Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

/

Direktori Wisata – Butiran pasir bak merica itu berasa hangat. Menenggelamkan sementara telapak kaki di bentangan pasir memiliki warna putih gading itu seakan tengah terapis. Telapak kaki berasa santai seakan dipijat di tumpukan pasir.

Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Gak cuma hanya itu, pantai yang miring bersama air yang bening di bawah langit biru jelas, membikin semua kepenatan raib disapu angin laut.

Gili Kondo benar-benar bukanlah sekedar tempat berliburan, namun juga jadi posisi yang sesuai buat mengembalikan badan serta ingatan yang udah letih.

Berada di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Gili Kondo adalah salah di antara satu dari sejumlah pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini bersebelahan dengan Gili Bidara, serta dekat sama Gili Lampu serta Gili Kapal.

Gili Kondo relatif belum termasyhur ketimbang Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air serta gili-gili (pulau kecil) yang lain di Pulau Lombok. Tidak aneh, apabila gili ini sepi dari pengunjung serta masih perawan. Bila ada pengunjung, cuma penduduk lokal serta sejumlah turis luar negeri saja.

Namun malahan disinilah daya magnet Gili Kondo. Alamnya masih perawan serta jauh dari keriuhan menjajakan sejuta surprise buat siapa sajakah yang hadir. Sampai pulau ini dapat berasa jadi punya personal.

Pulau kecil ini tak sukar digapai. Dapat dicapai dari Mataram (Lombok Barat), Selong (Lombok Timur) atau dari Lapangan terbang Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah. Akan tetapi sebab gili ini belum terkenal serta tak ada iklan yang spesial mempromokannya, jadi turis semestinya bertanya posisi Sambelia, anyar bertanya terkait Gili Kondo.

Jalanan tuju pulau surga yang terselip ini termasuk mulus. Walaupun tidaklah terlalu lebar, akan tetapi aspalnya licin serta dikempit pohon-pohon lebat di sebelah kiri kanan jalan. Situasi jalanan yang sepi dari berseliweran kendaraan, membikin siapa-siapa saja yang lewat jalanan ini merasai keamanan, kesejukan, serta ketenangan.

Ditambah lagi tiap-tiap titik perjalanan memberikan panorama tidak sama. Di satu titik kita dapat saksikan kaki Gunung Rinjani yang hijau rimbun, serta di titik yang lain kita dapat lihat rimba yang disanggupi pohon jarang dengan akar serta tangkai pohon yang besar serta tinggi melambung. 2 buah pohon tampak bersatu serta sama sama berangkulan.

Di titik lain, dari celah pohon-pohon, kita dapat lihat bentangan laut biru yang tenang dengan perahu-perahu nelayan yang bertopang di pinggirnya. Ada titik yang perlihatkan berseliweran kapal penyebrangan dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa.

Lokasi ini pun aman serta penduduknya ramah-ramah, maka turis gak penting risau bakal mendapat problem atau sesat jalan.

Apabila perjalanan dari Pringgabaya, Lombok Timur, jadi letak Gili Kondo sebelumnya Gili Lampu serta ada dalam sisi kanan jalan. Penting fokus lihat papan arahan ditepi jalan. Dikarenakan, papan arahan tuju Gili Kondo cuma papan putih kecil serta dicatat seadanya. Apabila sukar mendapatkan jalan tuju Gili Kondo, tak boleh malas ajukan pertanyaan pada penduduk seputar.

Demikian lihat papan arahan ditulis penyebrangan ke Gili Kondo, jadi di sanalah jalan tuju gili surga ini. Jalan masuknya berwujud gang serta belum beraspal. Seusai melintasi gang kecil itu seputar 200 mtr. serta membelok ke kiri, kita lantas langsung dapat lihat bentangan pasir pantai.

Baca juga : Destinasi Pantai Tanjung Aan, Pasir Unik Dan Berkhasiat di Lombok

Pantai ini yang memiliki nama Padak Guar. Dari sini pengunjung naik perahu buat tuju Gili Kondo serta gili-gili lain disekitarnya.

Melintas di Padak Guar

Walaupun selaku perantara, Pantai Padak Guar amatlah elok. Lengkungan bibir pantai tampak terang. Ombak-ombak kecil menghantam air laut bening di atas bentangan pasir putih. Sepanjang mata menyaksikan, air laut biru jernih dipayungi langit yang gak kalah biru dengan gumpalan-gumpalan awan putih bersih.

Nun jauh di akhir laut, tampak gundukan-gundukan kecil. Tersebut Gili Kondo, bersebelahan dengan Gili Bidara, Gili Lampu, serta sejumlah gili yang lain.

Di bibir Pantai Padak Guar, bertopang perahu-perahu nelayan tunggu penumpang yang pengin menjajahi. Di lengkungan bibir pantai yang lain, tampak pancing-pancing penduduk berderet mengumpan ikan. Sedikit Memutar tubuh ke samping serta belakang, tampak Gunung Rinjani berdiri tangguh. Seperti lukisan, dalam sebuah tempat kita dapat saksikan 2 panorama sekalian, gunung serta pantai.

Di Padak Guar, ada sejumlah warung kecil yang menjajakan snack serta sewakan alat snorkeling. Di sini ada juga sumur air tawar, tempat mencuci tubuh seusai mandi di pantai.

Ticket penyeberangan ke Gili Kondo siap di koperasi nelayan. Tidak sekedar menjajakan ticket perahu ke Gili Kondo, namun koperasi nelayan pun menyiapkan paket liburan keliling sejumlah gili ialah Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Lampu, serta Gili Kapal. Harga tiketnya pastinya tidak sama.

Buat Maksud Gili Kondo saja, diantarkan kemudian dijemput sore harinya, ticket per penumpang Rp 25.000. Jarak penyeberangan dari Padak Guar ke Gili Kondo memanfaatkan perahu nelayan seputar 10 hingga 15 menit.

Pada musim panas atau di tengah tahun, ombak laut tenang, airnya jernih maka di atas perahu kita tetap bisa saksikan dasar laut. Cuaca yang ceria pun memberikan panorama langit yang fantastis.

Dari terlalu jauh di atas perahu, kelihatan gundukan 2 pulau kecil yang diputari pasir putih. Bertambah dekat bertambah terang tampak Gili Kondo yang bersebelahan dengan Gili Bidara.

Mesin perahu lantas melamban, serta tiba waktunya menjejakkan kaki di Gili Kondo. Turun dari perahu, kita langsung disongsong air laut yang paling jernih. Di dataran tampak papan nama ditulis ‘Selamat Hadir di Gili Kondo’.

Baca juga : Pesona Pantai Kuta Mandalika Lombok, Dan Sejarah Legenda

Pulau kecil gak mempunyai penghuni ini dikatakan Gili Kondo, sebab kata penduduk di tempat, pulau ini dahulu jadi sarang burung (kondo) yang besar. Pohon-pohon lebat tumbuh di atas pasir putih, ada bale-bale serta warung kecil yang seluruhnya dibikin dari ruang bambu serta beratap jerami.

Kejadian Gili Kapal

Tak sekedar mandi serta berenang, berbagai hal yang dapat dikerjakan di Gili Kondo. Dimulai dengan jalan kaki telusuri pulau, memandang langit yang jernih, cari terumbu karang mati yang jarang serta masih elok seperti karang memiliki warna merah, lihat nelayan lokal menangkap ikan, snorkeling lihat beragam ikan hias serta terumbu karang masih terjaga, serta saksikan kejadian Gili Kapal.

Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Gili Pasir atau Gili Kapal ini berada di tengahnya lautan serta cuma tampak waktu air laut kering. Waktu air kering, bakal tampil gundukan pasir putih mirip kapal kecil maka dikatakan Gili Kapal. Waktu sore saat, sewaktu air mulai pasang, perlahan air laut sapu pulau kecil ini serta menenggelamkannya, lalu raiblah gili ini.

Siapa-siapa saja dapat menjejakkan kaki serta merasai halusnya pasir Gili Kapal. Buat tuju Gili Kapal serta merasai kesan berdiri di tengahnya laut, kita cukup memutuskan paket keliling gili waktu ingin menyeberang di Padak Guar. Rasakan begitu mengagumkannya berdiri sendirian di tengahnya laut.

Sewaktu air laut kering, dari Gili Kondo kita dapat juga melintas ke Gili Bidara dengan cuman jalan kaki. Terletak cuma seputar 500 mtr. dari Pantai Timur Gili Kondo. Ini pun jadi pengalaman yang gak bakal terabaikan, menyebrangi lautan tuju dataran yang lain dengan cuman jalan kaki.

Baca juga : Desa Wisata Budaya dan Sejarah Di Kabupaten Lombok Tengah

Di Gili Kondo, tidak semuanya air laut berasa dingin. Di sebagian titik yang air lautnya kering, kita dapat cari kolam-kolam kecil serta rendam didalamnya. Air lautnya berasa hangat dengan panorama padang lamun atau padang rumput di laut, serta terumbu karang di seputar kita. Terkadang ikan hias serta bintang laut hadir merapat.

Pasir Merica

Apabila pengin merasai terapis gratis pasir laut, kita dapat cari sisi pantai yang pasirnya bundar seperti merica. Tak seperti sejumlah pantai yang lain, Gili Kondo benar-benar miliki 2 macam pasir, ialah pasir lembut serta pasir bundar besar. Di satu titik kita dapat menemui pasir putih yang paling lembut, sementara di titik yang lain kita dapat mendapat pasir merica.

Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Di pasir merica berikut ini kita dapat menenggelamkan kaki ke dalamnya serta nikmati butir-butir pasir yang seakan memijit kaki. Gak jauh dari pasir merica ini ada gundukan karang yang udah mati. Beragam karang bertingkat di dalam tempat itu. Apabila pengin cari karang-karang antik, perlu diingat memanfaatkan alas kaki.

Buat yang kegemaran snorkeling, berikut ini tempat terhebat saksikan panorama bawah laut yang fantastis. Berbagai variasi ikan hias serta terumbu karang memiliki warna warni begitu ringan didapati di perairan yang tidaklah terlalu dalam ini. Alat snorkeling dapat dikontrak di sejumlah warung ditepi pantai atau di perahu nelayan, di harga yang paling bisa dijangkau.

Suka menjajahi Gili Kondo, kita dapat menyeberang ke Gili Bidara. Tidak sama dengan Gili Kondo yang tak mempunyai penghuni, di Gili Bidara, walaupun bentuknya lebih kecil dari Gili Kondo, akan tetapi di tempat ini terdapat perkampungan masyarakat.

Dari Gili Kondo serta Bidara, kita dapat menyambung perjalanan ke Gili Lampu. Berikut ini pulau yang memberikan panorama rimba bakau fantastis. Berperahu telusuri rimba bakau di dalam tempat ini seakan ada dalam Sungai Amazon.

Gili Lampu pun adalah surga buat banyak penggemar snorkeling. Disamping terumbu karang yang elok, di pulau iini pula banyak berkeliaran ikan-ikan elok seperti rekanan angle fish serta ikan badut. Sembari menjajahi tiga gili, kita dapat saksikan keperkasaan Gunung Rinjani.

Suka menjajahi kumpulan gili, kita dapat menyambung perjalanan tuju Pantai Obel-Obel atau berlanjut ke Gunung Rinjani. Di gunung berapi paling tinggi ke-2  di Indonesia ini, pengembaraan ke-2  siap mulai.

Berbagai hal yang dapat dieksploitasi, dimulai dengan perkampungan kuno Sasak Bayan, air terjun bersama air seperti air beras di tengahnya Rinjani, kolam air panas yang memiliki nama Ai Kalak, lembah yang berisi kampung yang memiliki nama Sembalun, sampai Danau Segara Anak, serta tentulah pucuk Rinjani.

Alam Pulau Lombok yang fantastis. Dalam sebuah tempat, kita dapat nikmati dua daya pikat alam sekalian, daya pikat bahari serta pegunungan yang dihangati keramahan masyarakatnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :