Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Klungkung / Gala-Gala Underground House, Object Rekreasi Hebat Nusa Lembongan Bali

Gala-Gala Underground House, Object Rekreasi Hebat Nusa Lembongan Bali

/

Gala-Gala Underground House, Object Rekreasi Hebat Nusa Lembongan Bali. Gala-Gala Underground House salah satunya tempat wisata unik berbentuk rumah bawah tanah di Nusa Lembongan, Bali. Rumah hasil kreasi Mangku Byasa yang di inspirasi dari narasi Pandawa dalam Epos Mahabarata.

Gala-Gala Underground House, Object Rekreasi Hebat Nusa Lembongan Bali

Tujuan rekreasi yang penuh akan elemen magic itu ada di wilayah Klungkung pesisir sekitaran Pulau Bali. Sama seperti yang telah banyak orang kenali, jika ada rangkaian pulau yang berada di sisi tenggara Pulau Dewata. Keelokan beberapa pulau itu tidak kalah dari pulau khusus propinsi itu.

Kepulauan Penida cukup populer sebagai tempat liburan untuk mereka yang termasuk kelompok menengah ke atas. Hal itu karena beberapa dari tempat wisata dan semua fasilitasnya yang paling komplet dan eksklusif. Tidak sangsi bila tempat itu banyak juga dikuasai oleh wisatawan yang dari luar negeri.

Tetapi, ini cukup berlainan dengan salah satunya rangkaian pulau itu. Di bagian utara, ada Pulau Lembongan yang tawarkan pemandangan yang termasuk masih alami. Di situ ada sebuah goa bikinan yang sarat dengan cerita dibaliknya. Goa Gala-Gala sediakan bermacam hal bagus yang dapat dirasa oleh siapa saja yang berkunjung ke situ.

Baca juga : Sharma Springs Bamboo House, Tempat Bermalam Unik di Ubud Bali

Daya Ambil yang Dipunyai Gala-Gala Underground House

1. Pahatan Unik Bebatuan Kapur

Ini sebagai suatu hal yang demikian menonjol kelihatan di semua segi tempat wisata itu. Bebatuan yang membuat tempat itu sebagai elemen kapur yang berada di sekitaran pulau yang mempunyai luas lebih kurang 8 km persegi itu. Argumen kenapa pilih tipe bebatuan itu karena kapur lumayan gampang dibuat dan mempunyai penampilan yang cukup cantik.

Daya Ambil yang Dipunyai Gala-Gala Underground House

Tetapi, penting diingat jika batu-batuan kapur yang membuat tempat itu bukan elemen kapur biasa yang sering disaksikan, tetapi batu-batuan kapur keras. Ini membuat tidak hasilkan kotoran atau debu apa saja yang bisa jadi menebar ke semua ruang yang tercipta.

Bebatuan itu membuat suatu dinding yang kompak dan terpahat dengan ukir-pahatan yang cukup cantik. Minimal ada lorong, ruang, dan beragam tipe bedeng yang menghias tempat itu. Dinding-dinding itu tercipta dengan bagus jadi ruang-ruangan itu.

2. Cerita Dibaliknya

Si pemahat yang membuat tempat ini, yaitu Made Byasa, akui jika dia membangun tempat itu karena memperoleh ilham dari narasi Mahabarata. Made memang dikenali jadi orang yang paling suka untuk bertapa. Satu hari sehabis bertama dia juga memperoleh pandangan berkenaan certia itu.

Gala-Gala Underground House

Dalam epos yang paling populer dari Negeri India itu dikisahkan jika Pandawa lari dari buruan beberapa Kurawa. Mereka juga pada akhirnya sembunyi dalam sebuah goa yang menyengaja diukir dan dibuat sebegitu. Pada akhirnya lokasi yang dijadikan selamatkan diri dari dikejar beberapa Kurawa itu diberi nama Gala-Gala.

Dari sumber warga yang tinggal di dekat tempat wisata unik itu menjelaskan jika saat membuat mahakarya itu, si pembuat cuma memakai beberapa alat yang paling simpel. Dia tidak menggunakan beberapa benda kekinian yang mempermudah kerjanya.

Ia memakai alat mengukir biasa dan sebuah palu saja. Tersebut kenapa dia pada akhirnya sukses menuntaskan sebuah kreasi cantik di bawah tanah itu dalam periode waktu lebih kurang 15 tahun lama waktunya.

Dia mengawali projek besar itu sekitaran tahun 1961 dan pada akhirnya sampai ke tahapan finalisasi pada 1976. Tempat ini ada di kedalaman lebih kurang 7 mtr.. Tetapi, tinggi bangunan didalamnya cuma sekitar 1 sampai 2 mtr. saja.

Baca juga : Glamour Camping Bedugul, Tujuan Glamping Favorite dan Hits di Bali

3. Situasi Magic Goa Gala-Gala

Tak perlu cemas bila akan berkunjung ke situ, karena elemen magic yang menjadi satu diantara daya pikat beberapa orang untuk tiba ke situ bukan karena beberapa cerita horor yang diberi bumbu oleh cerita misteri. Di situ, tidak ada narasi yang hendak membuat bulu-bulu kuduk beberapa wisatawan di situ berdiri.

Situasi Magic Goa Gala-Gala

Argumen kenapa tujuan itu mempunyai situasi yang penuh akan beberapa hal ghaib yaitu karena tempat itu sebetulnya ialah tempat untuk lakukan pertapaan. Pembikin rumah bawah tanah Gala-Gala memang menyengaja untuk masuk ke permukaan tanah dan memahat segala hal yang dapat disaksikan di dinding-dindingnya itu karena ingin mempunyai tempat spesial untuk bersemedi.

Tetapi walau demikian, dulu tempat itu dipakai oleh si pemahat sebagai rumah. Tersebut penyebabnya beberapa pelancong bisa menyaksikan beragam hal didalamnya yang serupa dan nyaris dapat diketemukan di beberapa rumah secara umum. Ada ruangan untuk terima tamu, kamar untuk tidur, dapur, tempat untuk makan, dan tentunya lokasi untuk lakukan persemedian.

4. Tempat yang Cukup Luas

Berwisata di situ tidak membuat beberapa pelancong berdesakan. Tempat ini mempunyai luas lebih kurang 500 mtr. persegi dan dapat membuat pengunjung bebas bila akan berputar-putar menyelidik tiap inch keunikannya.

Gala-Gala Underground House memiliki lebih dari 3 pintu yang dapat dipakai untuk masuk atau keluar. Dengan demikian, beberapa orang yang datang tidak bersusun dan pada akhirnya mau tak mau untuk berbaris lumayan panjang pada sebuah pintu. Juga begitu bila memang jumlah wisatawan yang datang melonjak, karena itu tempat itu pasti juga memengapkan.

Tetapi, faksi pengurus atur hal itu. Jumlah pengunjung yang dibolehkan berada di dalamnya terbatasi. Hal ini karena tempat ini ada di bawah tanah hingga perputaran udara harus jadi perhatian khusus. Ingat cuma ada 3 sirkulasi didalamnya, karenanya membuat suplai udara dalam goa jadi cukup terbatas.

Baca juga : Rumah Pohon Batu Molenteng, Rumah Pohon Unik di Nusa Penida Bali

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Rekreasi Gala-Gala Underground House

Tempat ini berada di Nusa Lembongan Klungkung pada Propinsi Bali. Pulau itu berada di bawah barat laut dari Nusa Penida yang cukup terkenal itu. Sedangkang tempat wisata eksotis di bawah tanah itu ada di dekat salah satunya tujuan cantik di Pulau Lembongan, yakni Pantai Mimpi atau Dream Beach. Disamping itu, kehadirannya tidak jauh dari pelabuhan jamur di situ atau umum disebutkan Mushroom Bay.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Rekreasi Gala-Gala Underground House

Untuk mencapainya, wisatawan yang merencanakan ke situ perlu lakukan perjalanan air ke arah pulau itu. Titik awalan yang dianjurkan ialah wilayah dekat tujuan rekreasi Pantai Sanur yang berada di Pulau Bali. Dari Pualu Seribu Pura itu, pengunjung dapat sewa perahu cepat atau speedboat.

Dengan model transportasi itu, pelancong tidak menanti lama sampai hingga ke pulau dengan panjang lebih dari 40 km. Perjalanan yang dilakukan lebih kurang cuman satu jam saja. Lokasi untuk melabuh dianjurkan untuk di Mushroom Baya. Karena, jarak goa dari pelabuhan itu kurang dari 2 km. Pengunjung cukup jalan kaki sekitaran 7 menit saja sampai datang di goa.

Harga Ticket Masuk Gala-Gala Underground House

Agar dengan bebas masuk rumah bawah tanah itu, wisatawan yang datang perlu bayar beberapa ongkos. Tetapi, tak perlu cemas karena banyaknya tidak membuat kantong jadi habis saat itu juga. Cukup bayar biaya lebih kurang Rp 25.000 saja, karena itu pengunjung dapat memperoleh akses untuk memasukinya.

Harga Ticket Masuk Gala-Gala Underground House

Namun, penting diingat jika ada ketetapan khusus saat masuk ke bawah tanah. Wisatawan yang akan mengeksploitasi object itu harus memakai selendang yang dibalutkan ke badan dan sarung ciri khas Bali. Ini untuk jaga kesucian tempat ini yang sebetulnya digunakan untuk sembahyang dengan dan sama sesuai ketentuan Agama Hindu.

Disamping itu, pengunjung dapat sewa jasa pemandu rekreasi. Tempat ini sediakan sebagian orang yang siap siaga layani pengunjung yang ingin lalu-lalang didalamnya dan ketahui tiap detil dari narasi pembangunannya. Mereka akan suka hati sampaikan biografi pembikinnya dan memberi respon tiap pertanyaan dari pelancong.

Baca juga : Penginapan Kampung Kopi Banaran 9 Resort Hotel

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gala-Gala Underground House

1. Mencari Goa

Dengan lokasi yang lumayan luas, karena itu benar-benar sangat sayang bila pengunjung tidak mengeksploitasi tiap detil dari lokasi yang cantik itu. Pengunjung bisa jadi menelusuri tempat ini dimulai dari ruang-ruang didalamnya seperti ruang tidur sampai ruangan untuk bersemedi. Dan pelancong dapat telusuri lorong-lorongnya.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gala-Gala Underground House

Ukir-pahatan yang berada di dindingnya menambahkan kesan-kesan spesial dari tempat itu. Ditanggung jika pengunjung tidak rasakan jemu ketika mereka lakukan penelusuran pada tempat itu walau terlihat remang-remang. Meskipun disiapkan pencahayaan berbentuk lampu, tetapi karena ada jauh di dasar tanah membuat cukup gelap dan pada akhirnya jadi cukup remang-remang.

2. Berfoto-Foto

Meskipun tempat ini sebagai tempat untuk lakukan meditasi, tetapi pengunjung dibolehkan untuk ambil beberapa foto gambar. Perlu jadi perhatian saja jika tiap kegiatan yang sudah dilakukan perlu memerhatikan norma kesopanan dan mematuhi etika agama.

Saat ada di sana, akan rugi bila tidak mendokumentasikan peristiwa bersama rekan atau keluarga yang bersama sedang liburan. Tetapi, bila ingin berpose secara masing-masing sangat menarik.

Baca juga : 15 Tempat Rekreasi di Denpasar Bali Terkini dan Terhits Buat Berlibur

Sarana yang Ada di Gala-Gala Underground House

Pengunjung dapat nikmati semuanya yang berada di dalam goa itu, dimulai dari ruangan tamu sampai wilayah untuk sembahyang Umat Hindu. Selainnya ada jasa pemandu yang siap temani pengunjung, disekitaran goa itu ada juga banyak restaurant atau beberapa tempat umum yang sediakan beragam keperluan wisatawan.

Sarana yang Ada di Gala-Gala Underground House

Semua kekhasan goa Gala-Gala Underground House memang bagus sekali ketertarikan pelancong untuk sekedar berkunjung menyelisik selanjutnya. Tempat itu menyuguhkan daya tarik lain dari rekreasi Propinsi Bali karena menyajikan keelokan alam yang diperindah kembali dengan tangan manusia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :