Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Jejak Sejarah Kuil Sri Vadapathira Kaliamman Singapore

Jejak Sejarah Kuil Sri Vadapathira Kaliamman Singapore

Menyusuri Jejak Sejarah Sri Vadapathira Kaliamman Temple Singapore

Direktori Wisata. – Sri Vadapathira Kaliamman dipercaya sebagai kuil pertama Singapore, seperti yang terlansir dalam sebuah batu prasasti yang terdapat di depan kuil.

srivadapathira- kaliamman-singapore

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan pada saat mengisi liburan di Singapore, kuil Sri Vadapathira Kaliamman didedikasikan untuk Dewa Siva, Meenachi, yang garang untuk menghormatinya. Kuil ini terdapat di tempat wisata Little India Singapore.

Konon, kuil ini di bina sejak tahun 1855 oleh para buruh etnis Tamil yang bekerja di tanur-tanur kapur yang membatasi Kampong Kapor ( Kampung Kapur ) sekitar pertengahan dan akhir abad ke-19. Pada awalnya kuil ini bernama “Kuil Kampong Kapur”.

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi,

Pada tahun 1908 buruh-buruh Tamil tersebut mengambil ahli pengurusan kuil dan mengubah dewan utama dan tempat beribadah menempatkan dewa-dewa Hindu yang penting dan juga patung Kali yang di import langsung dari India.

Little India Singapore

Lanjut informasi…..
Pada masa perang di Singapura tahun 1942 kuil ini ditempatkan sebagai tempat perlindungan sekaligus tempat pemujaan pada masa itu.

Para pemuja di tempat tersebut meyakini bahwa kuil ini dapat memberikan perlindungan melalui dinding-dinding kuil yang dapat menghalangi dari gempuran serangan bom yang terdapat di luar kuil, hingga mereka dapat selamat. Hingga saat ini kuil ini masih berdiri dan menjadi tempat ibadah.

pintu-gerbang-kuil-srivadapathira-singapore

Tidak jauh dari batu prasati, kita akan menemukan sebuah ornamen sebagai tempat melakukan ritual di kuil Sri Vadapathira Kaliamman, bentuknya seperti bunga yang sedang merekah. Posisinya terletak di depan pintu utama yang terdapat di kuil. Dari posisi ini kita dapat mendengar orang di dalam kuil sedang melakukan ritual keagamaan.

Baca juga : Jelajah Wisata Budaya Di Singapura

Untuk menuju Kuil Srivadapathira Kaliamman sangat mudah, kita bisa menggunakan transporasi umum MRT, Bus, atau pun taksi yang menuju Little India Singapore. Untuk mempermudah liburan kita ke kuil ini dapat melihat jalur akses yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Setelah puas menikmati eksotisme kuil Sri Vadapathira Kaliamman yang berada di jalan Serangoon, Little India Serangoon, Singapore kita bisa menikmati hidangan kuliner menarik dan khas dari masyarakat India seperti roti prata, nasi briani dan menu kuliner lainnya yang terdapat di daerah sekitarnya.

Setelah menikmati kawasan kuil pertama di Singapore , sahabat Direktori Wisata dapat banyak mengenal budaya India lebih dekat di lokasi ini. Selamat jalan-jalan di Singapore.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. Kuil ditengah kota…unik

    • kuil ini bentuknya memang unik gan, banyak patungnya lagi. ๐Ÿ˜€

  2. artikelnya bagus menarik

  3. sangat bermamfaat bro

  4. beritasepakbolaharini berkata:

    sangat menarik dan bermamfaat..

  5. wuih megah banget kuilnya mas.
    memang pantas disebut kuil bersejarah disingapura

    • Kalau di lihat dari usian kuil dan perjalanan dari catatan sejarahnya memang seperti itu mas. ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :