Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Eksotisme Klenteng Eng An Kiong, Malang

Eksotisme Klenteng Eng An Kiong, Malang

Eksotisme Klenteng Eng An Kiong, Malang

Direktori Wisata. – Klenteng Eng An Kiong merupakan salah satu situs bersejarah yang berada di Kota Malang. Lokasi klenteng berada di Jalan Laksamana Matadinata No. 1 Malang, Jawa Timur.

klenteng-eng-an-kiong-malang

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata di lokasi, bangunan Klenteng Eng An Kiong ini merupakan rumah ibadah yang dipergunakan masyarakat setempat yang menganut agama “Ji” (Khonghucu); Too (Tao); dan Sik (Buddha). Bukan hanya menjadi rumah peribadahan, namun bangunan klenteng ini menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang berada di pusat Kota Malang.

Lanjut informasi,,,,
Nama Eng An Kiong yang terdapat pada bangunan Klenteng ini merupakan sebutan suci yang memiliki arti sebagai istana keselamatan dalam keabadian Tuhan, dan dipersembahkan untuk menghormati Kongco (sebutan panggilan yang mulia) Hok Tik Cing Sien (yang memiliki arti “Beroleh Berkah dalam Kebajikan).

Lanjut,,,,,,
Sedangkan informasi berdirinya Klenteng Eng An Kiong diperingati setiap tanggal 6 bulan 6 penanggalan Lunar (Khongcu-lik). Dan di klenteng ini sering menggelar acara Cia Pene An yaitu meberikan makan gratis kepada para pengunjung atau pun masyarakat setempat, dan sering diadakan ritual untuk memperingati hari besar lainnya, seperti hari kelahiran, kesempurnaan dan menekatnya Dewi Kwan Im. Pada saat-saat seperti melakukan berbagai macam kegiatan upacara ritual, pengunjung wisatawan yang hadir di lokasi ini bisa mengikuti ataupun menyaksikan keunikan tradisi yang berada di Klenteng Eng An Kiong yang diadakan oleh masyarkat keturunan Tionghoa yang ada di Kota Malang.

Selain memiliki keunikan tradisi upacacara ritual, bangunan Klenteng Eng An Kiong memiliki bentuk arsitektur yang unik dan menarik seperti bangunan klenteng yang ada di negeri Cina. Banyaknya bentuk ukiran dan lukisan yang terdapat di dalam bangunan klenteng ini memiliki nilai seni yang tinggi dengan makna filosofi yang terkandung di dalamnya.

Pada perayaan Imlek atau tahun baru Cina, Klenteng Eng An Kiong selalu menggelar  kegiatan tradisi yang rutin dalam melakukan perayaan. Dan biasanya pada perayaan kegiatan ini banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang hadir untuk menyaksikan keunikan dari tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Malang. ( Baca : Menikmati Wisata Malang )

Untuk menuju ke kawasan Klenteng Eng An Kiong, Malang kita dapat menuju kawasan Kotalama Malang, karena lokasinya tidak jauh dari Pasar Besar, Malang bangunan ini muah ditemukan. Sedangkan untuk menggunakan transportasi angkutan kota, kita bisa naik dari Terminal Arjosari dengan menggunakan angkot ABG. Untuk informasi jalan menuju bangunan Klenteng bisa langsung dilihat di dalam peta lokasi yang dapat memberi petunjuk arah jalan ke Klenteng Eng An Kiong, Malang.

Eksotisme Klenteng Eng An Kiong dengan segala bentuk keunikan dan warna keindahan seni arsitektur bangunan yang bersejarah, menjadi selah satu destinasi wisata Mlang yang menarik dikunjungi pada saat kita mengisi liburan di Kota Malang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

13 Comments

  1. nanti tanggal 19 februari 2015 kan imlek…kayaknya ramai pengunjung kesana kali ya…dan karena sering bersedekah kepada rakyat miskin, kayaknya bakalan ramai yang ngantri…trus ada acara apa aja mas kalau perayaan cap go meh atau perayaan 15 hari setelah imlek….?

    • saya ambildan amankan pertamaxnya gan..heee

      • saya kedua berati premium dunk mas,,, hehe… jadi pengen ke malang nih…. dingin2 apel2 . . .

      • Silahkan Mbah untuk ambil posisi pertamax-nya. 😀
        Banyak hal yang menarik dalam sebuah nilai tradisi yang di perlihatkan dalam upacara ritual di Klenteng Eng An Siong Malang, alagi pada saat penyambutan perayaan implek nanti. Mengenai kegiatan cap go meh seteleh 15 hari besar Imlek di klenteng ini, saya sendiri tidak menanyakan kegiatan tersebut kepada pengurusnya Mbah. Mungkin bagi rekan-rekan atau pun pembaca yang lainnya dan memiliki kepentingan dengan acara tersebut dapat mencari tahu melalui yayasna Klenteng Eng An Siong, Malang yang dapat di telusuri dari peta tersebut di atas.

        • @ mitradetik :: Dilanjut gan kalau lagi liburan bisa juga main ke Malang. 😀

  2. Tanggal 19 ntar pengennya ke Jepara buat lihat imlek, seru juga ya heee.

    • mau lihat perayaan imlek di sana ya Kang ? ;D

  3. Sebentar lagi imlek, pasti klenteng eng an kiong menjadi destinasi pilihan oleh para wisatawan terutama untuk umat budha…

    • Biasanya ramai kalau Imlek di Klenteng Eng An Kiong Malang ini,,,

  4. Wah saya kira Malang cuma terkenal buah Apelnya saja Mas?

    • Tidak mba, klenteng Eng An Kiong juga ramai ko

  5. saya sering lewat di depan klenteng ini mas 🙂 hmmm keren sdh nyapai malang hehehe 😀

    salam wisata !

    • Kbetelun mampir singgah sebenatr Mba di Malang, sambil buat destinasi wisata Malang 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :