Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Gereja Blenduk: Eksotisme Negeri Netherland

Gereja Blenduk: Eksotisme Negeri Netherland

Gereja Blenduk: Eksotisme Negeri Netherland

Direktori Wisata.-  Menjelajah kawasan Kota Lama Semarang kita akan menemukan nuansa kota kecil Netherland. Bangunan dengan gaya arsitektur bergaya eropa dengan tiang-tiang pemancang yang besar dan tinggi serta lekukan bidang eksagonal yang menawan dapat menghadirkan nuansa negeri Eropa di tanah bekas Kesultanan Demak yang berada di Kota Semarang.

Dimanapun benih kantong komunitas disematkan, kehadiran tempat peribadatan seakan tidak boleh luput dari kegiatan keseharian mereka di tempat ini. Sringkali pembangunan wilayah keagamaan menjadi ciri khas dari titik pusat suatu kota yang didiami  oleh komunitas tertentu.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, sekitar 3 abad silam, Gereja Blenduk yang berada di jantung The Little Nertherland juga menjadi tempat konsentrasi kegiatan keagamaan pada komunitas elite Belanda. Orang Belanda  dulu menyebutnya sebagai Koepelerk yang dalam bahasa Indonesia berarti berkubah. Sedangkan untuk nama “Blenduk” disematkan oleh bangsa pribumi, karena dari bentuknya atap gereja yang menggelembung.

gereja-blenduk

Selidik demi selidik di lokasi, ternyata hingga saat ini nama perancng utama yang mendirikan Gereja Blenduk yang didirikan pada tahun 1753 ini masih simpang siur. Dan ternyata bangunan gerje tua ini telah mengalami perombakan total pada tahuan 1894 dari desain semula dari rumah panggung Jawa hingga berparas cantik seperti neociassical archhitecture seperti sekarang ini yang terdapat di Tempat Wisata Kota Semarang.

Sedangkan untuk bagian kubah Gereja Blenduk dilapisi logam yang dibentuk oleh rangka kayu jati sebanyak 4 pilar yang tegak melingkar di muka gereja. Sejenak kita terpikir akan sebuah khayalan ke sebuah kuil Parthenon di Akropolis Yunani, hanya saja pilar-pila di gereja Blenduk berukuran lebih kecil, dan jumlahnya lebih sedikit dari kuil Parthenon.

Menikmat pemandangan arsitektur Gereja Blenduk yang berhadapan dengan jalan Let jend Suprapto, Kota Semarang yang dulunya dikenal dengan Heeren Straat akan dapat membawa diri kita untuk larut dalam sebuah negeri kecil Netherland di masa lalu.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

10 Comments

  1. Walau sudah tua, bangunanya madis tampak indah dan kokoh, Pak Indra…

    • Benar Mba Gereje Blenduk walau termasuk bangunan tua namnu tetap terlihat indah.

  2. bangunan nya bener bener eksotik ya mas, tapi letak nya jauh banget di neterland, jadi hanya bisa lihat gambar foto nya aja deh 😀

    • Ini di Semarang ko Mba, hanya nuansanya saja yang seperti Netherland. 😀

  3. selain bentuknya yang masih eksotik, namanya juga eksotik mas 🙂

    • Benar sih Mas, Gereja Blenduk memenag terlihat Eksotis 😀

  4. Padahal di semarang ya, tapi bangunannya seperti di eropa.. Peninggalan yang bersejarah nih..

    • walau terlihat tua bangunan Gerje Blenduk ini ada di Semarang loh mas. 😀

  5. Bangunannya masih tampak kokoh ya kang, padahal di buatnya sudah lama sekali tahun 1753.

    • Bangunan Gereja Blenduk yang buatan tahun 1753 sudah direnovani habis Kang, itu hasil buatan perombakan total yang dibangun tahun 1894 ko. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :