Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Jalan Jalan Liburan Mengenal Kawasan Kota Bogor

Jalan Jalan Liburan Mengenal Kawasan Kota Bogor

Jalan-Jalan Sambil Mengenal Kawasan Bogor Dengan Beragam Keunikannya

Direktori Wisata – Kota Bogor dengan pesona wisata alam dan sejarahnya yang menyimpan beragam cerita dan keunikan yang dapat dijumpai saat liburan di Bogor.

Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan, hal ini ada kaitannya dengan posisi Bogor yang ada di bawah kaki Gunung Salak. Kondisi atmosfirnya mempercepat penguapan air laut, hal inilah yang menyebabkan kondisi hujan selalu datang di kawasan Bogor .

jalan-jalan-di kawasan-bogor

Konon seringnya hujan yang terjadi di Bogor berpengaruh kepada kota-kota yang ada di lokasi kawsannya.apalagi buat Jakarta dimana tempat Sungai Ciliwung bermuara. Namun, hujan bagi sebagian masyarakat Kota Bogor merupakan berkah, dikarenakan kondisi tersebut yang memicu pembentukan ozon di kawasan Bogor. Makanaya jangan heran bila udara di Bogor selalu sejuk dan segar alami.

jalan-jalan-di-bogor

Menyusuri kawasan Bogor kita bisa menyaksikan pemandangan yang mangasyikan, salah satunya adalah rusa-rusa yang sedang bermain di taman rumput di area halaman Istana Bogor. Mereka terlihat berkelompok sedang menikmati hidangan rumput segar dan rindangnya pohon yang mungkin usianya sudah tua.

Menurut catatan sejarah, konon dulunya Bogor merupakan bekas kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda sampai dengan masa Kerajaan Pajajaran yang pernah berkuasa di daerah Bogor. Pada masa Kerajaan Pajajaran lahirlah apa yang disebut ajaran Sunda, ajaran inilah yang diyakini melahirkan adat dan tradisi orang Sunda.

Konon, dari disinilah budaya orang Sunda menyebar hingga keseluruh pelosok daerah Jawa Barat. Sampai hari ini dialek Sunda yang digunakan orang Bogor masih menyisahkan gaya Sunda Kuno. Bahkan ada juga yang menyatakan bahasa Sunda orang Bogor mendapatkan julukan bahasa para Raja.

Lepas dari jaman kerajaan, Bogor mulai didatangi oleh bangsa eropa. Bahkan orang Belanda memiliki julukan khas untuk Kota Bogor yang artinya daerah yang memiliki tanah subur dan udara sejuk. Gara-gara lahan subur itulah tahun 1817 Kebun Raya Bogor di bangun. sealigus menjadi kebun botani pertama yang didirikan di Nusantara pada saat itu. Dan dalam catatan sejarah, disilah tempat pusat penelitian terhebat yang pertama yang ada di Asia Tenggara.

Kunjungi 5 Tempat Wisata Keluarga di Sentul Bogor Yang Sedang Hits

Johannes Elias Teysmann adalah salah satu akhli botani yang punya jasa besar yang menata Kebun Raya Bogor selama 50 tahun sampai akhirnya Kebun Raya Bogo ini punya konsep. Di area ini pun kita bisa melihat rumpun bambu, area kawasan tumbuhan palem, area kawasan tumbuhan panas, dan lainnya.

kebun-raya-bogor

Informasi yang Direktori Wisata terima dari petugas di lokasi, penataan tanaman tersebut bermaksud untuk memudakan para peneliti yang bisa dijadikan sebagai tempat aklimatisasi berbagai jenis tumbuhan. Miniatur kecil yang bisa mengembangkan bibit tumbuhan.Sampai hari ini kegiatan penelian teus dilakukan dan ratusan peneliti dunia telah hadir di kawasan ini. Dan tempat wisata Kebun Raya Bogor tetap menjadi pesona kuat di para mata akhli botani dunia dan juga merupakan salah satu pesona wisata Bogor yang indah.

Kunjungi 3 Objek Wisata Kebun Raya Bogor Yang Fenomenal

Manfaat kegiatan wisata dan penelitian yang ada di dalam kawassan Kebun Rya Bogor sampai sekarang masih bisa dirasakan oleh warga bogor dan kita yang mengunjungi kawasan ini. Karena banyak masyarakat petani di Bogor yang bisa merasakan langsung dampaknya.

Kunjungi 5 Tempat Wisata Bogor Yang Murah Meriah Ramai Dikunjungi

Gara-gara salah membandingkan salah satu buah dari Filiphina di kawasan Bogor ini ada buah unik yang sulit didapatkan di kota lain. Namanya buah bisbul atau yang dikenal dengan sebutan buah mentega. Karena daging buahnya yang agak padet dan serasa melelh di lidah saat di makan sepetri mentega. Namun jbila di coba rasanya manis dan lezat.

Buah Bisbul Bogor

Konon keberadaan buah Filiphina ini di Kawaasan Bogor usianya +/- 100 tahun loh… Sekarang ini sudah buah bisbol sudah banyak ditanam oleh para petani buah di daerah di Ciapus Bogor. Namun, buah bisbul ini juga mengikuti musim, yang hanya setahun sekali panennya. Bila ingin mencoba bisa cari di pasar dekat Kebun Raya Bogor. Untuk harga 1 kg buah ini Rp. 35.000,-. itu pun tergantung kita bisa menawarnya dengan para pedagang.

Yang tidak kalah menarik, bila kita jalan-jalan ke kawasan Bogor kita bisa berbelanja di pasar tradisional. Untuk harga nya cukup relatif murah sayuran dan buah-buahan yang di jajakan di pasar ini, Bahkan kita bisa membeli souvenir lain untuk oleh-oleh.

Keliling Bogor membuat alam bawah sadar kita untuk berpikir lebih jauh, karena pesona alam yang indah mampu membawa salah satu bangsa eropa dulunya singgah dan menetap di kawsan ini. Selain  tempatnya yang sejuk nan indah Bogor selalu menyajikan destinasi wisata menarik untuk ditelusuri dari setiap sisi kehidupan yang ada di masa lalu maupun di masa sekarang. Selamat jalan-jalan di Bogor.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. jadi buah mentega Bogor ini ternyata hasil dari pengembangan yang salah, yia Bos? Kok bisa, bagaimana ceritanya?

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Untuk informasi lebih jelasnya bisa ditanyakan di Museum Botanical dengan petugasnya mas, mungkin mereka bisa menceritakan lebih lengkap. 😀 dengan

    • kalau ceritanya benar tu mas comtell, langsung aja ditanyakan ama yang lebih tahu di sana 😀

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Benar mas, karena yang pastinya mereka memiliki data yang paling pas, kalau saya hanya di beritahu saat berkunjung ke kawasan Bogor waktu dijelaskan, tapi tidak secara gamblang, dan lagian sayanya juga tidak nanya juga waktu itu. 😀

        • Siap Bos, semoga saja ada kesempatan main kesana…

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Oke kang dilanjut….. 😀

  2. terus terang ni ya mas, sebenarnya saya malu mau mengatakannya jika saya ndak pernah ke bogor, jadi kepingin tu 😀

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kebetulan tempatnya tidak jauh dari loksi rumah mas, jadi saya sering main ke Bogor. Yuk kpan-kapan main ke Bogor. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :