Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Jalan Jalan Di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Jalan Jalan Di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Jalan Jalan Di Kawasan Malioboro Yogyakarta Dengan Suasana Yang Unik Dan Menarik

Direktori WIsata. – Kawasan Malioboro Yogyakarta merupakan salah satu kawasan yang menjadi ikon kota Yogya yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Jalan jalan di kota Yogyakarta tdaklah lengkap bila kita tidak mampir di kawasan ini yang menjadi tempat wisata bagi para wisatwan domestik maupun mancagera.

yogyakartaKawasan Maliobor memiliki beberapa obyek wisata bersejarah yang berada di daerah ini, antara lain Tugu Keraton, Stasiun Tugu Gedung Istana Negara, Pasar  Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Kawasan ini sangat terkenal dengan kawasan pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Yogyakarta dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual gudeg khas Yogyakarta. Di mana kawasan ni pun dikenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering memekspresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis hapening art, pantomin  dan sebagainya.

Jalan jalan di kawasan Malioboro Yogyakarta, kita akan menemukan sebuah kendaraan tradisonal andong, yaitu sebuah kendaraan tradional kereta kuda  yang lengkap dengan kusirnya. Biarpun Yogya terlihat lebih modern sekarang ini, andong tetap dipertahankan keberadaannya di kota Yogya.

andong-jogjaInformasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, andong  yang berada di Yoga memiliki ciri khas tersendiri, keretanya lebih panjang dan memiliki roda dua pasang. Sehingga daya angkut andong di kota Yogyakarta ini  lebih besar dari andong yang berada di daerah kota lain yang hanya memiliki roda sepasang. Kendaraan tradisonal ini multifungsi, ada yang jadi alat transportasi tradisional dan ada yang menjadi angkutan wisata. Untuk populasi andong sendiri di Yogya sudah banyak, jumlahnya hingga ratusan. Maka dari pada itu untuk masing-masing andong di Yogya harus memilki identitas seperti plat nomor yang di tempel pada keretanya. Hal ini bermaksud agar tertib dan rapih. Disnilah kita akan mengetahuai pada saat kita melakukan perjalanan wisata Yogya dengan kearifan lokal masyarakatnya yang patuh akan aturan yang di tetapkan oleh pemerindah. ( Baca: Wisata Yogya: Eksotisme Kearifan Lokal dan Kepatuhan)

Konon, dulunya andong hanya bisa dinaiki oleh para kaum bangsawan, dan menjadi simbol ekonomi bagi orang berada atau priyai. Namun, sejak pemerintahan jaman Sri Sultan Hamengku Buwono ke-VIII, andong berubah fungsi menjadi sebuah alat transportasi untuk semua kalangan. Hingga saat ini, kendataran transportasi andong dapat melayani perjalanan wisata kita untuk keliling Yogyakarta.

Untuk mengunjungi tempat wisata Yogyakarta Jalan Maioboro ini kita dapat melihat rute perjalanan melalui peta di bawah ini. Semoga kita lebih mengenal destinasi Yogyakarta yang merupakan salah satu destinasi menarik untuk mengii libuan dan menikmati wisata Indonesia lainnya.

Bila kita ke kota Yogyakarta dan mau berkeliling menuju kawasan wisata Yogya, kita dapat menggunakan andong dari kawasan Malioboro Yogyakarta ini. Sambil menikmati suasna kota Yogya dengan ke khasannya, dengan pelayanan dari masyarakat lokal Yogya yang menjadi kusir andong, kita akan di hantar menuju tempat-tempat wisata sambil merasakan kehidupan menjadi seorang piayi Yogya yang dilayani dengan kereta andongnya. Selamat menikmati wisata Indonesia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. nah, tempat liburan kesukaan saya ini kang, kalo ke Yogya beli oleh2na pasti ke malioboro dulu sambil makan lesehan hehehe… 😀

  2. Jogja dan Malioboro-nya emang selalu bikin kangen…..

  3. Malioboro, Ingin Ku Kesana. Hmmm.. Udah 6 Tahun mas saya tidak pernah ke Jogja lagi. Ada saudara saya disana. jadi pengen ke sana lagi..

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :