Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / Gumuk Pasir Parangkusumo, Object Rekreasi Alam Hits dan Modern di Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo, Object Rekreasi Alam Hits dan Modern di Jogja

/

Directory Rekreasi – Ada selalu surprise di tanah Yogyakarta dalam segalanya, dimulai dari kulineran, riwayat, dan keelokan alam. Salah satunya contoh dari pemandangan alam ialah Gumuk Pasir Parangkusumo yang sekarang ini semakin ramai didatangi pelancong. Untuk anda yang sekarang ini ada di Jawa tengah, terutamanya Jogja, tidak ada kelirunya bertandang ke tempat wisata itu supaya ketahui degan terang apa yang dapat dicicipi.


Gumuk Pasir Parangkusumo, Object Rekreasi Alam Hits dan Modern di Jogja

Dengan bahasa lokal, Gumuk memiliki makna gundukan tinggi dengan volume lumayan banyak . Maka terang sekali jika tempat wisata sebagai topik khusus ini kali sebagai gundukan pasir dengan ketinggian cukup hingga seperti bukit mini. Karena lokasinya yang ada di teritori Parangkusumo, karena itu diberi nama dengan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Proses terciptanya gumuk ini dengan alami dari letusan Gunung Merapi dan Merbabu. Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung di saat meledak pada akhirnya terikut oleh saluran Sungai Opak, Sungai Progo, dan beragam sungai yang ada di dekat gunung. Proses itu terjadi selam sekian tahun hingga pasir dengan struktur lembut itu bergabung jadi satu. Volume yang banyak itu pada akhirnya membuat gundukan yang serupa dengan sahara atau gurun pasir di Timur tengah.

Baca juga : Taman Landmark Merapi Yang Sedang Hits di Yogyakarta

Daya Ambil yang Dipunyai Gumuk Pasir Parangkusumo

Pengunjung yang tiba ke lokasi tidak langsung menghampirinya bila tidak ada daya magnet. Tiap tempat wisata tentu memiliki satu hal yang memikat dan jadi argumen mengapa pantas jadi arah alternative atau bahkan juga yang khusus. Gumuk Pasir Parangkusumo juga begitu, ada banyak daya magnet yang membuat pelancong makin bertambah banyak yang datang.

Daya Ambil yang Dipunyai Gumuk Pasir Parangkusumo

1. Keelokan Gumuk Pasir Parangkusumo

Daya magnet yang pertama tentunya dari keelokan gundukan pasir yang terjadi tempat proses alami. Dari terlalu jauh, terlihat jika kelompok pasir lembut itu seperti gurun pasir. Memiliki bentuk memanglah tidak teratur karena proses alaminya, malah dari wujud itu memperlihatkan keelokan alami dari beragam pojok.

Walau jarang-jarang banyak tanaman disekitaran lokasi, tetapi keelokannya masih tetap bisa dicicipi. Pelancong yang tiba bukan hanya melihat-lihat lokasi, mayoritas manfaatkan keelokannya untuk mendokumentasikan peristiwa berlibur. Di sejumlah titik, ada ayunan dan tempat duduk yang dibikin faksi pengurus untuk pengunjung yang ingin santai nikmati keelokannya.

2. Panorama Pantai

Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok jadikan lokasi rekreasi ini mempunyai daya magnet tertentu. Pengunjung bisa secara jelas menyaksikan keelokan pantai walau ada di Gumuk Pasir Parangkusumo. Mempunyai luas sekitaran 2KM yang menghampar dari muara Pantai Parangtritis sampai Panati Depok membuat pengunjung senang dengan proses alam yang terjadi.

Embusan angin terang dirasa untuk pelancong, begitu halnya suara deru ombak yang dekati bibir pantai. Pada sebuah lokasi, pengunjung memperoleh dua kesan berlainan dalam rekreasi alam, yaitu ada di gurun pasir sekalian pantai dengan pemandangan uniknya. Bahkan juga sampai sekarang ini, gundukan pasir unik ini cuma salah satu yang berada di Asia Tenggara.

3. Peristiwa Sunset

Banyak pelancong yang tiba ke pantai dengan arah khusus untuk nikmati keelokan matahari tenggelam. Anda bisa juga begitu saat ada di tempat wisata elok ini. Tak perlu ada di tepian pantai karena matahari yang mengundurkan diri bisa secara jelas kelihatan walau status anda waktu itu ada di gundukan pasir.

Karena lokasi itu, pengunjung bisa rasakan kesan menyaksikan peristiwa sunset seperti saat sedang ada di gurun Sahara. Keelokan Gumuk Pasir Parangkusumo makin terlihat saat matahari yang pancarkan cahaya warna orange itu sentuh gundukan pasir hingga terjadi refleksi yang tidak biasa. Beragam macam warna didapat saat ada object yang lain merintangi cahaya itu. Misalnya kebiruan karena refleksi dari awan, atau bahkan juga sedikit putih jelas dari pembiasan air laut.

Baca juga : Wisata di Gardu Action Bantul Yogyakarta

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Pengunjung yang baru pertama kalinya di Jogja, ataulah bukan masyarakat lokal tentunya susah mendapati lokasi. Oleh karenanya, yakinkan anda menulis alamat selengkapnya di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta. Kemudian, anda tinggal cari jalur yang pas ke arah tempat wisata itu. Ini karena jumlahnya akses jalan yang dapat diambil, sesuai darimanakah anda tiba.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Sebagai contoh saat anda tiba memakai kendaraan individu, silakan mengambil jalur yang ke arah Jalan Parangtriris. Teruskan perjalanan ke arah ke arah selatan sampai mendapati jembatan panjang yang ada di jalan khusus itu. Silakan belok ke kanan saat sebelum anda masuk pos retribusi dari Pantai Parangtritis. Tidak jauh dari tikungan itu, ada papan nama besar tertulis Gumuk Pasir Parangkusumo, maknanya anda telah tiba di lokasi rekreasi.

Beda hal saat anda tiba memakai kendaraan umum, di mana akses jalannya dapat disebutkan lebih gampang. Dari arah mana saja anda tiba, silakan ke arah Terminal Giwangan sebagai titik pertama untuk mendapati lokasi. Seterusnya, mengambil bis dengan jalur Parangtritis dan akan turunkan anda di terminal. Namun bisa jadi anda langsung turun di muka tempat wisata dengan menjelaskan ke pengemudi awalnya.

Baca juga : 9 Objek Wisata Kulon Progo Yang Menarik Dikunjungi Musim Liburan

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Kemungkinan anda berasumsi jika apa yang ditawari oleh Gumuk Pasir Parangkusumo mengharuskan anda untuk bayar retribusi pada harga mahal. Kenyataannya tidak begitu, bahkan juga anda dapat masuk cukup dengan bayar 10.000 rupiah untuk seseorang. Harga itu belum terhitung parkir kendaraan yang dikenai ongkos 3.000 untuk motor, 10.000 untuk mobil, dan bis sejumlah 20.000 rupiah.

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi rekreasi ini dibuka tiap hari di antara jam 0.7.30 – 18.30. Harga dan jam operasional di atas setiap saat dapat berbeda, bergantung dari peraturan faksi pengurus. Namun sudah jelas jika harga yang dijajakan benar-benar murah dibanding dengan pengalaman hebat yang hendak didapat di lokasi rekreasi itu.

Baca juga : Pesona Wisata Malam Bukit Bintang Gunungkidul Yogyakarta

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Gumuk Pasir

Kegiatan yang umum dilaksanakan pengunjung di lokasi rekreasi unik ini sebetulnya sebagai daya magnet intinya. pengunjung yang tiba bukan hanya ingin nikmati keelokannya, tetapi beragam kegiatan didalamnya. Bahkan juga ada kegiatan yang cuma dapat dilaksanakan di gumuk pasir ini. Maknanya, tempat wisata lain tidak mendatangkannya karena kebatasan sarana. Berikut kegiatan menarik Gumuk Pasir Parangkusumo yang dapat dilakukan.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Gumuk Pasir

1. Serunya Sandboarding

Pertanyaan enteng, adakah tempat wisata yang lain memberi kegiatan menarik seperti sandboarding? Pasti tidak ada, karena tempat wisata ini cuma salah satu di Asia Tenggara. Berikut yang diartikan jika aktivitas yang jarang-jarang dijumpai di lokasi rekreasi lain. cicipi serunya bermain seluncur pasir di atas papan yang bisa memicu adrenalin. Walau tidak ada salju, kegiatan papan seluncur bisa juga dilaksanakan di atas gundukan pasir.

Agar dapat nikmati permainan ini, anda diwajibkan sewa papan seluncur khusus dengan harga 70.000 rupiah. Tetapi bila ingin komplet dengan pemandu, anda diharuskan bayar sejumlah 100.000 rupiah. Harga tersebut  lebih murah dibanding pengalaman dan kesan yang hendak didapat. Selainnya papan seluncur, ada pula piranti sekuriti yang didapat gratis dan masih juga dalam satu paket persewaan papan itu.

Seluncur di atas pasir bukanlah hal yang gampang, dibutuhkan ketrampilan khusus untuk dapat mengalahkan pasir itu. Masalahnya teksturnya tidak sehalus salju yang dapat secara mudah mengeluarkan papan tanpa dorongan. Di sini, ada banyak trick khusus yang perlu didalami. Tetapi tenang, ada pemandu yang siap mengajarkan anda sampai jadi sandboarding professional.

2. Memakai Sepeda Motor Trail

Kegiatan yang lain dapat dilakukan saat ada di Gumuk Pasir Parangkusumo yakni naik sepeda trail. Seperti sandboarding, tidak gampang untuk mengalahkan jalanan pasir dengan roda bulat. Bila salah sedikit saja, sepeda motor langsung akan tergelincir. Untuk keringanan pelancong, sepeda trail itu sedikit diubah agar secara mudah berjalan pada atas pasir.

Sedikit mahal dari sewa papan seluncur pasir, anda diharuskan bayar ongkos sewa sejumlah 120.000 rupiah. Tidak ada pemandu khusus dalam masalah ini, jadi silakan belajar sendiri bagaimana mengalahkan gundukan pasir sebagai penghambat khusus dari serunya kegiatan yang anda kerjakan. Baik sepeda trail atau sandboarding, ke-2 nya bisa memicu adrenalin dan benar-benar dianjurkan untuk anda yang menyenangi rintangan.

Baca juga : Pesona Tempat Wisata Gunungkidul Yogyakarta

3. Berkeliling-keliling Pantai

Menariknya, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo bukan hanya dekat dari 1 pantai saja, tetapi ada tiga pantai sekalian yang dapat dijangkau dengan jalan kaki. Ke-3  pantai yang diartikan ialah Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, dan Pantai Cemara Sewu. Pelancong yang senang nikmati keelokan dan semua kegiatan yang dapat dilaksanakan di gundukan pasir itu bisa beralih ke pantai. Dari ke-3 nya, jarak yang terdekat sudah pasti Pantai Parangkusumo dalam jarak sekitaran beberapa puluh mtr. saja.

4. Spot Photo Memesona

Kurang komplet rasa-rasanya bila tidak masukkan kegiatan berpose saat bertandang ke gundukan pasir Parangkusumo. Bagaimana tidak, banyak spot yang dapat anda menjadikan background photo memesona. Sebutlah saja gundukan pasir serupa pekerja Sahara. Anda dapat ambil pojok yang pas supaya hasilkan photo yang cantik. Apa lagi bila anda tiba di saat senja, di mana saat itu sinaran dari cahaya matahari yang mohon pamit membuat situasi lebih elok dan romantis.

Spot yang sangat menarik ialah ada tumbuhan tua yang roboh di tengah-tengah gurun pasir. Spot itu kerap dipakai untuk duduk rileks untuk beberapa pelancong yang capek melakukan aktivitas. Karena spot nya lumayan menarik, banyak pula pengunjung yang memakainya sebagai latar belakang photo untuk dibagi ke sosial media unggulan mereka.

Baca juga : Wisata Goa Pindul Gunungkidul di Jogja

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Tiap tempat wisata yang selalu ramai didatangi tentunya memberi sarana yang ideal. Tak perlu cemas saat anda ada di Gumuk Pasir Parangkusumo karena sarananya termasuk komplet. Untuk bersihkan diri, silakan pakai toilet yang ada di pojok pinggir lokasi rekreasi. Disamping itu, ada pula tempat parkir luas yang bisa memuat beberapa ratus motor dan beberapa puluh mobil.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk anda yang tidak mau ketinggal beribadah, ada masjid yang dapat dipakai tidak jauh dari lokasi. Pengunjung yang berasa lapar tak perlu cemas, banyak warung yang jual makanan. Baik makanan berat atau enteng, semua ada pada harga dapat dijangkau. Ada pula minuman seperti teh, kopi, dan es jus yang siap hilangkan rasa haus anda.

Baca juga : Wisata Di Benteng Vredeburg Jogja

Sedikit panduan untuk anda yang memiliki gagasan bertandang ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Karena cuaca pantai atau lautan, yakinkan memakai baju yang nyaman. Sedapat mungkin tentukan warna jelas dan jauhi warna gelap seperti hitam. Janganlah lupa membawa topi atau payung untuk anda yang tidak kuat dengan cuaca panas. Sama seperti yang dijumpai, jarang-jarang sekali tempat berlindung bila anda telah datang di lokasi rekreasi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :