Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Korea / Istana Changdeokgung, Saksi Bisu Istana Megah Budaya di Seoul Korea Selatan

Istana Changdeokgung, Saksi Bisu Istana Megah Budaya di Seoul Korea Selatan

/
/

Istana Megah Changdeokgung Yang Ada Di Seoul Korea Selatan

Direktori Wisata – Istana Changdeokgung merupakan tempat kediaman kerajaan kedua yang dibangun setelah Istana Gyeongbukgung di Seoul Korea Selatan.

Istana Changdeokgung adalah situs bersejarah yang semestinya jangan sampai terlewatkan ketika kita wisata ke Seoul, Korea Selatan. Istana ini juga menjadi salah satu latar serial Kingdom.

Istana Changdeokgung

Istana Changdeokgung dibangun sesuai dengan tata krama kerajaan. Lokasinya ada di Gunung Bukhansan. Bangunan Istana Changdeokgung menggambarkan pandangan leluhur Joseon yang mementingkan harmonisasi dengan alam.

Terletak di dalam taman luas di Jongno-gu, Seoul, Istana Changdeok (atau Changdeokgung dalam bahasa Korea) semakin populer setelah menjadi lokasi syuting utama untuk serial “Kingdom” (2019).

Dibangun abad 15, Changdeokgung adalah istana kedua yang dibangun kaisar sebagai rumah peristirahatan, setelah Istana Gyeongbuk hancur ketika Jepang menginvasi Korea pada abad 16. 

Raja Seongjong, rasa kesembilan dari Dinasti Joseon kemudian mengungsi ke Changdeok dan seiring waktu, istana tersebut berubah fungsi menjadi istana utama untuk menggantikan Gyeongbokgung. 

Karena sebagian besar dari 27 raja Dinasti Joseon tinggal di Changdeokgung, istana ini merupakan yang paling terawat di antara kelima istana yang ada di Seoul.

Layout istana ini sendiri sangat berbeda dari Gyeongbukgung yang bergaya Tiongkok dan semua bangunannya terlihat dari gerbang karena terletak pada garis lurus. 

Sebaliknya, Changdeokgung dibangun dengan mengikuti kontur alam, sehingga bangunannya lebih tersembunyi dari gerbang dan membutuhkan akses yang berliku.

Istana Changdeokgung yang berlokasi di Gunung Bukhansan menampilkan penataan ruang yang bebas dengan memanfaatkan topografi alamiah. Istana Changdeokgung tidak mengubah bentuk topografi dan lingkungan, melainkan mencoba untuk berharmonisasi dengan alam. 

Hal ini menggambarkan pandangan leluhur Joseon yang mementingkan harmonisasi dengan alam.

Kunjungi : Seongsan Sunrise Peak, Tempat Menikmati Matahari Terbit Pulau Jeju di Korea Selatan

Gaya arsitekturnya juga mengedepankan arsitektur khas Korea, sehingga bangunan ini dinobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia yang patut dilindungi.

Daejojeon, Ruang Ratu Istana Changdeokgung Seoul

Balai Daejojeon adalah tempat kediaman bagi raja dan ratu. Ruang di sebelah timur adalah milik raja dan ruang di sebelah barat adalah milik ratu.

Daejojeon, Ruang Ratu

Di belakang Daejojeon, terdapat kebun bertingkat yang ditanami bunga-bunga. Di bagian tengah, terdapat kebun kecil yang ditanami pohon pinus dan dihiasi bebatuan unik.

Secret Garden Seoul, Korea

Salah satu hal paling istimewa di Changdeokgung adalah secret garden-nya yang disebut Biwon dan berada di belakang istana, serta masih menyimpan pohon-pohon berusia 300 tahun dengan beberapa danau, paviliun, dan kuil indah.

Walau namanya taman, Biwon tidak seperti taman yang tertata rapi di istana-istana lain, melainkan lebih mirip hutan yang terhampar mengikuti kontur perbukitan tempatnya berada. 

Hal ini karena sang raja ketika itu menginstruksikan agar Biwon minim campur tangan manusia dan dibiarkan alami.

Karena didominasi pepohonan, saat terbaik untuk berkunjung ke sini adalah di musim gugur, ketika daun-daun menguning dan memerah sebelum berjatuhan ke tanah.

Untuk berkeliling Biwon yang luas ini, tersedia tur berjalan kaki selama 90 menit dengan pemandu yang disediakan oleh pengelola istana.

Tur dimulai dari Huwon Entrance, kemudian dilanjutkan ke Buyongji Pond, Bullomun Gate dan Aeryeonji Pond, Jondeokjeong Pavilion dan Pyeomusa House, Ongnyucheon Stream, dan berakhir di Yeonggyeongdang House.

Kunjungi : Namsan Tower, Objek Wisata Romantis Di Tengah Kota Seoul Korea Selatan

Sebagai informasi, peserta tur juga dapat melihat Gwallamjeong Pavilion yang merupakan salah satu lokasi syuting paling berkesan dalam “Kingdom”.

Tanpa mengikuti tur, Anda tidak dapat melihat paviliun cantik yang menghadap Aeryeonji Pond ini.

Huwon, Kebun Yang Dicintai Raja Istana Changdeokgung

Istana ini terkenal dengan taman belakangnya, juga disebut Huwon, dibangun pada masa pemerintahan Raja Taejong sebagai tempat peristirahatan anggota keluarga kerajaan. 

Terdapat beberapa paviliun seperti Buyongjeong, Buyongji, Juhabru, Eosumun, Yeonghwadang, Bullomun, Aeryeonjeong, dan Yeongyeongdang serta air mancur di taman tersebut. 

Huwon, Kebun Yang Dicintai Raja Istana Changdeokgung

Lalu juga ada pohon raksasa yang berusia lebih dari 300 tahun. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke sana adalah saat musim gugur.

Taman belakang Istana Changdeokgung, Huwon, adalah lanskap dan kebun tradisional khas Korea. Bangunan di Huwon dibangun dengan memanfaatkan bukit yang rendah, lembah, dan hutan yang lebat. 

Sebagai kebun yang indah, Huwon meminimalkan fasilitas buatan. Huwon terletak di bagian utara istana agar raja dan keluarganya dapat beristirahat dengan santai. 

Dalam berbagai kesempatan, Huwon digunakan sebagai tempat uji nasional, tempat pesta, dan tempat berburu. Huwon berukuran besar dengan luas 434.877㎡ dan mencakup 60% wilayah Istana Changdeokgung. 

Kunjungi : Gwanghwamun Square, Destinasi Wisata Alun-Alun Yang Ramai Dikunjungi Di Korea Selatan

Di sana, ada sejumlah kolam seperti kolam Buyongji, Aeryeonji, dan Jondeokji serta paviliun Buyongjeong, Jondeokjeong, dan Gwanramjeong.

Penampilan tersebut serasi dengan pemandangan sekitarnya dan menghasilkan keindahan alam yang unik dan khas di Korea.

Jam Buka Istana Changdeokgung

Untuk jam buka istana dan taman belakang memiliki waktu buka yang berbeda. Bila Anda ingin berkunjung ke Huwon, maka harus menggunakan pemandu wisata.

Secara detil, kunjungan ke istana pada bulan Februari hingga Mei dan September hingga Oktober buka pukul 09.00 hingga 18.00. 

Bulan Juli hingga Agustus 09.00 hingga 18.30, dan bulan November hingga Januari pukl 09.00 hingga 17.30. 

Sementara kunjungan ke Huwon atau taman belakang, bulan Maret hingga Mei dan September Oktober buka pukul 10.00 hingga 17.30. 

Lalu bulan Juni hingga Agustus 10.00 hingga 18.00, Februari dan November mulai pukul 10.00 hingga 17.00, dan bulan Desember hingga Januari mulai pukul 10.00 hingga 16.30.

Map Istana Changdeokgung

Dengan mengunjungi Istana Changdeokgung di Seoul, Korea Selatan. Kita dapat megetahui betatapa indahnya busaya bangsa Korea. Yuk, kita mampir di sini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :