul 07.00 pagi hingga habis.

Soto Gobyos Yogyakarta

Soto Gobyos Bu Hadi ini rasanya lezat dan segar. karena cabe merah sotonya langsung diulek di dalam mangkok yang akan disjikan bersama seporsi sotonya. bagi pengge,ar makanana soto pedas, kita dapat meminta jumlah cabe rawit merah untuk dihidangkan dan di satukan dalam porsi yang akan disediakan.

Cari cara proses penyajiannya sebagai berikut, cabe yang diulek di dalam wadah yang akan disipakan untuk kita, barulah di masukan nasi, toge rebus, potongan daging sapi, daun seledri dan taburan bawang goreng serta disirap kuah soto yang berasal dari rebusan dari kaldu dengkul sapi. sedangka untuk menambah kesegaran pada kuah sotonya, kita dapat menambahkan guuran asam jeruk nipis yang bisa kita dapatkan di warung ini.

Untuk harga seporsi soto gobyos ini kita cukup membayar Rp. 10.000,- disamping harganya cukup terjangkau, dan rasanya cukup lezat da nikmat.

Sedangkan bagi kita yang tidak suka dengan makanan soto, kita bisa mencoba menu makanan lainnya yang tersedia di warung bu Hadi ini, namanya nasi bakmoy. Menu makanan ini berasal dari negeri Tiongkok, bila kita perhatikan nasi bakmoy ini mirip seperti nasi tim kuah kaldu. Hanya saja nasi yang disajikan adalah nasi matang.

Nasi Bakmoy Yogyakarta

Untuk menu nasi bakmoy lauk utamanya adalah ayam dan potongan tahu. Nasi bakmoy dikenal sebagai makanan rakyat. karena sajiannya yang simpel dan mudah di dapat. Setelah diberi potongan daging ayam dan potongan tahu.lalu ditambah potongan seledri dan bawang goreng serta di berikan kuah kaldu sapi dengan rebusan dengkul sapi.

Cita rasa nasi bakmoy terasa lebih manis dan gurih dari soto gobyos nya. Dan menu masakan ini sangat cocok bagi kita yang suka akan menu masakan yang tidak pedas. Untuk harga seporsinya Rp. 10.000,- jadi tidak mahal bukan ?

Puas berkeling sambil menjelajah wisata kuliner khas di yogyakarta kita bisa sambil mengunjungi tempat wisata kuliner lainnya yang menarik lainnya yaitu kedai Kopi ndomblong di mana kawasan ini menjadi tempat wisata kuliner yang unik dan menarik untuk kita mengenallebih dekat budaya jawa dengan pengembangan nama-nama kuliner yang diberikan dengan huruf aksara jawa di tempat ini. Selamt menikmati dan berwisata di Yogyakarta.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

1 Comments

  1. Jalan-jalan ke suatu daerah gak lengkap rasanya klo gak nyobain kulinernya…

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :