Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Jajanan Cemilan Kuliner Grubi Khas Yogyakarta

Jajanan Cemilan Kuliner Grubi Khas Yogyakarta

Intip, Cara Pembuatan Cemilan Jajanan Grubi di Yogyakarta

Direktori Wisata – Cemilan jajanan grubi khas Yogyakarta yang nikmat dan lezat, makanan olah dari bahan dar ubi singkong yang banyak dinikmati.

Puas berkeliling dan menjelajah kuliner di Yogyakarta dengan makanan yan berat, tidak ada salahnya sekarang kita mencoba makanan cemilan jajajan khas jogja yang lezat dan cukup melegenda. Kita dapat mengujungi darah menoreh yang tepatnya berada di Dusun jetis yang terkenal sebagai daerah penghasil cemilan berbahan dasar ubi singkong.

Grubi Khas Yogyakarta

Cemilan jajajan khas Yogyakarta yang pertama patut kita coba adalah Grubi. Mungkin nama ini kurang dikenal ditelinga banyak sebagain orang. namun bagi masyarakat Jawa ini merupakan jajanan cemilan yang menjadi kesukaan bagi teman minum teh ataupun minum kopi yang biasa dapat dengan mudah ditemukan di kedai kopi.

Sebagai informasi, Grubi ini merupakan makanan cemilan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ubi.yang diserut halus dan digoreng dengan gula merah. Rasanya gurih, manis dan renyah. Bila di tengah-tengah masyarakat kita banyak menyebut dengan nama lainnya dari geruby ini. Misalnya kremes, carangmas dan lainya.

Cara membuat grubi ini sendiri tidaklah sulit, dari informasi Direktori Wisata terima di lokasi caranya kita harus menyiapkan ubi terlebih dahulu. kemudian ubi di parut tipis-tipis. Dan ingat, irisan ubi jangan terlalu tipis maupun tebal.agar mudah dikunyah.

Setelah diparut, ubi pun dipotong panjang dan berukuran kecil. Pembuatan grubi ini memang dikerjakan secara manual dan tradisional, karena ketebalan potongan yang pas tidak bisa dihasilkan dengan hanya menggunakan mesin otomatis.

Setelah ubi di potong menjadi ukuran kecil, lalu prosesnya beralih untuk memanaskan minyak di atas kompor, dan sebelum minyak panas kita masukan gula merah terlebih dahulu. Selanjutyan potongan irisan ubi dapat dimasukan dalam rebusan gula merah yang telah dipanaskan dalam minyak goreng

Untuk menghasilkan rasa manis yang menjadi dominan pada cemilan grubi yang satu ini adonan tadi diaduk-aduk hingga potongan ubi menempel pekat satu dengan yang lainnya. lalu barulah minyak dapat ditiriskan.

Sedangkan proses pembentukan grubinya sendiri dilakukan pada saat baru ditiriskan dari minyak yang panas, dan usahakan proses pembentukan grubi masih dalam keadaan panas dan jangan sampai menunggu dingin, karena akan sulit di bentuknya nanti. Mudah bukan ? Silahkan mencobanya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. kayanya rasanya enak ya kang,, tapi bentuknya kaya mie di goreng ya…

    • Kalau saya ingat waktu masih kecil kang jajanan di warung, tapi untuk temen sore hari sambil minum teh atau kopi enak juga nih makanan ha,, ha,, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :