Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Solo / Eksotisme Sumur Songo Keraton Surakarta

Eksotisme Sumur Songo Keraton Surakarta

Eksotisme Sumur Songo Keraton Surakarta Tempat Tapa Sang Raja

Direktori Wisata.- Sumur Songo Keraton Surakarta merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di tempat wisata halaman Museum Keraton Surakarta yang tidak lekang oleh waktu.

sumur-songo-keraton-surakarta

Bentuk sumur yang unik berbentuk kotak. Walau terlihat dua buah lubang kotak sumur, namun sebanarnya sumur ini menyatu. Menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari salah seroang abdi dalem Keraton Surakarta, awalnya sumur songo ini berbentuk bulat dan melingkar dan sekarang bentuknya dirubah menjadi kotak dengan ukuran +/- 1 meter masing-masing dari sumur tersebut., dan memiliki kedalaman +/- 6 meter. Sumur yang tergolong cukup tua dengan usia 1,5 abad ini tidak pernah kering.

Diberinama dengan sebutan Sumur Songo, konon menurut informasi sumur ini dulunya sebagai tempat petapaan Paku Buana IX. Cara bertapa beliaupun sangat unik. Karena PB IX melakukan petapaan sambil bersila selama 40 hari 40 malam di atas sumur dengan beralaskan papan kayu yang ditaruh di atas sumur tersebut. Bila dalam melakukan ritual tapa beliau tertidur, maka akan langsung jatuh ke dalam sumur tersebut. Akibatnya Paku Buwana IX mendapatkan julukan dengan sebutan Sinuwun Mbangun Topo.

sumur-songo-keraton-surakarta

Sebuah bangunan dengan batas dinding yang terbuat dari kayu yang mengitari sumur, dan beratapkan seng dengan penyanggah tiang yang terbuat dari kayu sebagai pembatas agar keberadaan sumur ini tetap terjaga dan terawat dengan baik, karena keberdaan sumur songo ini merupakan salah satu situs bersejarah yang terdapat di dalam area halaman tengah Museum Keraton Surakarta.

Dan kita bisa menikmati sejuknya air sumur yang bersumber dari mata air ini sebagai penyegar muka yang kusam karena kelahan dalam perjalanan atau pun lagsung meminumnya untuk penghilang dahaga.

Eksotisme Sumur Songo Keraton Surakarta hanya merupakan sebuah situs peninggalan sejarah dari tempat petilasan raja dalam melakukan ritualnya, dan ini selayaknya tetap dijaga dan dilestarikan keberadaannya bagi setiap generasi penerus.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. Sinuwun Bangun Topo artinya apa?

    • Untuk lebih jelasnya bisa melihat artinya melalui Google translate versi Jawa mas 😀

  2. sumurnya masih terpelihara ya mas, umurnya hampir 2 abad, aku pernah dengar paku buana sakti karena sering bertapa, ternyata diatas sumur itu ya.. adakah ceritanya sumur dirubah bentuknya jadi kotak mas..

    • Caita perubahan bentuk sumurnya belum saya temukan Mba. 😀

  3. saya pernah ke keraton surakarta, tapi baru tau kalau ada sumur songo gan…ketinggalan lagi deh…

    • Lokasinya ada di halam tengah dan posisinya ada di belakang gan sumur songo ini. 😀

  4. Valentino Febrian Saputra | Official Website berkata:

    Sumurnya keren ya mas, kotak , kelihatannya dua, saya tadi berfikiran 2 sumur , eh ternyata cuma satu (dalam bentuk menyatu gtu),, pasti dpat pengetahuan lagi kalo brkunjung kesana

    • Saya adinya jua malah tidak mengira kalau tempat itu ada sumurnya yang memiliki catatan sejarah kalau tidak diberitahu oleh abdi dalem Keraton Surakarta mas. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :