Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Hotel Swarha Bandung, Jejak Sejarah KAA

Hotel Swarha Bandung, Jejak Sejarah KAA

Hotel Swarha Bandung, Jejak Sejarah KAA Yang Terabaikan

Direktori Wisata. – Hotel Swarha Bandung merupakan salah satu situs bersejarah yang dijadikan tempat menginap para tamu negara dan wartawan pada saat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika atau yang dikenal dengan sebutan Konferensi Bandung pada tahun 1955.

hotel-swarha-bandung

Menyusuri Jalan Asia Afrika Kota Bandung, kita dapat menemukan sebuah bangunan berlantai 5, kusam, lusuh, posisinya tepat di depan Kantor Pos Bandung, dan di berada di belakang area Masjid Agung Alun-Alun Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut informasi yang di terima Direktori Wisata Indonesia, sosok gedung bangunan tua ini adalah saksi bisu, sekaligus corong suara gaung lantangnya sepak terjang bangsa Indonesia di dunia kancah berpolitik internasional. Sebagai negara yang baru menginjakan usianya menjelang remaja, Indonesia telah mampu mencetuskan sebuah ide berlian bersama negara-negara sahabat sebagai pencetus ide seperti : Myanmar (dulunya dikenal Burma); Sri Lanka  (dulunya dikenal Ceylon); dan Pakistan untuk menyelenggarakan dan sekaligus menjadi tuan rumah untuk sebuah acara besar yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama dibidang ekonomi dan kebudayaan antar negara-negara Asia – Afrika.

[the_ad id=”13728″]

Bila menelisik fungsinya bangunan Hotel Swarha Bandung pada saat itu, bangunan ini memang hanya dijadikan tempat penginapan para tamu, dan tidak lebih dari itu. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bangunan Hotel Swarha Bandung ini memang sudah ikut andil mengukir catatan sejarah dunia yang tidak bisa dipisahkan keberadaannya dengan Gedung Merdeka yang letaknya tidak jauh dari lokasi hotel

Walau lokasi Hotel Swarha Bandung yang terlihat mepet dengan jalan raya Asia Afrika, dan berada di sudut jalan dengan tidak memiliki ruang terbuka. Namun, situs bersejarah ini bukan hanya dijadikan sebuah pajangan Kota Bandung yang tidak terawat dan dibiarkan kondisinya menjadi bangunan kumuh yang berdiri tegak yang hanya dijadikan pasar untuk lantai bawahnya di antara pemandnagn indah di area sekitar Alun-Alun Kota Bandung.

Melihat kejadian pemandangan ini, mengingatkan kita semua bahwa bangsa Indonesia yang memiliki sebuah nilai norma dan etika sebagai bangsa yang selalu menjaga dan melestariakan sebuah nilai sejarah yang diwujudkan menjadi sebuah produk Undang Undang Pelestarian Cagar Budaya. Di mana di dalam produk tersebut dijelaskan kesepakatan hasil musyawarah mufakat, “…..Untuk bangunan yang usianya lebih dari 50 tahu harus diperhatikan mengenai perawatan dan pemeliharannya……”

Terlepas dari sebuah berdebatan dan pertimbangan yang bersifat Anomali tentang keberadaan bangunan situs bersejarah Hotel Swarha Bandung dari sisi kepentingan, yang perlu diingat bahwa, bangsa Indonesia bukan sebagai bangsa yang dicap sebagai bangsa yang suka menghiyanati kesepakatan produk Undang Undang yang telah dibuat dan diberlakukan menjadi sebuah amanat yang dipegang dengan sebuah sumpah dengan nama Tuhan.

Untuk informasi lebih jelas keberadaan Hotel Swarha Bandung, kita dapat melihat di Peta Alun ALun Bandung

[arve url=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m16!1m12!1m3!1d1980.3705022008896!2d107.60747333136477!3d-6.921533705422546!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!2m1!1sAlun+Alun+Kota+Bandung!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1423022410674″ mode=”normal” align=”center” promote_link=”yes” /]

Hotel Swarha Bandung, Jejak Sejarah KAA ini hanya sebuah kisah catatan Direktori Wisata Indonesia pada saat melakukan perjalanan wisata di Kota Bandung, semoga apa saja kelak pemandangan seperti ini menjadi berubah lebih baik, dan dapat difungsikan sebagai salah satu tempat wisata sejarah yang bersifat edutaiment dan mengasyikan untuk dinikmati oleh warga dan masyarakat Bandung, bahkan para wisatawan mancanegara yang hadir di Kota Bandung. Amiiin…… []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. amiiin hehe

    • Semoga saja ya Mba….

  2. setelah membaca secara keseluruhan, nampak bahwa Hotel ini sanat bersejarah. Pertemua sekelas internasional bisa dilaksanakan disini, sungguh luar biasa.

    Sayang jauh dari tempat saya, kalau terjangkau boleh juga menengok kesana, melihat kemegahan saksi sejarah.

    • Benar Kang, Hotel Swarha syarat dengan nilai sejarahnya

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :