Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Papua / Goa Teluk Tomolo Raja Ampat: Pesona Ceruk Di Tebing Karang Yang Menjulang

Goa Teluk Tomolo Raja Ampat: Pesona Ceruk Di Tebing Karang Yang Menjulang

Direktori Wisata. – Goa Teluk Tomolo Raja Ampat merupakan ranah pesona keindaha ceruk di tebing yang menjulang tinggi di sebelah selatan. Salah satu gugusan pulau-pulau yang menyajikan beragam kaindahan burung cendrawasih, situs-situs arkeologi, geliat geologi, hutan belantara, atau gundukan karang di antara laguna.

goa-teluktomolo-raja-ampat

Pergumulan masyarakat dengan alam raya kepulauan Raja Ampat menumbuhkan imajinasi yang unik. Barisan pulau-pulau kecil yang dipahat oleh tangan-tangan alam kerap ditafsirkan secara antroposentris. Masyarakat meyakini bahwa nenek moyang telah memahat beragam bentuk pulau-pulau kecil.

Bila kita melakukan perjalanan wisata di kawasan Raja Ampat, tidaklah heran bila sebongkah pulau karang bisa ditafsirkan sebagai sepotong hati atau sebuah pohon natal. Dalam gua-gua karst, stalaktit dan stalagmit bisa memunculkan imajinasi seorng putri yang tengah termenung. Atau tetesan air yang menggerus tebing kapur mengukir lafal Alloh di atas sebuah makam Keramat di Teluk Tomolol.

Di mana keramat tersebut bersemayam seorang tokoh penyiar agama Islam di Misool dan sekitarnya. Air laut yang meneroboh di gua Keramat itu juga menyajikan sisi keindahan kepulauan Misool. Air laut yang bening mengantarkan kita hingga ke hulu gua, dengan selarik cahaya matahari yang membiru menembus langit-langit gua.

Di kawasan Goa Teluk Tomolo Raja Ampat tepat di gerbang goa  yang menganga tinggi beredar cerita mistis dari alam gaib. Konon di lokasi ini sering terdengar suara orang bermain rebana, dan suara itu terdengar cukup lama dengan suara berpindah-pindah antara samar-samar. Kita hanya dapat mendengar namun tidak bisa melihatnya. Kisah ini diceritakan oleh salah seorang pemandu wisata lokal setempat, sekaligus yang mengemudikan speedboat.

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima, di kawasan ini diingatkan agar para wisatawan atau pun pengunjung agar tidak berbuat yang macam-macam di daerah Keramat.

Konon, selain sebagai kawasan wisata alam, tempat ini juga dijadikan tempat wisata sprirtual bagi umat muslim. Keindahan gua dapat memikat banyak hati orang dari beragam budaya dan agama. Tidak jarang, pada malam Jumat para perziarah banyak yang menginap di tempa Keramat ini. Pada saat musim haji banyak warga sekitar juga menyempatkan diri untuk berziarah di tempat ini. Dan pada akhirnya banyak orang yang pada berzairah di tempat ini dari berbagai kalangan.

Di seputar Keramat Goa Teluk Tomolo Raja Ampat juga terdapa tinggalan peradaban jauh sebelum Islam menyentuh kepulauan Misool yaitu sebuah ceruk di tebing karang yang menyimpan beberapa tengkorak manusia yang gosong. Di lubang yang lain, di sepanjang tepi teluk, tergeletak kerangka manusa.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari Kepala Adat Tomolol Alfius Fadimpo yang mengisahkan, “Pada waktu itu, kala suku Mathat masih mendiami daratan besar Misool, gua-gua itu menjadi tempat menahan orang-orang dari suku lain. Mereka datang di pesisir, ditangkap, ditahan di sana samapai mati”.

“Penduduk asli Misool, suku Matbat, dikenal sebagai suku gunung yang mendiami pedalaman pulau. Dan pada saat itu para panglima untuk menunjukkan kedigdayaan dalam perang suku kerap memenggal kepala musuh atau yang disebut dengan mengayau kepala. Dan kepalanya disimpan di sna”. keterangan dari Alfius sebagai penutup penjelasan dalam menerima rombaongan kami.

Untuk berkunjung ke lokasi ini, terutama bagi para wisatawan  selalu diingatkan untuk menggunakan pakaian yang pantas. Bila tidak pantas maka tidak dapat diijinkan ke lokasi tersebut. Itulah sekilah garis besar catatan perjalanan kami pada saat menuju Goa Teluk Tomolo Raja Ampat. Semoga kisah perjalanan wisata kami dapat memberikan sebuah gambaran kepada kita semua yang akan melakukan perjalanan ke tempat destinasi wisata Raja Ampat.[].

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. Portal Berita Unik berkata:

    keren banget tempatnya

    • Tempat wisata Goa di Teluk Tomolo Raja Ampat memang keren ko Sob, yuk ke Raja Ampat.

  2. Wisata yang satu ini rada horor juga ya 🙂

    • Obyeknya memang seru untuk Goa teluk Tomolo Raja Ampat ini, dan itu hal yang wajar ko, karena yang namanya waiata di alam bebas pati kita sering menemukan tempat yang aneh seperti ini, anamanya juga masih alami. 😀

  3. terimakasih informasi Goa Teluk Tomolo Raja Ampat nya kang, ngimpi saya jadi makin kacau saking banyaknya pilihan wisata 😀

    • Indonesia memang memiliki beragam destinasi indah dan masih alami seperti kawasan wisata di Raja Ampat. Jadi lebih baik bermimpi untuk keliling Indonesia Kang. Karena Indonesia itu indah sekali. 😀

  4. tempatnya keren banget ya gan…
    tapi kayaknya ngeri-ngeri sedap deh masuk kedalam goa nya hehe

    • Masuk goa di teluk Tomolo Raja Ampat enakan siang hari gan, kalau malam hari mah lebih baik jangan. 😀

  5. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Indra Kesuma…

    Bulan Zulhijjah bulan mulia
    Disambut dengan hati gembira
    10 Zulhijjah kembali menjelma
    Tangan dihulur maaf dipinta

    Salam Aidil Adha dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

  6. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Melihat foto dari luar pintu gua di atas sahaja sudah menyeramkan apatah lagi kalau kedengaran bunyi-bunyi yang tidak terlihat bayang pemainnya. Saya sudah pernah memasuki gua di Niah, memang membuat hati risau saat mengamti dalamnya. Bagaimana orang dahulu bisa tinggal lama di dalamnya ya.

    Salam hormat selalu. 🙂

  7. Ah.. saya selalu terinspirasi dari tulisan disini… sebab kita sama2 membahas topik yang sama, sayang nya saya belum pernah berkunjung ke teluk tomolo kang… jauh banget dari rumah saya 🙁

  8. serem mas goa itu dari namanya.. apalagi ada makamnya, tebingnya curam banget ya

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :