Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Intip, Miniatur Jawa Tengah di Jakarta

Intip, Miniatur Jawa Tengah di Jakarta

/
/

Mengenal Destinasi Wisata Jawa Tengah Lebih Dekat Di Jakarta Timur

Direktori Wisata – Miniatur yang menampilkan gambaran destinasi wisata wajah budaya Jawa Tengah dengan menampilkan delapan bangunan tradisional Indonesia.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki obyek wisata yang beragam, baik wisata alam, budaya, maupun sejarah yang dilengkapi dengan beragam kelezatan destinasi wisata kulinernya yang khas.

Namun, bagi sahabat Direktori Wisata yang tidak memiliki waktu luang untuk berkunjung ke Jawa Tengah, maka kalian bisa mengenal lebih dekat potensi obyek wiata Jawa Tengah melalui miniaturnya yang ada di kawasan Jakarta Timur.

Destinasi Wisata Miniatur Jawa Tengah di Jakarta Timur

Dari pengamatan Direktori Wisata Indonesia di lokasi, Miniatur Jawa Tengah ini menggambarkan wajah budaya dengan menampilkan delapan bangunan tradisional, yakni Pendopo Agung sebagai bangunan utama, pringgitaan , tajuk mangkurat , Sasono Suko, joglo pengrawitapitan, dara gepak, rumah adat Kudus, dan panggung terbuka Ojo Dumeh

Melihat sisi sudut area Miniatur Jawa Tengah di halaman depan sebelah kanan, sahabat Direktori Wisata akan menemukan sebuah bangunan miniatur Candi Borobudur yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Jawa Tengah yang banyak di mininati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kunjungi : 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah

Dekat area bangunan Candi Borobudur miniatur ini, biasanya sering dijadikan spot foto bagi para pengunjung yang hadir di kawasan destinasi wisata miniatur Jawa Tengah. Bagi sahabat Direktori Wisata yang bisa mendapatkan momen bagus kalian bisa liburan sambil mengabadikan foto foto selfie cantik versi travel photography Indonesia.

Miniatur Candi Prambanan di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berjalan mendekati bangunan Pendopo Agung, maka kita akan menemukan sebuah bangunan miniatur Candi Prambanan yang bentuknya pesis dengan bangunan aslinya dalam bentuk versi kecil.

Miniatur Candi Mendut Jawa Tengah

Bangunan minitatur Candi mendut yang berdiri cukup megah ini, biasanya dijadikan spot foto bagi para pengunjung yang hadir di kawasan destinasi wisata minitaur Jawa tengah di kawasan Jakarta Timur.

Sedangkan untuk di sudut sebelah kiri depan pendopo, di lokasi tersebut sahabat Direktori Wisata dapat menemukan sebuah bangunan miniatur Candi Mendut.

Pendopo Agung Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, bangunan Pendopo Agung yang berada di kawasan Miniatur Jawa Tengah ini merupakan bangunan tiruan pendhapa Pura Mangkunegaran Surakarta.

Bangunan tanpa dinding beratap joglo ini di topang dengan empat saka guru berukir, dengan dua patahan atap: penangggap yang ditopang 12 saka goco dan penitih yang ditopang 12 saka rawa. Sesuai fugsi aslinya pendhapa digunakan untuk pertemuan resmi serta menggelar seni dan upacara adat. Pringitan bersambung di belakang pendhapa, beratap limas, digunakan untuk memamerkan koleksi pakaian adat.

Informasi yang Direktori Wisata Indoensia terima lebbih lanjut di lokasi, gedung serbaguna joglo pangrawitapitan ini merupakan bangunan dengan empat saka guru yang digunakan sebagai tempat gamelan jika ada pergelaran di panggung terbuka.

Bagunan ini juga biasa di gunakan sebagai tempat rias para penari atau artis yang akan pentas di panggung terbuka, bahkan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang peralatan pentas.

Bahkan tidak jarang bangunan ini juga biasa dijadikan tempat peragaan pembuatan wayang kulit, dan obyek wisata di Jawa Tengah.

Untuk area di sebelah kanan depan Pendopo Agung Terdapat bangunan tajuk mangkurat dengan empat saka guru. Bangunan model seperti ini konon diberi nama tajuk mangkurat. Hal ini dikarenakan saka guru-nya menggunakan lambang sari yang berarti hubungan mesra dan serasi antara pria dan wanita sebagai landasan yang kokoh untuk keharmonisan hidup berkeluarga . Sebagai informasi tambahan, konon yang menciptakan bentuk dan gaya bangunan ini adalah Sultan Agung.

Bangunan ini informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, dipergunakan untuk menyelenggarakan kegiatan administrasi perkantoran, perpustakaan, tempat menyimpan keleksi barang-barang antik, serta hasil kerajinanan.

Melihat sudut area sisi lain dari miniatur Jawa Tengah ini dekat Pndopo Agung, shabat Direktori Wisata Indonesia akan menemukan sebuah panggung terbuka yang menghadap ke arah utara. Konon informasi yang kai terma, panggung ini dipergunakan untuk pentas seni pada malam hari dengan kapasitas penonton 500 orang.

Kunjungi : Destinasi Wisata Yang Recommended Terdekat Dari Jakarta

Untuk lihat lebih jelasnya area destinasi wisata Miniatur Jawa Tengah ini dengan beragama fasilitas dan sarananya yang bisa dinikmati bagi sahabat Direktori Wisata saat berkunjung ke lokasi nanti, kalian dapat melihat dalam Vlog yang ada di bawah ini ya.

Untuk mengunjungi kawasan destinasi wisata Miniatur Jawa Tengah di Jakarta Timur ini ada baiknya sahabat Direktori Wisata mengikuti rute jalur akses yang terdapat di map yang ada di bawah ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :