Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Festival Krakatau 2015:: Momentum Pesona Budaya

Festival Krakatau 2015:: Momentum Pesona Budaya

Pagelaran Festival Krakatau 2015 Momentum Pesona Budaya Dan Ekonomi Kreative Lampung

Direktori Wisata – Festival Krakatau yang merupakan acara tahunan bagi masyarakat dan Pemerintah Lampung menjadi pusat perhatian dunia.

festival-krakatau

Pagelaran budaya dalam sesi Festival Krakatau di Kota Lampung, merupakan momentum yang dapat mempersatukan masyarakat dari semua golongan, baik dari tingkat pemimpin Provnsi hingga masyarakat biasa. Semua menjadi satu arena untuk memperlihatknan pesona keindahan seni dan budaya serta kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Lampung.

Selain perhelatan ini juga menjadi jang promosi potensi pariwisata Provinsi Lampung yang di miliki setiap Kabupaten dan kota, acara ini juga diramikan dengan karnaval sert atraksi seni tradisional dari berbagai daerah Provinsi lainnya yang ikut serta di dalamnya seperti DI Yogyakart, NTB dan lainnya.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, acara ini Krakatau Festival 2015 ini merupakan ajang puncak adara dari keseluruhan kegiatan yang berlangsung sebelumnya. Adapun berbagai kegiatan lomba yang dimeriahkan oleh warga dan masyarakat di acara ini sudah berlangsung sebelumnya. (Baca : Wisata Lampung:: Cagar Alam Krakatau)

festival-krakatau

Konon dalam perjalanan ajang kegiatan Festival Krakatau tersebut, terdapat banyak variasi yang dilakukan dari tahun ke tahun yang mengalami perubahan pada konten acara yang ditampilkan. Dan bagian acara puncak seperti inilah yang selalu mendaptperhatian besar. Karena dalam acara ini terdapat karnaval yang melibatkan partisipasi dari semua lapisan masyarakat yang ada.

Karnaval Krakatau Festival 2015 kali ini diisi dengan parade busana kreasi  kontemporer yang terbuat dari kain tapis yang merupakan kain tradisional khas Lampung dengan corak dan warna khas yang indah. Selain itu juga dimeriahkan oleh atraksi unik seperti parade baris marching band serta gajah-gajah dari Taman Nasional Way Kambas yang ikut meramaikan acara Festival Krakatau 2015 kali ini.

fetstival-krakatau

Acara Festival Krakatau kali ini juga dihadiri oleh para tamu undangan baik pemerintah pusat Republik Indonesia dn juga tamu undangan dari berbagai daerah serta negara sahabat. Masing-masing peserta dari Kbupaten dan Kota Lampung mengusung tema yang berbeda.

Berikut merupakan konsep yang diusung dari bebeapa daerah yang menjadi peserta Festival Krakatau 2015 yang kami dapat dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.

Seperti halnya yang kami dapatkan informasi tentang “Ngattak Tulung” yang merupkan tradisi masyarakat Lampung khususnya Muli atau Mekhanai dalam rangka menjaga kerukunan,sebagai contoh apabila ada salah satu rekan dari mereka yang akan berumah tangga, meeka akan melakukan gotong royong menyiapkan keperluan upacara adat. Selain tu sebagai ucapan terimkasih atas bantuan mereka, pihak pengantin turut bersama rekan-rekan mereka sebagai ucapan terimakasih atas segala bantuannya dan tetap memelihara tali silaturahmi.

Lanjut…..
Untuk kawasan daerah Lampung Pesisir Barat, menampilkan konsep tema “Ngumabai Lawok” yaitu sebuah acara adat dimana upacara adat dilaksanakan untuk keselamatan setempat dengan pengambaran kekayaan laut yang berada di daerah Pasisir Barat Lampung dengan beragam kehidupan daerah tersebut dengan moto menyatu, bersatu, memberi, menerima saling hidup berdampingan demi keselarasan.

Sedangkan untuk tema “harmony Bumi Petani” yang menjadi tradisi masyarkat Way Kanan Lampung merupkan sebuah tradisi menyambut dengan rasa suk cita dengan penuh harapan yang beriring rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas potensi wisata Way Kanan Lampung yang memiliki daerah sangat indah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. pasti acara seru dan meriah banget ya mas, ngeliat yang naik gajah jadi pengen naik gajah saya mas, blom pernah naik gajah soalnya 😀

  2. Suguhan yang meriah dan kaya. Luar biasa festivalnya.

  3. Lampung sekarang pariwisatanya emang sedang menggeliat, kang 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :