Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Intip Surga Alam di Geopark Ciletuh Sukabumi

Intip Surga Alam di Geopark Ciletuh Sukabumi

/
/

Emperan Surga Yang Tercecer Di Kawasan Wisata Alam Ciletuh Geopark Sukabumi, Jawa Barat

Direktori Wisata – Geopark Ciletuh menjadi salah satu obyek wisata di Sukabumi yang menyajikan beragam destinasi wisata alam menarik dan unik di kunjungi bagi para petualang.

Geopark Ciletuh merupakan salah satu obyek wisata alam yang terdiri atas gunung dan pantai yang di dalamnya dapat dijumpai komposisi batuan purba. Konon batuan di tempat ini muncul ke permukaan kerena terendapkan dalam palung laut hasil penunjaman lempeng samudera yang berada di bawah lempeng benua pada Zaman Kapur, 50-65 juta tahun silam.

Geopark Ciletuh Sukabumi Jawa Barat

Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, kawasan ini memiliki 10 spot air terjun/curug yang cantik dan dapat memukau bagi siapa saja yang melihat dan memandangnya.

Di kawasan Ciletuh dan sekitarnya, terdapat beberapa nama tempat yang menarik untuk dijeskan keterkaitannya dengan keadaan alam setempat.

Nama-nama itu telah menjadi pembuka jendela awal akan pemahaman hubungan alam dan budaya masyarakat. Beberapa diantara toponimi itu adalah: Ciletuh (nama kawasan/daerah), Awang (nama air terjun atau curug), Puncakmanik (nama curug), Palangpang (nama tempat, pantai), Pabeasan (nama gunung), Aseupan (nama bukit atau gunung kecil), Cibanteng (nama kawasan), Cikepuh (nama kawasan), Citirem (nama pantai), Sodong (nama pantai), Ombak Tujuh (nama pantai), Pangumbahan (nama pantai), Ujunggenteng (nama pantai), dan lainnya.

Lanjut informasi….
Ciletuh sendiri menurut bahasa berarti air yang keruh (berasal dari ci atau cai = air; letuh = keruh). Nama kawasan yang kini menjadi kawasan usulan geopark pertama di Jawa Barat ini, mengindikasikan keadaan alam di Ciletuh, khusunya tanahnya dan tata air.

Tanah yang mudah tererosi, terutama pada saat musim hujan turun, hal ini menyebabkan air limpahan di sungai-sungai keruh. Berdasarkan catatan sejarah yang ada, kawasan yang kini bernama “Ciletuh” itu dahulunya termasuk ke dalam kawasan Jampang.

Geopark Ciletuh mampu menyedikan berbagai wahana pesona alam yang luar biasa. Ketika berkunjung ke Geopark ini, sahabat Direktori Wisata Indonesia akan dihadapkan pada keindahan dunia yang sulit kita temukan temukan di tempat wisata Indonesia lainnya.

Hamparan batu karang hingga air terjun tersedia secara lengkap di Geopark Ciletuh ini. tidak hanya 1 atau 2 air terjun saja, namun bila sahabat Direktori Wisata Indonesia bertandang ke lokasi ini, kita bisa melihat dan menikmati hingga 10 spot air terjun cantik nan memukau di lokasi wisata indah satu ini.

Sajian panorama keindahan alam utama ketika berwisata ke Geopark Ciletuh, kita akan disajikan dengan sebuah pengalaman liburan yang unik untuk melihat batuan berusia hingga puluhan juta tahun dari dalam kerak bumi terdasar, salah satu batu yang paling jelas bisa anda lihat adalah sebuah amphiteater alam yang terbentuk secara alami akibat adanya longsor besar dengan diameter hingga mencapai 15 meter.

Dengan adanya Geopark Ciletuh ini, kita dapat menambah wawasan pengetahuan. Karena keberadaan obyek wisata Geopark di Sukabumi ini juga merupakan situs bagi adanya kejadian geologi besar yang terjadi di masa lalu yang menyebabkan lempengan-lempengan serta batuan dari dasar bumi terangkat hingga jauh puluhan kilometer ke permukaan bumi.

Hanya ada dua jalan darat untuk menuju Ciletuh yaitu melewati jalur lintas selatan Jawa Barat seperti yang kami tempuh atau lewat kota Sukabumi. Pilihan rute jalan tersebut dipilih oleh para pemandu perjalanan wisatawa kami bersama rombongan yang kebetulan berangkat dari arah Jakarta. Karena lebih tepat sih katanya. 

Namun setelah kami jalani dan berdiskusi dengan para rekan Direktori Wisata yang lainnya ternyata rute jalan mana pun yang ditempuh, tidak ada cara mudah untuk datang ke lokasi obyek wisata Ciletuh Geopark Sukabumi ini.

Dengan melewati jalur lintas selatan Jawa Barat seperti yang kami lakukan bersama rombongan, ternyata jalur ini bisa menghbur kami untuk sajian pemandangan sambil menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan yang jauh lebih menarik meski rutenya berliku dan memakan waktu sekitar 10-12 jam. Jika juga bisa singgah di sejumlah objek wisata yang dilewati seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih di Kabupaten Bandung.

Beberapa spot cantik yang bisa sahabat Direktori Wisata temukan di tempat wisata Geopark Ciletuh Sukabumi diantaranya :

Tebing Penenjoan Geopark Ciletuh Sukabumi

Lokasi tebing Panenjoan ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 250 mdpl, dan berada di Desa Taman jaya Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ciletuh Geopark Sukabumi Jawa Barat

Konon menurut Mang Ujang pemandu wisata di lokasi ini, nama “Penonjoan” berasal dari kata “tenjo” dari bahasa sunda yang artinya adalah “lihat”.

Tidak jauh dari lokasi, terdapat pula tempat yang dinamakan Paniisan, jaraknya sih hanya 100 meter dari lokasi. Kalau tempat paniisan ini sendiri disediakan sebagai tempat istirahat yang lokasi dekat dengan bendungan kecil, di mana masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan “Cekdam”. Sesuai dengan namanya “Paniisan” dalam bahasa sunda yang artinya “tempat istirahat”

Wilayah Panenjoan dan Paniiisan menjadi salah satu tempat wisata untuk melihat dan mengamati area Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) dari ketinggian, sehingga apabila kita berdiri di kedua tempat tersebut, kita bisa menyaksikan pemandangan alam Taman Bumi Ciletuh atau sekarang ini sering disebut dengan Ciletuh Geopark.

Dari titik lokasi Panenjoan Geopark Cilteuh ini, kita dapat menikmati bentangan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahakan banyak para wisatawan lokal yag datang dari luar kota, menyebut kawasan ini menjadi sisi emperan surga alam yang bersembunyi di daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Di atas tebing Panenjoan ini sudah memiliki bangunan-bangunan permanen yang khusus dibuat bagi pengunjung. Karena tebing ini sebenarnya tepi jurang dari lembah Ciletuh, jadi sudah di bangun pagar pembatas buat keselamatan pengunjung.

Di bawah tebing Panenjoan dapat kita lihat hamparan sawah dan perkampungan warga. Konon informasi yang Direktori Indonesia terima kini ada  3 desa yang terletak di bawah tebing Panenjoan tersebut, yaitu desa Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti.

Selain bisa melihat perkampungan warga di atas tebing Panenjoan, kita juga bisa melihat bentang alam berupa deretan bukit-bukit yang berjejer membentuk sebuah mangkuk berukuran setengah atau membentuk amfiteater dengan ukuran raksasa.

Selain pemandangan hijau, kita juga dapat melihat dengan jelas hampar Samudera Hindia yang membentuk Teluk Ciletuh dengan pesisir Pantai Palangpang beserta pulau-pulau kecilnya, salah satunya yaitu Pulau Mandra.

Di atas tebing Panenjoan tersebut, ketika cuaca cerah bisa disaksikan 2 buah air terjun atau curug (dalam bahasa sunda) yang cukup terkenal yaitu Curug Cimarinjung dan Curug Cikanteh.

Puncak Darma Geopark Ciletuh Sukabumi

Pemandangan Panorama Puncak Darma sangatlah eksotis terutama bagi mereka yang hobinya memotret karena disini kita bisa melihat bentangan morfologi ciletuh panorama laut teluk ciletuh dengan gradiasi warna perpaduan air laut, sungai dan Samudera Hindia yang begitu luas.

Puncak Darma geopark Ciletuh Sukabumi

Tempat ini sangat cocok bagi sahabat Direktori Indonesia yang ingin melakukan liburan sambil hunting foto.

Sabana Girimurti Geopark Cilletuh Sukabumi

Sabana Girimurti ini merupakan sebuah kawasan puncak bukit yang terdapat di dalam kawasan Geopark Ciletuh.

Bila waktu berkunjung kita tepat dengan saat musim panen, kita akan menemukan sebuah hamparan sawah dengan pemandangan padi hijua menguning yang sipa dipanen.

Sabana girimurti Geopark Ciletuh Sukabumi

Sebagai informasi tambahan, di daerah ini juga kita dapat mengenal sebuah tradisi masyarakat lokal yang masih hidup dengan bercocok tani dan menjadikan hasil padi pertanian lahan sawah mereka sebagai salah satu yang menjadi andalan.

Curug Cikanteh Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Cikanteh bisa dicapai dengan berjalan kaki dari curug Sodong. Medannya memang cukup berat karena menjanjak, bahkan kita harus melewati jembatan untuk menyeberangi sungai, menyusuri tepi sungai dan batu-batuan yang cukup licin.

Curug Cikanteh Ciletuh Geopark Sukabumi

Tapi jangan khawatir sahabat, semua rasa capek-capek setelah mendaki dan merayap di antara batu-batuan semua terbayar setelah melihat indahnya pemandangan curug cikanteh ini.

Curug Awang Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Awang merupakan curug yang paling populer di Geopark Ciletuh karena sekilas penampakannya mirip dengan Air Terjun Niagara berukuran mini.

Untuk turun ke bawah menuju curug ini sahabat Direktori Wisata harus hati-hati ya, karena medannya lumayan berbahaya karena hanya berupa tanah dan batu-batuan yang cukup licin apalagi di musim penghujan.

Curug Awang Geopark Ciletuh Sukabumi

Namun, tenang saja, karena di lokasi terdapat tali untuk berpegangan di salah satu sisinya yang bisa menjadi pegangan tangan kita saat kita turun ke lokasi, namun sebaiknya kita tetap harus tetap berhati-hati dan jaga keseimbangan agar tidak jatuh.

Kunjungi juga 10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Cimarinjung ini juga tidak kalah mempesona, obyek wisata air terjun di Geopark Ciletuh yang satu ini sudah terlihat saat kita berada di sekitaran pematangan sawah. Curug ini berada di Desa Ciemas, beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang ini cukup mudah ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kurang lebih 400 meter.

Curug Cimarinjung Geopark Sukabumi

Curug dengan ketinggian kurang lebih 40 meter yang mengaliri Sungai Ciemas ini terlihat eksotis saat menjatuhkan air aliran sungai ke dasar, ditambah aliran air yang sangat deras. Yang membuat Curug Cimarinjung ini semakin indah adalah tebing-tebing batuan raksasa yang berwarna merah kecokelatan ditambah dengan tumbuhan hijau yang menempel di sisinya.

Baca juga : Aura Eksotisme Pantai Pasir Putih di Ujung Genteng Sukabumi

Curuk Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Curuk Sodong yang menjadi salah satu obyek wisata alam air terjun yang menarik di kunjungi di kawasan geopark Ciletuh Sukabumi ini menjadi kawasan yang menarik untuk berburu foto pemandangan bagi para pecinta dunia fotografi alam.

Bahkan beberapa wisatawan asing pun mulai melirik dan menjadikan kawasan ini sebagai sasaran bikikan kamera meraka lo….

Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebagai informasi tambahan bagi rekan-rekan yang akan melakukan perjalanan jelajah wisata alam di Geopark Ciletuh Sukabumi ini, ada baiknya dilakukan persiapan fisik dan kendaraan, karena kawasan ini termasuk luas dan sulit di jelajah dalam waktu satu hari.

Bila ingin melakukan penjelajahan di kawasan ini, ada baiknya dapat menghubungi pemandu lokal yang mengetahui medan dan jalur akses lokasi setempat.

Kunjungi Kawasan Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Namun, bagi yang hanya melakukan kunjungan liburan satu atau dua hari bisa juga dilakukan, tapi tidak bisa menikmati semua obyek wisata yang ada di Geopark Ciletuh Sukabumi ini.

Sahabat bisa menemukan jasa wisata yang sekarang ini banyak menawarkan paket perjalanan menuju ke lokasi. Dan yang harus diingat, tanyakanlah segala informasi yang bisa  membuat perjalanan liburan sahabat aman dan nyaman, karena bagaimanapun juga kawasan ini masih terbilang masih alami.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :