Ekowisata Taman Nasional Tesso Nilo Riau

posted in: Riau, Wisata Alam | 0

Menelisik Harmonisasi Alam di Hutan Taman Nasional Provinsi Riau

Direktori Wisata – Harmonisasi wisata alam Taman Nasional Riau yang menjadi destinasi liburan yang menarik dikunjungi.

Ekowisata Taman Nasional Provinsi Riau

Provinsi Riau memiliki beragam kekayaan alam yang unik dan menarik. untuk ditelusuri, apalagi bagi kita yang memiliki hobi petualangan di alam bebas. Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang suka akan dunia petualang kawasan Taman Nasional Tesso Nilo menjadi salah satu alternatif destinasi wisata Riau yang menarik dikunjungi.

Letak Taman Nasional Tesso Milo berada Jl. Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau. Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, Taman nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem hutan dataran rendah. Dengan luas area mencapai 83.568 hektar, konon kawasan ekowisata di Taman Nasional ini membentang hingga 4 Kabupaten yang ada di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Palalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kwantan Sengingi dan Kabupaten Kampar.

Lanjut…..
Selain menjadi kawasan Taman Nasional, Tesso Nilo juga menyajikan kawasan wisata alam di Riau dengan menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di Taman Nasional Riau kita dapat menemukan tempat konservasi habitat gajah.

Taman Nasional Tesso Nilo

Bagi sahabat Direktori Wisata yang berkunjung di Taman Nasional Riau kita pun bisa menelusuri keindahan hutan Tesso Nilo dengan menunggangi gajah sambil menelusuri trek wisata alam dengan menelusuri satwa liar yang berada di kawasan hutan Tesso Nillo. Bahkan bagi kita yang membawa kamera, dapat mengabadikan foto-foto satwa yang hidup di alam liar ini sambil menyalurkan bakat atau pun hobi.

Konon dari keterangan petugas yang mendampingi perjalanan jelajah wisata alam liar kami beserta rombongan di Taman Nasional Tesso Nillo di kawasan hutan ini masih terdapat beberapa satwa liar yang hidup bebas seperti harimau Sumatera, tapir, rusa dan beruang madu.

Menurut informasi petugas Taman Nasional kawasan wisata Riau ini memiliki kekayaan tumbuhan vaskular tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan kawasan hutan-hutan lainnya termasuk hutan amazon. Makanya tidak heran banyak para ilmuwan dan wisatawan asing yang berkunjung ke lokasi ini. Hebat bukan ?…

Adapun informasi wana wisata alam yang bisa kita nikmati di lokasi, kita dapat memilih berbagai paket wisata untuk keluarga atau pun rombongan yang bisa kita nikmati saat berkunjung.

  • Elephant care, pada kegiatan wisata alam ini kita dapat ikut memberi makan pada gajah, dan yang tidak kalah menariknya kita pun diajak meliat ketrampilan atraksi gajah dan memandikan gajah. Paket  wisata ini di bandrol dengan biaya sebesar Rp. 1.200.000,- / group selama 8 jam (maksimal 6 orang)
  • Safari gajah , safari ini diperuntuhkan bagi pengunjung dan anak – anak diatas 5 tahun. Disini pengunjung bisa naik gajah disekitar camp flying squad, waktu safari ini adalah 30 menit. Biaya yang harus dikeluarkan Rp. 500.000,- / group selama 1 jam. Sedangkan untuk 1 group terdiri beberapa orang dan maksimal hanya 6 orang.
  • Sialang ecotour, disini pengunjung dapat melihat pohon sialang dan sarang lebah madu juga dapat meliat proses pengemasan madu hutan. Namun, kita tidak dapat melihat proses panen madunya ya teman, hanya proses pengemasan saja. Paket ini kita dikenakan biaya Rp.500.000,- / group selama 3 jam.
  • Susur sungai Nilo,  dengan paket perjalanan wisata ini kita akan diajak menikmati Sungai Nilo dengan menggunakan pemompong dalam waktu 1 hingga 3 jam sesuai jarak yang ditempuh. Dengan biaya sewa pompong atau klotok sebesar Rp. 250.000,- per orang / hari.
  • Bersepada (Paddle tour), kegiatan wisata alam bersepeda ini diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Taman Nasional Tesso Nilo di track tesso nilo dengan menggunakan sepeda. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan guide. Biaya Rp. 100.000,- per group / 3 hingga 4 jam. Sebagai tambahan informasi, paket ini hanya diperuntukan bagi sahabat Direktori Wiata yang akan melakukan tour dengan membawa sepeda. Dan di lokasi tidak menyediakan sepeda ya….

Baca juga : Wisata di Taman Nasional Way Kambas Lampung 

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan mengunjungi kawasan wisata alam di Taman Nasional Tesso Nilo ada baiknya sebelum melakukan perjalanan dapat mempersipakan segala sesuatunya terlebih dahulu, berikutinformasi keterangan yang kami dapatkan di lokasi untuk diketahui secara umum.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang tidak menggunakan guide, persiapan yang harus di lakukan tentunya saja akomodasi keperluan pribadi dong… yaitu dengan penyiapkan berbagai keperluan harian kita misalnya untuk konsumsi, alat-­alat mandi dan untuk memasak, persiapan tenda apabila ingin berkemah, mastras tidur, senter atau untuk penerangan dan berbagai keperluan camping lainnya.

Namun, bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang berkeinginan menginap di Flying Squad dapat mempergunakan home stay yang dibandrol Rp 350.000,- / malam, atau bisa juga kita sewa kamar penginapan untuk dua orang dengan harga Rp 150.000,- / malam.

Bagi kalian yang mau santai dan tinggal nikmatin liburan yang mengasikan di kawasan Ekowisata Taman Nasional Tesso Nilo bisa langsung ambil paket ekowisata dengan guide, akomodasi untuk segala keperluan perjalanan langsung dipersiapkan seluruhnya oleh guide. Kita tinggal membawa keperluan pribadi saja dan tidak perlu repot lagi.

Baca juga : Wisata Alam Danau Naga Sakti Riau

Untuk harga penginapan dan paket wisata di atas tidak bisa menjadi patokan dan harga tetap, karena harga tersebut bisa berubah disesuakan kebijakan pengelola setempat ya teman….

Cara Menuju Taman Nasional Tesso Nilo
Untuk menuju kawasan wisata alam Taman Nasional sebaiknya kita menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan darat, karena belum ada kendaraan umum hingga ke lokasi. Dari pengalaman Direktori Wisata menuju ke lokasi kami berangkat dari Pekanbaru menuju Lubuk Kembang Bunga yang menghabiskan waktu sekitar 3 jam dengan kondisi perjalanan cuaca normal. Rute perjalanannya bisa di lihat melalui map di bawah ini.

Informasi tambahan bagi sahabat, seluruh kendaraan dapat masuk ke wiayah Taman Nasional, kecuali jenis bus besar. Konon informasi dari petugas setempat, bus besar akan memakan badan jalan sehingga menyulitkan pengendara lainnya yang lalu lalang dari dan menuju ke lokasi. Bus yang diperkenankan dan masih bisa masuk ke taman nasional adalah bus ukuran 3⁄4.

Baca juga : Wisata Di Alam Liar Ujung Kulon

Semoga informasi tempat wisata alam Riau ini bisa memberikan gambaran bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang berkunjung ke lokasi. Untuk informasi selanjutnya bisa menghubungi Balai Taman Nasional Tesso Nilo yang beralamat Jl. Raya Langgan KM 4 Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinasi Riau. Telp/faxs: +62 761 494728.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.