Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Jelajah Wisata Kota Bandung

Jelajah Wisata Kota Bandung

Menikamati Pesona Destinasi Wisata Kota Bandung Nan Eksotis

Direktori Wisata – Keliling Bandung sambil menikmati beragam kuliner dan hasil kratifitas produk warganya.

Bandung dikenal ssbagai salah satu destinasi menarik dikawasan Jawa Barat. Konon, Kota Bandung ini mendapat julukan sebagai Parisnya Pulau Jawa, dan letak kota ini tidak jauh dari Jakarta. Sejak adanya tol Cipularang akses jalan menuju ke Bandung jadi mudah, hanya berjarak +/- 2 jam dari Kota Jakarta.

Wisata Bandung

Sejak dulu Bandung dikenal sebagai kota kreatif, Baha Sunda menjadi baha pokok untuk pergaulan di kota ini. Biar kegiatan anak Bandung suda modern namun mereka tidak pernah meninggalkan bahasa yang diajarkan ibu mereka dengan menggunakan bahasa Sunda sejak kecil.

Menurut sejarah Kota Bandung ini dulunya menjadi tempat tinggal orang Belanda saat jaman penjajahan  Saking sejuknya Kota Bandung, konon Belanda pernah menetapkan kota ini sebagai ibu kota negeri jajahannya.  Maka janganlah heran bila kita bertandang ke kota ini, kita bisa melihat gedung pemerintahan yang di Bangun oleh pemerintah Balanda, yang sekarang dikenal dengan “Gedung Sate”.

Bangunan Gedung Sate ini terlihat ismewah dan terlihat khas bergaya eropa dan juga bergaya tradisional. Gedung ini menandakan bahwa tradisi bangsa Indonesia bisa bersanding dan selaras dengan bangsa eropa.

Dipuncak gedungnya terlihat ornamen yang menyerupai tusuk sate dengan enam bulatan dalam satu tusuk, yang berarti 6.000.000 Golden. Bila disetarakan dengan harga rupiah sekarang tahu kan harganya berapa ?….

Pantas aja bangunan ini terlihat bagus dan megah, karena dibutuhkan biaya yang mahal dan tidak sedikit untuk membangun gedung tersebut. Dan kini Gedung Sate menjadi sala satu ikon pesona wisata Bandung,

Konon, dari dulu menir-menir Belanda sudah suka belanja di kawasan Bandung Selain suka belanja mereka juga suka dengan makan. Jaidi tidak terlalu beda dengan Bandung sekarang, orang-orang pada datang berbelanja sambil berburu kuliner di kota ini.

Bahkan sekarang ini banyak para wisatawan dari Malaysia dan Singapura datang berkunjung ke Kota Bandung. jdi jangan heran bila Kota bandung ini juga dijuluki sebagai surganya wisata kuliner dan belanja.

Jalan-jalan ke Kota Bandung kurang lengkap rasanya bila tidak melakukan wiasata belanja, bagi para pecinta dan penikmat kopi di Kota Bandung ini terdpat sebuah bangunan tua yang dikenal sebagai rumah produksi kopi yang cukup legendaris, yaitu Kopi Aroma. Sesuai dengan namanya yang menjadi andalan dari kopi ini adalah aroma kopinya.

Kopi Aroma Bandung

Dari dulu sampai sekarang tempat ini tidak pernah berubah. Yang membuat khas dari kopi ini, penyimpanan biji kopi jenis robustanya di simpan selama 8 tahun  dan 5 tahun untuk jenis kopi arabika. Seperiti informasi yang Direktori Wisata terima pada saat melakukan kunjungan di Kopi Aroma Bandung.

Tujuan dari penyimpanan kopi ini sebenarnya untuk menurunkan tingkat keasaman pada kopinya. Cara ini untuk mengurangi resiko sakit lambung buat penikmat kopi. Biji kopi yang mau dipakai harus di gongseng dulu. dan yang membedakan cara penggongsengan di Kopi Aroma bandung ini, di olah dengan mesin kopi berumur tua.

Lanjut informasi….
Lamanya menggongseng kopi tidak lebih dari dua jam, agar kopinya tidak menjadi hitam. Karena nanti rasa kopinya bisa pekat.kopi yang matangnya pas akan berwarna coklat.

Untuk di Indonesia riwayat pembuat kopi rakyat banyak bertaburan di etiap daerah, dan masing-masing mempunyai karakteryang khas.yang disebabkan oleh kontur tanah dan letak geografis yang berbeda-beda.

Dan potensi inilah yang dimanfaatkan oleh pemiliki generasi kedua dari kopi aroma ini untuk menciptakan dan menghasilakn kopi yang mantap.

Selain berkunjung dan menikmati proses pembuatan kopi Bandung yang cukup melegendaris, kita juga bisa melihat tempat wisata belanja di Bandung di tempat lainnya yang menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat menopang hasil industri lokal.

Bila kita pernah mendengar ungkapan bahwa kalau mau bikin kaos ke Bandung saja, Pasti ada sebabnya bukan ?……………….

Konon di Bandung bahan baku mudah di dapat, karena di kawasan ini banyak terdapat prabrik tekstil yang beroperasi makanya biaya produksi kaos di Bandung bisa jadi murah.

Tradisi ini sudah berjalan dari jaman ke jaman, dari kaos sablon hingga kaos distro semua bisa kita dapatkan di Bandung hingga sekarang.

Cibaduyut Bandung

Sampai dengan hari ini Bandung dikenal dengan kota yang melahirkan karya-kaya kreatif dan cemerlang, Hal ini bisa kita lihat dari salah satu contoh kawasan yang berada di daerah Cibaduyut.

Di lokasi ini kita bisa banyak menemukan hasil kratif dan desain sepatu. Konon, lokasi ini dikenal sejak jaman penjajahan Belanda dulu sebagai tempat sentral penjualan segala macam bentuk sepatu dan terpanjang di dunia. Yang bikin hebat lagi segala macam sepatu di sini dibuat dengan tangan “hand made” dan proses ini sudah dilakukan sejak tahun 1918.

Billa kita ke Kota Bandung dan melihat beragam kuliner yang tersaji di tempat ini, konon asal muasalnya Bandung menjadi ramai dengan tempat wisata kuliner adalah dulu setelah revormasi tahun 1998 mulai muncul warung-warung tenda di jalan Dago bandung, waktu itu banyak masyarakat Bandung nyoba buka warung makan enak dengan harga hemat.

Makanya di kota ini banyak bermunculan warung-warung kecil sampai akhirnya jadi ramai seperti sekarang ini. Nah sekarang bila kita jalan-jalan ke Kota Bandung dengan mudah mendapatkan beragam kuliner yang enak dan lezat dengan harga yang hemat tentunya.

Jelajah wisata kota Bandung kita bisa menilhat bahwa sekarn Kota Bandung ini terlihat sebagai kota metropolitan, namun yang lebih hebat lagi kesadaran dari masyarakt Kota Bandung untuk melestarikan budaya dan tradsinya merupakan hal yang selalu dikedepankan, inilah yang menjadikan identitas masyarakat Bandung sebagai orang Sunda selalu melekat. Dan yang menjadi prinsip penting bagi mereka adalah menjaga tradisi budaya leluhur sudah jadi tanggung jawab seluruh masyarkat Bandung

Jika datang ke kota Bandung cicipilah ragam kuliner dan nimati kebudayaannya yang tidak pernah ingkar. Kreatifitas anak-anak muda Bandung yang tidak mati turut pula mengembangkan negeri Indonesia yang kita cintai ini, jadi nunggu apalagi ? yuk jalan-jalan ke Bandung !.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :