Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Sumatera Utara / Medan / Eksotisme Masjid Raya Al Mashun Medan

Eksotisme Masjid Raya Al Mashun Medan

Menilik 7 Spot Cantik Masjid Raya Al Mashun Medan

Direktori Wisata. – Majid Raya Al Ma’shun Medan yang terletak di jalan Sisingamangaraja, Medan bergaya arsitektur gaya Timur Tengah dan Eropa Klasik. Masjid ini memiliki bentuk simetris jika dilihat dari ke empat sisinya.

masjid-raya-al-mashun-medan

Konon informasi yang diterima Direktori Wisata Indonesia, Masjid Raya Al Mashun Medan merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang terdapat di Kota Medan. Dan mulai dibangun pada tanggal 1 Rajab 1324 H atau 21 Agustus 1906. Banguan Masjid Raya Al Mashun ini selesai pembangunannya pada tangal 10 September 1909. Keterangan ini dapat dilihat dari prasasti yang terdapat di halaman masjid.

masjid-al-mashun-medan

Prasasti yang di pasang di halaman depan Madjid Al Mashun ini terdiri dari dua bahasa yaitu bahas Indonesia dan bahasa Inggris. Dari situlah kita akan tahu catatan sejarah secara garis besar tentang Masjid Raya Medan Al Mashun ini. Jadi bagi para wisatawan yang mengunjungi kawasan ini bisa mengetahui lewat batu prasasti tersebut.

masjid-raya-medan-al-mashun

Tiang-tiang pilar masjid yang menopang di halaman masjid, dengan desain seni yang unik serta klasik dari setiap lekukan yang berada di atasnya terlihat jelas, bahwa bangunan Masjid Raya Al Mashun Medan dirancang dengan arsitektur penggabungan Gaya Eropa Klasik dan Timur Tengah.

kubah-masjid-raya-masjid-medan-al-mashun

Ternyata tidak hanya bentuk bangunan masjidnya saja yang berbeda, bila kita perhatikan bentuk kubah Masjid Raya Medan Al Mashun tidak bulat seperti lazimnya kubah masjid pada umumnya. Bentuk Kubah yang berbentuk persegi delapan benar-benar mengikuti bentuk bangunan yang oktagonal.

desain-pintu masjid-unik

Menaiki anak tangga menuju pelataran Masjid Raya Medan Al Mashun kita dapat melihat jelas bentuk desain pintu masjd yang unik sepintas pintu bagian masjdi ini diberi gambar desain batik, namun bila diperhatikan gambar yang terdapat di dinding pintu manjid bukan di desain dengan gambar batik melainkan dekorasi yang berdesian kotak-kotak.

desain-pintu-gerbang-masjid

Di sisi lain masjid, kita pun dapat melihat hiasan desain yang terdapat di atas pintu masuk utama masjid Al Mahsun Medan.

Desain ukiran yang unik dan indah dari penggabungan seni desain yang luar biasa ini, sebagai penyambut kehadiran para pengunjung masjid ke dalam bangunan utama.

mimbar-masjid-unik-al-mashrun

Memasuki dalam area masjid, kita seakan diajak masuk untuk menyaksikan sebuah desain unik yang luar biasa. Konon dekorasi Masjid Raya Al Mashun Medan didatangkan langsung dari Italia dan Jerman.

[the_ad id=”13728″]

Sebuah mimbar masjid dengan anak tangga yang akan menghantarkan langkah seorang Imam yang akan menuju ke atas mimbar dengan bentuk bangunan desain yang unik ini menjadi pemandangan tersendiri bagi kita yang berada di dalam bangunan ini.

ruang-dalam-masjid-al-mashun-medan

Bangunan dalam Masjid Raya Al Mashun Medan ini sangat unik, hiasan di dalamnya bukan hanya kaligrafi, melainkan ukiran bunga dan tumbuhan. Dan semua rancang desain di lingkunagn masjid ini pun tidak terpaku pada patron yang menoton, sehingga membuat Masjid Raya Al Mashun Medan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kita yang mengunjunginya.

[the_ad id=”13728″]

Cara menuju lokasi Masjid Raya Al Mashun Medan kita dapat melihat langsung di dalam peta.

[arve url=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d3982.0535061909427!2d98.687369!3d3.575173!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x3031304c057a213f%3A0x2e3198489c4c3036!2sMasjid+Raya+Al+Mashun!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1424509072023″ mode=”normal” align=”center” promote_link=”yes” /]

Eksotisme Masjid Raya Al Mashun Medan bukan hanya memberikan sebuah nilai dan keunikan dari sebuah catatan sejarah panjang. Namun, bangunan ini juga memberikan sebuah pembelajaran akan nilai seni desain masjid yang tidak hanya terpaku, namun juga pengembangan dari setiap inovasi kreativ desain yang tidak mengurangi kekhusyukan para jemaahnya untuk melakukan ritual ibadah di dalam area masjid yang indah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. subhanallah

  2. subhanallah mas masjidnya indah banget, semoga saya bisa menginjakkan kaki disana …

    • Amiiin…. mas, semoga bila mendapatkan tugas di Medan nanti bisa mampir di masjid al mashun yang indah dan bersejarah ini mas.

  3. Subahanallah. Indah sekali bangunannya

  4. bagus banget bangunannya

  5. Subhanallah indahnya….

  6. saya bangga sebagai orang medan.. mesjid kebanggaan kota medan.. mesjid al-mashun berdekatan dengan instana maimun di medan..

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :