Goa Jomblang:: Secuil Surga di Balik Hutan Purba Bantul Jogjakarta

posted in: Jogjakarta | 0

Mengejar Cahaya Surga Dari Perut Bumi Goa Jomblang di Bantul Jogja

Direktori Wisata – Goa yang menawarkan wisata petualangan goa kapur yang lengkap dengan sungai bawah tanah dan hutan purba bagi para travelers sejati saat mengisi liburan di Jogjakarta.

Jogja memiliki destinasi wisata alam yang selalu menarik perhatian bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Panorma alamnya yang indah menjadi magnet tersendiri bagi para travelers yang memiliki jiwa petualangan, apalagi bagi sahabat Direktori Wisata yang berkunjung di daerah Kabupaten Bantul Jogja yang menyimpan beragam destinasi wisata alam yang unik dan menarik untuk dikunjungi dan di jelajahi, salah satunya adalah Goa Jomblang di Bantul Jogjakarta.

Goa Jomblang Jogjakarta

Goa Jomblang menawarkan sensasi nuansa wisata petualangan di dalam goa kapur yang terbentuk secara alami yang lengkap dengan sungai bawah tanahnya dan panorma keindahan hutan purba yang ada di daerah Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta.

Lokasi alamat Goa Jomblang Jogja berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 8 km sebelah timur Kota Wonosari atau 50 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Jangan kaget ya sahabat Direktori Wisata yang akan menuju ke lokasi Goa Jomblang Jogjakarta, karena rute jalan yang akan kita lintasi dari Jogja ke Goa Jomblang harus melalui jalan yang masih tanah dan berbatu.

Perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Jogja ke Goa Jomblang ini dengan menggunakan kendaraan mobil yang harus di tempuh, waktu perjalanan ini sudah termasuk melalui jalan pedesaan yang masih tanah dan kurang rata. Berbeda seperti objek wisata alam di Jogja lainnya, waktu buka goa jomblang di Jogja yaitu pukul 10.00 pagi hingga 14.00 siang WIB.

Harga tiket goa jomblang Jogja Rp. 450.000,- / orang. Harga biaya wisata Goa Jomblang Jogja sudah termasuk sewa peralatan yang digunakan bagi setiap peserta dan juga pendampingan wisatawan saat mengikuti kegiatan wisata alam di Goa Jomblang di Bantul Jogja.

Sebagai informasi tambahan bagi sahabat Direktori Wisata jumlah wisatawan yang bisa masuk ke dalam goa jomblang dibatasi hingga 50 orang saja per harinya. Jadi bagi kita yang membawa rombongan ada baiknya tidak memaksakan diri untuk ikut masuk menjelajah pesona wisata Gunung Kidul untuk turun ke dalam goa.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari pemandu wisata lokal, Goa Jomblang merupakan salah satu goa dari ratusan konteks goa yang ada di Gunung Kidul yang terkenal karena keunikan dan keindahannya yang tidak terbantahkan lagi oleh para travelers lokal maupun mancanegara yang pernah singgal ke lokasi Goa Jomblang di Jogja.

Sebelum masuk ke dalam Goa Jomblang di Bantul Yogyakarta ini setiap pengunjung harus menggunakan perlengkapan alat-alat khusus yang memenuhi standar keselamatan caving, dikarenakan jalur masuk ke dalam goa kita harus melalui jalur masuk yang vertikal yang menggunakan tali untuk turun sekitar 60 meter ke arah bawah. Dan uniknya tenaga penariknya masih menggunakan tenaga manusia.

Ada pun alat-alat khusus yang harus digunakan bagi setiap peserta wisata Goa Jomblang di Jogja antara lain :

  • Harnes yang berfungsi untuk mengamankan seseorang dari ketinggian yang terkait oleh seutas tali carmanel
  • Tali Carmanel yaitu tali yang lentur dan mampu membawa beban hingga 75 kg.
  • Carbiner yaitu loop logam dengan gerbang dapat digunakan dalam pendakian.
  • Ascender yaitu alat mekanis yang digunakan pada tali.
  • Tali Webbing yaitu yaitu kain tenun yang kuat eperti strip yang serbaguna yang dapat dijadikan harnes, anchor, pengaman dan lainnya.
  • Helm pengaman kepala dan jga lampu penerangan.

Setelah mendapat pembekalan sedikit dari para pemandu wisata Goa Jomblang di Jogja, barulah kita turun untuk menuju ke dasar dalam mulut goa. Namun bagi sahabat Direktori Wisata yang masih ragu untuk mengikuti wisata petualangan di Goa Jomblang ini, saran kami tidak perlu takut dan khawatir. Karena kita akan disambut dengan beberapa team pemandu wisata yang telah siap menunggu kehadiran kita di bawah.

Sesampainya kita di dasar Goa Jomblang kita akan disambut dengan eksotisme hutan purba di Bantul Jogjakarta yang mengundang decak kagum setiap mata yang memandang. Disebut hutan purba karena vegetasi-vegetasi yang ada di tempat ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat tumbuh dan tidak terdapat di dataran biasa.

Konon dari cerita sejarah Goa Jomblang Jogja terbentuk goa jomblang ini dari akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun silam. Runtuhan ini membentuk sumur yang dalam istilah bahasa jawa dikenal dengan ruang. Karena itulah goa yang memiliki luas mulut sekitar 50 meter dikenal dengan sebutan Luweng Jomblang.

Perjalanan wisata Goa Jomblang Jogja dilanjutkan dengan memasuki Goa Grubuk dengan menuruni jalan yang berlumpur menuju zona gelap abadi yang berlokasi di dalam goa. Setelah menyusuri jalan di dalam kegelapan goa sepanjang sekitar 300 meter, kita akan menemukan sebekas sinar. Pada titik spot inilah bila kita beruntung kita akan menemukan pilar cahaya dengan garis tegas yang disebut sebagai cahaya surga.

Goa Jomblang Jogja

Pada perjalanan menuju obyek wisata alam unik Jogja di Goa Jomblang inilah kita akan sadar bahwa karunia yang diberikan Tuhan kepada Indonesia ini begitu indah dan sempurna sehingga kita dapat memiliki sekeping surga yang tersembuyi di balik hutan purba di kawasan Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta.

Cahaya surga yang ada di Goa jomblang Jogja ini merupakan spot unik menarik dikunjungi yang banyak diperbincangkan banyak orang baik di dalam maupun luar negeri. Namun sebenarnya goa ini bernama Goa Grubug, hanya saja orang lebih mengenal dengan sebutan nama Goa Jomblang. hal ini disebabakan nama Goa Jomblang itu sendiri merupakan pintu spot yang menjadi pintu masuk dari tempat asal keberangkatan kita menuju spot terakhir.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan panorama alam cahaya surga yang berada di Goa Jomblang di Jogja ini adalah pada saat musim kemarau dan sekitar pukul 12.00 siang hingga pukul 13.00 WIB, setelah itu kita sudah tidak dapat menyaksikan eksotisme serpihan caha surga dari dasar goa.

Selain cahaya surga di tempat wisata unik di Goa Jomblang Jogjakarta ini kita juga dapat menyaksikan keindahan pemandangan yang terdapat di dalam goa, dimana bebatuan purba yang dipadu dengan deram kali suci yang mengalir di bagian dasar goa. Di tempat ini pun kita bisa merasakan air tanah yang tidak pernah berhenti ketika mendonga terpana takjub seakan tidak mampu membuat diri ini mengucapkan kata-kata melainkan hanya ucap syukur bahwa panorama alam yang indah ini bisa disaksikan di indonesia yang memiliki beragam tempat wisata unik dan menarik yang tersebar luas di negeri khatulistiwa ini.

Pesona alam yang ditawarkan di objek wisata alam Goa Jomblang dan ditambah medan yang menantang, menjadi detinasi wisata unik di Indonesia yang menggoda para travelers sejati dan pecinta alam untuk singgah ke tempat wisata petualangan yang dapat menguji adrenalin pengunjungnya.

Cara mengunjung Goa Jomblang, sahabat Direktori Wisata bisa datang menggunakan kendaraan mobil untuk sampai ke lokasi Goa Jomblang di bantul Jogjakarta. Kita dapat menggunakan peta petunjuk untuk mengantarkan kita ke lokasi dari tempat pemberangkatan.

Percayalah sahabat, destinasi wisata Goa Jomblang di Jogja ini sangat indah. dan di tempat wisata Jogja ini kita dapat merasakan sensasi petualangan yang menakjubkan dan masih alami. Yang tidak kalah menariknya, kita akan diajak menelusuri setiap jengkal kepingan surga yang terdapat di daerah Goa Jomblang Jogjakarta.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.