Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Hari Raya Nyepi Di Bali

Hari Raya Nyepi Di Bali

Hari Raya Nyepi Di Bali Wisatawan Disuguhkan Pesta Budaya Dan Tradisi

Direktori Wisata.- Menjelang hari raya Nyepi umat Hindu di Bali dari pukul 18.00 sampai 24.00 masyarakat lokal Bali yang beragama Hindu mereka berpakaian adat.

hari-nyepi-bali

Pesona budaya ini merupakan salah satu bentuk tradisi ritual Bali yang menyediakan bentuk keindahan bagi wisatawan yang berada di Pulau Dewata pada saat hari raya Nyapi berlangsung di Bali. Baik tua, muda dan anak-anak beramai-ramai mengarak ogoh-ogoh sebagai simbol Betara Kala di sepanjang jalan dan diiringi dengan tabuan gamelan tradisional.

Pada saar sehari sebelum pelaksaan perayaan hari Raya Nyapi masyarakat Bali melakukan sebuah kegiatan tradisi yang bernama “Tawur Agung Kesanga” dimana kita dapat melihat sebuah kegiatan aktivitas masyarakat yang di lakukan hanya berdiam diri.

Setelah itu masyarakat Bali melanjutkan dengan acara “Hari Persembahan Agung” yang merupakan sebuah pesta budaya tradisi masyarakat Bali yang digelar di alun-alun dan lapangan. Mereka menggunakan pakaian tradisional dan berkumpul di pusat kota untuk memainkan gamelan tradisonal, dan memberikan sesaji dalam bentuk makanan dan bunga kepada ogoh-ogoh yang merupakan boneka raksasa yang nantinya akan di arakan, setelah itu dibakar sebagai simbol dari sebuah kejahatan yang dikalahakan dengan kebenaran yang sebelumnya dilakukan doa-doa yang dipimpin oleh para tokoh agama. Kita akan memukan prosesei “ngerupuk” di daerah Bali dan sekitarnya.

Pada saat hari Nyepi, masyarakat di Hindu Bali menjalani bertapa dengan berpusa di rumahnya masing-masing datau mencari tempat-tempat yang khusuk. Mereka melakukan perenungan kehidupan, dan seluruh isi Pulau Bali terlihat sepi tanpa kegiatan apapun, tanpa penerangan apapun dan tanpa suara-suara kegaduhan. Tidak seorang pun diizinkan meninggalkan rumah. Dan bagi para wisatawan tidak diijinkan meninggalkan hotel. Bahkan pada hari ini bandara internasional Bali ditutup, dan seluruh bangunan di Pulau Bali pada malam hari harus gelap, dan tidak boleh ada api yang menyala, hanya dalam keadaan darurat saja yang diijinkan untuk menyala.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Aktifitas dibatasi untuk menghormati yang sedang melaksanakan hari Nyepi, Harus saling menghargai

  2. saya 2 kali mengalami sensasi nyepi di Bali
    benar2 cocok untuk merenungi kehidupan ini, di saat gelap gulita tanpa nyala lampu sedikit pun

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :