Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Eksotisme Masjid Agung Jogja

Eksotisme Masjid Agung Jogja

Eksotisme Masjid Agung Jogja Yang Bersejarah

Direktori Wisata.- Masjid Agung (Ghede) Jogja yang terletak di alun-alun utara Yogyakarta,  konon merupakan bangunan masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I. Masjid ini menjadi salah satu bangunan yang merupakan cagar budaya di Kota Yogyakarta yang dilindungi serta dilestarikan oleh pemerintah.

masjid-agung-jogja

Bila kita perhatikan Masjid Agung Jogja ini memiliki gaya bangunan arsitektur khas bangunan budaya Jawa. Atap masjid yang terseusun tiga menyerupai Masjid Agung Kadilangu yang berada di Demak. Bila kita telusuri bangunan masjid, kita akan menemukan beberapa ruang yang terdapat di dalam area masjid, yaitu halaman masjid, serambi masjid, dan ruang utama masjid.

Sedangkan untuk halaman Masjid Agung Jogja sendiri dari pengamatan Direktori Wisata terdiri atas halaman depan dan halaman belakang. Dimana halaman-halaman masjid tersebut merupakan ruangan yang terbuka dan terletak di bagian bangunan utama dan serambi masjd

Bila kita perhatikan dengan benar, Masjid Agung Jogja halamannya dibatasi oleh tembok yang mengelilingi bangunan masjid, sedangkan untuk halaman belakang masjid kita akan menemukan sebuah makam istri dari tokoh nasional yang berjasa dalam pergerakan di negeri ini, yaitu makamnya Nyi Achmad Dahlan dan juga beberapa makam lainnya yang berada di halaman belakang Masjid Agung Yogyakarta.

Menurut informasi yang Direktori Wisata lihat dan terima di lokasi, Masjid Agung Jogja sampai saat ini msih digunakan sebagai tempat sarana ibadah keagamaan bagi umat muslim yang singgah di masjid ini. Sedangakn pada hari-hari besar agaman Islam, di area masjdi Agung jogja sering digunakan sebagai tempat memperingati Maulud Nabi dan Syawalan.

Baca juga : Wisata Ziarah Antara Tradisi dan Budaya di Indonesia

Sedangkan di halaman Masjid Agung Jogja ini sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan upacara-upacara resmi keagamaan Islam dari Keraton Yogyakarta seperti acara tradisi Grebeg Sekaten dan Grebeg Syawal. Dan setiap acara tersebut digelar tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya maupun para wisatawan yang sedang berlibur di kawasan Kota Yogyakarta.

Baca juga : Wisata di Benteng Vredeburg Jogja

Bila kita berwisata ke daerah Kota Yogyakarta, kita dapat singgah di Masjid Agung Jogja yang letaknya  hanya berjarak +/- 100 meter dari Keraton Yogyakarta. Letak masjid yang berada di tengah kota yang mudah terakses melalui kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, kia dapat dengan mudah menuju lokasi masjid atau pun melanjutkan perjalanan liburan kita untuk menuju tempat wisata Jogja lainnya.

Baca juga : Pesona Tempat Wisata Gunung Kidul Yogyakarta

Eksotisme Masjid Agung Jogja terlihat kokoh dan berdiri tegak. Walau melalui beberapa dekade kepemimpinan Sultan Yogyakarta, masjid ini tetap memberikan cahaya kedamaian bagi setiap ikhsan yang selalu beristiqomah dalam titah Tuhan sebagai penyeimbang serta pengingat diri.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. Yah, tadi saya kira sampai ke dalam gambarnya. Ternyata di depannya saja. 😀

  2. Kalau lagi nyepeda sore saya sering singgah dan sholat disini 🙂

    • Enak juga ya mas kalau bersepeda di tempat kota Jogja ini, bisa mampir ke Masjid Agung Jogja. Kenapa kemarin waktu sore saya di sana tidak ketamu ya Mas sama mas Rullah ? 😀

  3. asri bener ya, kembali ciri khas bangunan kesultanan jogya gaya atap perahu terbalik dimiliki oleh mesjid ini ya mas juga tanpa kubah utama..

    • bila melihat masjid-masjid tua dan bersejarah di tanah Jawa rata-rata memiliki atap masjid seperti itu, minimal mengikuti sebuah nilai tradisi danbudaya pada saay itu, jadi lebih unik kelihatannya ya Mba ? 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :