Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jambi / Gentala Arasy, Menara Jam yang Iconic di Kota Jambi

Gentala Arasy, Menara Jam yang Iconic di Kota Jambi

/

Directory Rekreasi – Gentala Arasy sebagai menara jam dengan tinggi 80 mtr. sebagai landmark kota Jambi, ada dekat dari Jembatan Pedestrian. Menara istimewa ini mempunyai museum budaya dan mini bioskop untuk penyiaran film dokumenter.

Gentala Arasy, Menara Jam yang Iconic di Kota Jambi

Saat Anda liburan ke Kota Jambi karena itu perlu untuk Anda berkunjung tempat rekreasi yang namanya Gentala Arasy. Tempat ini sebuah museum budaya yang cukup terkenal sebagai salah satunya lambang Islam di daerah Jambi. Museum ini disahkan di tanggal 28 Maret tahun 2015.

Menara Gentala Arasy dibuat di daerah Jakarta budaya yang ada di kota seberang dan menjuru ke tepian sungai Batanghari. Museum itu jadi rumah untuk beberapa ratus koleksi beberapa benda monumental yang sudah jadi saksi bisu atas perjalanan Islam di Kota Jambi.

Menara ini dikatakan sebagai salah satunya icon baru dari kota Jambi. Menyengaja dibuat dengan arah untuk makin mengangkat rekreasi kota itu. Dengan rekreasi yang semakin optimal, diharap nanti bisa menggerakkan berlangsungnya kemajuan ekonomi di wilayah sekitaran, dan dapat mengenali nilai-nilai riwayat Jambi.

Baca juga : 10 Foto Keelokan Masjid At-Thohir, Rekreasi Religius Baru di Kota Depok

Daya Ambil yang Dipunyai Gentala Arasy

Sebagai salah satunya tempat rekreasi tentu saja Gentala Arasy mempunyai daya magnetnya sendiri, hingga sanggup untuk membikin beberapa pelancong tiba untuk bertandang. Daya magnet yang dipunyai itu diantaranya yakni:

Daya Ambil yang Dipunyai Gentala Arasy

1. Jembatan Pedestrian

Hal yang membuat menderita jam ini menjadi satu diantara tempat rekreasi yang unik ialah karena ada jembatan pedestrian yang ada pas ada di belakang museum ini. Jembatan itu dikenali dengan panggilan Titian Arasy.

Titian Arasy memang menyengaja dibikin oleh pemda buat menganakemaskan orang berjalan kaki agar nikmati situasi disekitaran museum dan sungai. Jembatan ini mempunyai ukuran imut dengan panjang 5000 m dan lebar 4,5 m saja.

Jembatan Pedestrian

Tetapi karena jangan ada kendaraan yang lewat melalui jembatan ini, tentu saja jalan kaki di jembatan itu akan sangat terasa aman serta nyaman.

Jembatan ini menyambungkan museum dengan wilayah yang ada di seberang sungai hingga mempunyai wujud sama huruf S yang disimpulkan sebagai simbol pada rasa sukur ke Tuhan yang maha esa.

Ada dua tiang pancang pada jembatan yang bermakna sebagai kesetimbangan hidup atas kehadiran wanita dan lelaki. Gentala Arasy juga kuat dengan nuansa islami, baik itu dalam sisi arsitekturnya atau dari sisi sejarahnya.

Museum ini lebih banyak menceritakan riwayat mengenai mengembangnya Islam di daerah kota Jambi. Ada juga Alquran yang mempunyai ukuran besar dalam museum itu.

Baca juga : Dusun Kete Kesu, Tujuan Rekreasi Keramat di Tana Toraja

2. Design Menara yang Menarik

Gentala Arasy ialah museum budaya yang berada di pinggir sungai Batanghari Jambi. Berdasar pernyataan dari masyarakat sekitaran sesungguhnya nama Gentala Arasy diambil dari 3 suku kata yang lain, diantaranya yakni genta yang memiliki arti suara, tala yang memiliki arti kesesuaian dan arasy yang maknanya memancar ke langit.

Design Menara yang Menarik

Hingga keseluruhannya bisa disimpulkan jika Gentala Arasy sebagai bunyi yang sesuai dan memancar sampai ke langit. Bunyi yang diartikan di sini yakni bunyi dari sebuah lonceng Gentala yang mana mengeluarkan bunyi sebagai pertanda waktu sholat fardhu kaum muslim.

Menara jam ini mempunyai ukuran tinggi capai 80 mtr. warna kuning dan hijau. Pada bagian pucuk ada sebuah jam besar yang bisa disaksikan dari terlalu jauh. Menara ini hampir sama dengan landmark satu wilayah.

Tempat rekreasi ini banyak juga memberi pembelajaran ke Anda yang bertandang berkenaan riwayat dari kota Jambi. Segi riwayat itu diperlihatkan lewat museum dan bioskop mini yang ada di dasar menara dan menyiarkan bermacam beberapa film riwayat.

3. Museum Mini

Museum ini yang ada di Gentala Arasy mempunyai koleksi yang lumayan menarik untuk disaksikan. Koleksi itu diantaranya yakni kitab-kitab kuno Islam dan naskah-naskah kuno.

Ada beberapa benda monumental Islam misalnya jubah, sabuk, tasbih, sorban, uang logam kuno, gelas, mangkuk, rompi dan lain-lain yang disebut pemberian dari beberapa ulama-ulama besar.

Dalam pada itu pada bagian halaman menara, Anda bisa juga mendapati relief dua dimensi yang memvisualisasikan perjalanan mengenai perjalanan Islam. Di atas bangunan menara itu ada jam memiliki ukuran besar yang mana adopsi menara jam yang ada di kota Mekah.

Di sekitar menara ada kios-kios yang disebut sentral rekreasi, hingga bisa menyajikan bermacam kulineran ciri khas untuk beberapa pelancong yang tiba bertandang ke kota Jambi.

Baca juga : 5 Tempat Rekreasi Di London, Unik, Yang Romantis Di Ibu Kota Inggris

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Gentala Arasy

Tempat wisata Gentala Arasy ada di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Lebih persisnya yakni ada di muka rumah dinas gubernur Jambi dan ada tepat di samping mall WTC.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Gentala Arasy

Warga di tempat menyebutkan tempat itu dengan panggilan ‘ancolnya Jambi’. Untuk capai tempat itu dirasakan sangat gampang, hal tersebut karena lokasi ada di pusat perkotaan dan tidak ada jauh dari lapangan terbang Sultan Thaha Jambi hingga dengan demikian akses sangat gampang.

Ada banyak jenis model transportasi yang dapat digunakan, misalnya bis, angkot, taksi lapangan terbang atau ojek.

Salah satunya hal yang paling menyenangkan untuk beberapa pelancong yang bertandang ke arah tempat ini yakni Anda tidak dikenai ticket masuk. Karena agar bisa berkunjung tempat iconic ini tidak dikenai ongkos sama sekalipun. Kemungkinan nanti Anda cuma membutuhkan uang untuk beli jajan yang berada di sana.

Baca juga : Woody Park, Tujuan Rekreasi Pembelajaran dan Wisata Favorite di Balikpapan

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gentala Arasy

Ada beberapa macam kegiatan bagus yang dapat Anda kerjakan di tujuan rekreasi ini. Beberapa aktivitas itu diantaranya yakni:

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gentala Arasy

1. Santai

Anda dapat tiba sekedar untuk santai Gentala Arasy. Jalan-jalan dengan rileks sejauh jembatan. Di tempat sekitaran Anda bisa mendapati tempat duduk untuk beberapa pelancong yang tiba dan ingin istirahat. Tempat duduk yang ada lumayan banyak, hingga Anda dapat santai dan istirahat sepuasnya.

Pada tempat itu Anda akan mendapati banyak anak-anak muda yang bertandang, umumnya pada mereka akan tiba sekedar untuk menyaksikan panorama dan habiskan waktu sekalian menyesap es tebu dan jagung bakar.

Tetapi tidak cuma anak muda saja, Anda bisa juga mendapati banyak keluarga yang tiba ke arah tempat ini. Saat Anda tiba bersama dengan anak-anak, Anda dapat membuat mereka berbahagia dengan permainan yang berada di sana.

Misalnya persewaan skuter dan sebagainya yang paling disukai oleh anak kecil. Oleh karena itu tempat rekreasi ini benar-benar pas untuk didatangi baik untuk Anda yang masih terbilang muda atau yang telah memiliki keluarga.

Baca juga : Tiara Water Park, Rekreasi Air Favorite Gorontalo dengan Bermacam Sarana Hebat

2. Photografi

Untuk Anda yang hoby dalam photografi juga pas untuk tiba ke arah tempat yang ini. Anda dapat tiba saat senja. Karena ketika itu Anda akan mendapati pemandangan yang demikian cantik di lokasi ini.

Photografi

Kombinasi di antara bentangan langit merah jingga yang berpijar, bersatu dengan sungai-sungai Batanghari yang tidak pernah sepi oleh kegiatan perahu kecil akan makin menambah panorama berasa cantik dan syahdu.

Atau Anda bisa juga tiba di waktu malam hari saat banyak kemilau lampu, hingga makin memberi dampak menarik di hasil photografi Anda. Banyak tersedia spot yang dapat Anda pakai pada tempat ini . Maka tidak perlu sangsi untuk tiba dan mendokumentasikan peristiwa di Gentala Arasy.

Menara ini mempunyai sebuah lift yang memungkinkannya untuk Anda untuk nikmati panorama kota Jambi dari ketinggian sekitaran 80 m. Panorama paling bagus yang dapat Anda saksikan yakni sungai Batanghari yang saat makin malam akan terlihat makin elok.

3. Nikmati Kulineran

Di Gentala Arasy selainnya Anda bisa seberang, jalan kaki, jogging maupun menyaksikan perahu, ada aktivitas menarik yang lain dapat Anda kerjakan pada tempat itu.

Aktivitas itu yakni nikmati kulineran ciri khas Jambi. Pada bagian ujung jembatan Anda akan mendapati pusat rekreasi kota Jambi, di sanalah ada berbagai macam warung makan dan pertokoan.

Anda bisa coba gulai kepala kakap, tekwan, ikan bawang goreng dan beberapa kulineran ciri khas yang lain yang tentu saja sanggup mengunggah hasrat Anda. Dengan tiba ke arah tempat ini rasa lapar Anda akan betul-betul dapat terselesaikan dengan bermacam makanan sedap dan murah.

Baca juga : Taman Alam Lumbini, Taman Rekreasi Hits dengan Tiruan Pagoda Shwedagon di Karo

Sarana yang Ada di Gentala Arasy Jambi

Sebagai salah satunya tempat rekreasi yang terkenal di kota Jambi, tentu saja sarana yang dipunyai oleh Gentala Arasy cukup komplet dan mencukupi. Anda dapat mendapati warung makan yang tersedia banyak, beberapa tempat untuk santai, masjid dan toilet.

Sarana yang Ada di Gentala Arasy Jamb

Tetapi sayang pada tempat ini belum disiapkan tempat sampah umum, karena itu benar-benar rawan untuk beberapa pelancong yang tiba dan buang sampah asal-asalan. Oleh karena itu untuk Anda yang tertarik untuk berkunjung menara jam ini diharap tidak untuk buang sampah asal-asalan.

Selainnya hal itu bisa menghancurkan panorama, dapat menjadi penyebab pelancong lain untuk ikuti sikap jelek yang sudah buang sampah asal-asalan itu.

Baca juga : Watu Langit, Spot Terbaik untuk Santai Nikmati Cantiknya Alam Kota Jogja

Tersebut barusan pembahasan komplet Gentala Arasy berkenaan apa daya magnetnya, kegiatan yang dapat dilaksanakan, lokasi dan jalur, harga ticket dan sarana yang dapat diketemukan di situ. Untuk Anda yang kebenaran bertandang ke kota Jambi, karena itu harus untuk Anda berkunjung salah satunya icon rekreasi di kota itu. Dengan tidak diterapkannya ticket pasti membuat Anda tidak rugi saat memilih untuk berkunjung rekreasi itu. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :