Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Hagia Sophia Turkey, Bukti Keserasian Islam dan Kristen

Hagia Sophia Turkey, Bukti Keserasian Islam dan Kristen

/

Bukti Kesesuaian Islam Dan Kristen di Hagia Sophia Turki

Direktori Wisata – Rupanya untuk dapat masuk di Hagia Sophia kami harus antre masuk lumayan panjang, kurang lebih 100 mtr. Tetapi untuk menyaksikan keelokan Hagia Sophia atau yang juga dikenal bernama Aya Sofya kami ikhlas mengantre. Pada akhirnya dengan bekal ticket dengan harga lebih kurang 20-an lira kami segera masuk ke bangunan monumental di Turki.

Hagia Sophia Turkey, Bukti Keserasian Islam dan Kristen

Di halaman Hagia Sophia ada Sadirvan yakni tempat untuk ambil wudhu yang sekarang ini tidak kembali digunakan. Jalan masuknya dihias dengan beberapa warisan dari bangunan awalan yang telah remuk.

Makna Nama Hagia Sophia

Nach saat sebelum masuk kami akan menceritakan mengenai Hagia sophia, bangunan ini sebagai salah satunya bangunan riwayat di Turki yang simpan sejuta narasi. Bangunan sisa mushola di Istanbul, Turki ini dahulunya ialah sebuah gereja. yang dibuat oleh Konstantius, putra Konstantin yang Agung.

Patut saja Hagia Sophia mempunyai style arsitektur Bizantium yang cantik. Hagia Shopia datang dari bahasa Yunani yang memiliki arti Holy Wisdom.

Hagia Sophia Kembali Jadi Mushola

Baru sesudah Kota Konstantinopel jatuh ke tangan Dinasti Usmaniyah pada tahun 1453, Hagia Sophia di alihfungsikan sebagai Mushola. Sahabat Tur ke Turki Saat Konstantinopel dikalahkan Sultan Mehmed II dan masuk kota itu,

Mehmed II turun dari kudanya dan bersujud sukur ke Allah, lalu ke Gereja Hagia Sophia dan memerintah menggantinya jadi mushola yang dikenali dengan Aya Sofia. Jumatnya diubah langsung jadi mushola untuk sholat Jumat.

Dan untuk sekarang ini digunakan jadi museum, kurang lebih baru pada tahun 1990-an, Pemerintahan Turki jadikan Hagia Sophia sebagai sebuah Museum yang dapat dimasuki oleh beberapa pelancong.

Walau jadi museum untuk khalayak beberapa sisa warisan gereja dan mushola tetap terlindungi rapi di situ. tidaklah aneh karena keelokan arsitekturnya Haga Sophia jadi lokasi shooting ’99 Sinar di Langit Eropa’ yang laku manis dilihat orang.

Baca juga : Lembah Pasabag Cappadocia, Liburan Negeri Dongeng Versi Turki

Kekhasan bangunan ini walau sudah dirubah jadi mushola, tidak ada peralihan menonjol arsitektur atau interior dari Hagia Sophia. Peralihan cuman berbentuk tambahan kaligrafi kaligrafi Islam dan balkon untuk tempat imam sholat.

Saat sebelum masuk kami bisa menyaksikan dari terlalu jauh satu kubah besar dan delapan kubah yang lebih kecil, arsitekturnya kelihatan menonjol dan diatur sebegitu rupa hingga terlihat demikian istimewa.

Interior Hagia Sophia

Dalam bangunan hagia Sophia, persisnya lantai dasar, sahabat Tur ke turki akan kagum dengan keelokan beberapa pilar penunjang Hagia Sophia yang sedemikian kokohnya walau sebenarnya telah berdiri semenjak 15 era kemarin.

Interior Hagia Sophia

Bukan hanya kuat, ukir-pahatan yang ada pada pilar itu juga mengagumkan detil untuk ukuran bangunan monumental benar-benar tua. Konon saat periode Bizantium,

Kaisar mendapatkan tamu pendeta-pendeta yang tiba dari Persia dan mereka kaget, takjub, dan kagum menyaksikan Hagia Sophia sampai berbicara “Kami tidak paham kembali apa kami saat ini masih ada di dunia atau ada di surga”.

Di bagian kubah kelihatan gabungan yang tidak biasa Allah dan Muhammad tetapi sisi tengahnya terpajang gambar Yesus. Dimuka ada balkon yang dipakai sebagai tempat imam pimpin shalat di saat Hagia Sophia dipakai sebagai masjid.

Disamping itu, bila menyaksikan ke atap gedung warna kuning tua itu ada lukisan Bunda Maria. Sementara di dindingnya dihias dengan kaligrafi yang cantik. dan Sisi tengah ruang di hias dengan beberapa lampu, membuat Hagia Sophia berasa istimewa dan romantis.

Sahabat Tur ke Turki Penerangan alami dari langit-langitnya yang tinggi menyinari interior Hagia Sophia sebegitu rupa seolah-olah kita bisa rasakan kembali lagi ke periode lalu. Lubuk-relung tinggi dan dinding-dinding kuno yang tebal seakan-akan pisahkan sahabat dengan hingar-bingar dunia kekinian di luar.

Baca juga : Jalan Istiklal, Jantung Kota Dan Pusat Rekreasi Istanbul

Agar semakin ketahui riwayat Hagia Sophia, sahabat tur ke turki dapat sewa audio tape mengenai beberapa situs dalam Hagia, seperti pintu khusus, tiang, beberapa gambar di tembok, kubah, dan lain-lain.

Tidak berasa kami jalan berkeliling-keliling nikmati keelokan bangunan monumental ini. Nach sahabat tur ke turki bila capek, dan ingin istirahat sesaat atau ke kamar kecil, di halaman Hagia ada toko minuman, toko kenang-kenangan, taman dengan tempat duduk dan kamar kecil.

Hagia Sophia sebagai lokasi yang tidak akan terlewatkan sepanjang perjalanan kami ini kali. Menarik kan? Yok kapanlagi sahabat tur ke turki akan nikmati salah satunya keelokan bangunan dunia.

Data Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Aya Sofya ialah sebuah bangunan sisa basilika, mushola, dan saat ini museum, di Istanbul, Republik Turki.

* Berada di : İstanbul, Turki

* Alamat: Sultan Ahmet Mahallesi, Ayasofya Meydanı, 34122 Fatih/İstanbul, Turki

* Jam membuka: Membuka Tiap Hari jam 09.00 – 17.00

* Panjang: 82 m (269 ft)

* Style arsitektur: Arsitektur Romawi Timur

* Arsitek: Anthemius dari Tralles, Isidore of Miletus.

Kerap dikatakan sebagai fenomena dunia ke-8, Hagia Sophia (Ayasofya dengan bahasa Turki) menjadi satu diantara panorama paling mengagumkan di Istanbul.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :