Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Eksotisme Lage Peley Raja Ampat

raja-ampatEksotisme Lage Peley Raja Ampat

Lage Peley merupakan kawasan perairan di ujung barat Raja Ampat, para wisatawan domestik lebih mengenalnya dengan sebutan Pulau Wayag. Di bawah langit biru yang luas, bukit-bukit karts tegak menjulang. Menyebar aneka bentuk bukit karang bertebaran di perairan hijau jernih yang diselingi laguna-laguna berair biru pekat merupakan keindahan alam yang dapat kita nikmati di area gugusan Raja Ampat di Lage Peley yang merupakan intisari kawasan wisata Raja Ampat yang telah berkibar di seluruh dunia.

Selama perjalanan menuju kepulauan Lage Peley  Raja Ampat speadboet akan membelah perairan berombak. Terkadang tenang, kadang menggeliat serta kita akan merasakan aroma dan remah garam menempel di sekujur badan. Berada dalam rentang garis khatulistiwa, hawa hangat dan sengatan matahari akan mengiringi selama perjalanan pelayaran. Hembusan angin kadang meredakan udara panas di sekujur tubuh. Tabir surya, kacamata hitam dan pakaian legan pendek dan tipis akan membantu kita dalam beradaptasi dalam perjalanan ini.

Kendati Lage Peley Raja Ampat dikelilingi laut, selama perjalanan kita akan melewati rupa-rupa pulau kecil. Melintas pulau kecil, sementara pulau yang lain terlihat samar nun jauh di batas horison. Tidak jarang pula dalam pelayaran kita akan bertemu dan meilihat pemukiman di daerah pesisir. Atau bahkan kita berpapasan dengan nelayan dari masyarakat lokal yang tengah mencari ikan. Sejenak melambaikan tanganpun bisa membuat rasa jalinan keakraban dalam perjalanan wisata kali ini.

Pada saat kita mengarungi perairan bebas, terasa ombak yang membentur keras lunas kapal. Mendekati Pulau Lage Peley, keindahan pulau-pulau kecilnya mulai terasa, menghibur perjalan, meluruhkanpenat dan rasa khawatir selama perjalanan. Pulau-pulau yang dari jarak jauh tampak terlihat samar, kini semakin terlihat wujudnya.

Sebelum menjelajahi lekuk-lekuk kepulauan Lage Peley Raja Ampat, pemandu wisata yang sekaligus merangkap pengemudi speedboat akan mengajak kita sebagai wisatawan untuk mampir sejenak di pos penjaga. Sebagai informasi, pos ini menjadi markas bagi kelompok masyarakat pengawas yang mengawal perairan Pulau Lage Peley Raja Ampat. Sambil menunggu petugas melapor di pos penjagaan kita dapat melihat hiu-hiu berbas berkeliaran berenang di kawasan sekitar dermaga pos jaga.

lagepeley-raja-ampat

Usai beranjangsana di pos jaga kita akan melanjutkan perjalanan untuk berkeliling di kawasan Lage Peley Raja Ampat oleh pemandu wisata. Menyusuri satu demi satu untaian pulau karst yang terserak di perairan biru. Di kawasan ini perahu kadang melambat pada saat melintasi perairan dangkal, pada saat inilah diharapkan kita jangan terlalu banyak mengadahkan kepala untuk menikmati gundukan batuan gunung cadas yang elok, karena di bawah lunas, ikan-ikan  berseliweran diantara  terumbu karang yang indah.

Setiap cekungan teluk dan perairan bening yang bertabur pulau kecil terpampang sempurna bila kita melihat dari tempat yang tinggi. Untuk menikmati pemandangan indah ini, kita harus mendaki menuju puncak karang yang tenar dijuluki Pindito. Di puncak yang berbukit terjal inilah kita para wisatawan dapat membidikkan kamera untuk membuktikan panorama keindahan Lage Peley Raja Ampat atau yang sering dikenal dengan sebutan Pulau Wayag Raja Ampat. Aktifitas mengambil gambar dari atas bukit karang ini sering disebut dengan potret udara.

Saking terjalnya, selama masih di atas latut, Pindito seolah tidak bisa digapai. Pendakian memang menuntut kewaspadaan ujung karang yang runcing plus menanjak. Selama pendakian, pemandangan di bawah sana telah terhampar indah. Sembari menata napas dan tetap hati-hati, tidak ada salahnya kita untuk mengendalikan hasrat untuk menikmati pesona keindahan Lage Peley  Raja Amapat kala pendakian belum mencapai puncak. Percayalah pemandangan surga dunia yang indah telah menunggu di puncak karang. Rasa lelah luruh kala kaki telah berdiri di puncak, wajah Lage Peley Raja Ampat terlihat begitu sempurna. Hamparan laut bening dengan bukit-bukit kapur bervegetasi hijau merajai bentang alam gugusan Lage Paley.

Dari atas puncak karang, kita dapat melihat dan menikmati wujud bukit karst yang seperti tetesan air yang memberi fantasi bongkahan itu bagaikan jatuh dari langit. Tangan Tuhan seakan menata setiap pucuk karang menyebar acak namun terlihat indah. Namun, yang perlu kita ingat, bahwa gundukan karst itu sejatinya menyandang predikat pulau kecil dan punya nama. Pulau-pulau kecil ini bisa seukuran menja makan hingga sebesar gedung bertingkat, tergantung dari sudut mana kita melihatnya.

Sambil menikmati pemandangan alam Lage peley Raja Amapat dari puncak bukit, kita pun dapat membaca sambil mengeja pulau-pulau kecil yang bertebaran di gugusan ini. Lage Peley, merupakan pulau utama gugusan ini, bentuknya tidak beraturan yang membujur dari barat ke timur. Hutan daratan rendah menyelimuti daratannya yang berbukit-bukit.

Wisata dikawasan Raja Ampat tentu merupakan perjalanan wisata yang tidak mudah, dan tidaklah cukup dalam satu waktu kita dapat menghabiskan waktu untuk mejelajah kawasan wisata alam Raja Ampat.[]

Baca juga : Jalur Akses Wisata Menuju Raja Ampat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :