Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / Dusun Tembi, Dusun Rekreasi Hits Memiliki nuansa Alam di Bantul

Dusun Tembi, Dusun Rekreasi Hits Memiliki nuansa Alam di Bantul

/

Directory Rekreasi – Daya tarik alam Indonesia seakan sanggup menyihir pelancong lokal atau luar negeri yang tiba bertandang. Alamnya demikian luas dimulai dari gunung, bukit, rimba, taman, dan dusun rekreasi Tembi di Bantul.

Dusun Tembi, Dusun Rekreasi Hits Memiliki nuansa Alam di Bantul

Salah satunya daerah di Indonesia yang simpan bermacam tempat rekreasi dengan ide menarik ialah Yogyakarta. Di daerah itu, ada Dusun Rekreasi TeYogyakarta sendiri memang dikenali mempunyai banyak tempat rekreasi memiliki nuansa alam yang tidak menjemukan.

Dusun rekreasi ini juga menyajikan pemandangan alam berbentuk persawahan, sungai dan pohon-pohonan yang hijau hingga kesan-kesan perdesaannya terasa sangat di tempat rekreasi ini. Keadaan alam disitu betul-betul dapat membuat pemikiran jadi refresh.

Di Yogyakarta ada banyak dusun rekreasi yang menyuguhkan panorama alam berlainan keduanya. Tiap dusun rekreasi memiliki daya magnet tertentu hingga karakter di antara satu dusun rekreasi dengan dusun rekreasi yang lain berbeda. Pelancong yang ingin merefresh pemikiran dapat tiba ke dusun rekreasi ini.

Baca juga : Menyusuri Kampung Wisata Taman Jogjakarta

Daya Ambil yang Dipunyai Dusun Rekreasi Tembi

1. Mempunyai Riwayat Menarik

Dusun rekreasi Tembi yang berada di teritori Bantul ini memiliki riwayat tertentu yang lain dengan dusun rekreasi yang lain. Dalam sejarahnya, Ki Ageng Pemanahan sudah sukses menaklukkan lawan dari Kesultanan Papang yang namanya Arya Penangsang di era ke-16. Hadiah kesuksesan Ki Ageng Pemanahan ialah Alas Mentaok.

Daya Ambil yang Dipunyai Dusun Rekreasi Tembi

Pada tahun 1577 lalu, Alas Mentaok diganti jadi teritori Kotagede. Namun, Ki Ageng Pemanahan meninggal dunia pada tahun 1584 yang selanjutnya mengakibatkan Kotagede jadi kehilangan pendirinya. Peranan Ki Ageng Pemanahan lalu diteruskan oleh Tambahan Senapati dan beliau meningkatkan teritori Kotagede.

Sekian tahun selanjutnya, teritori Kotagede ditinggalkan beberapa pimpinannya seperti Sultan Agung pada tahun 1645 dan mengakibatkan beberapa orang yang tinggal dalam cakupan kerajaan jadi haus hal kekuasaan. Anak-anak raja yang disebut angkatan penerus selanjutnya dipercayakan di suatu lokasi yang diberi nama Tembi.

Argumen dipercayakan di Tembi ialah supaya terbebas dari beberapa hal negatif. Disitu anak-anak raja dilatih oleh Nyai dan Kyai Tembini agar jadi anak yang beradab, sensitif, dan bermatabat. Pada tahun 1997, tempat itu jadi Dusun Rekreasi. Di tengah-tengah dusun ada Pohon Preh Besar yang disebut makan Nyai dan Kyai Tembini.

Baca juga : Wisata Malam Untuk Nongkrong Asik dan Nikmati Kuliner di Malioboro

2. Menyuguhkan Beberapa Paket Rekreasi

Dusun rekreasi ini disahkan pada tanggal 31 Agustus 2007 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai teritori daerah yang menyajikan kerajinan GMT. GMT sendiri ialah singkatan dari Gabusan, Manding, dan Tembi. Ada banyak paket rekreasi yang dapat dituruti pelancong saat bertandang ke dusun rekreasi itu.

Menyuguhkan Beberapa Paket Rekreasi

Salah satunya paket rekreasi yang dapat dituruti oleh pelancong saat bertandang ke dusun rekreasi ini yang terkait dengan kerajinan diantaranya membuat kerajinan berbentuk tempat pensil, membatik kedok atau kain, memberi warna atau membuat tembikar, membuat tepe kedelai, sampai paket kesenian angklung atau gejok lesung.

Disamping itu, ada paket aktivitas kulineran di mana pelancong dibawa lakukan olahan beberapa bahan makanan seperti membuat sagon dan membuat pisang goreng. Warga Dusun Rekreasi Tembi lah yang hendak menolong pelancong lakukan aktivitas ini. Disitu pelancong akan belajar memproses makanan tradisionil.

Ada paket rekreasi outbond seperti coba jalan memakai bakiak, tangkap belut, ambil tambang di sawah berlumpur, tangkap bebek di sawah berlumpur, dan bajak sawah. Pelancong bisa juga pilih paket rekreasi berkeliling-keliling dusun dengan memakai delman, juga bisa memakai sepeda ontel.

Baca juga : 8 Tempat Wisata Jogja Sedang Hits Dan Wajib Dikunjungi di Indonesia

3. Memiliki Rumah Budaya

Di dusun rekreasi ini ada museum rumah budaya atau dikenali dengan Tembi rumah budaya yang merupaka area untuk menyimpan dokumentasi. Disamping itu, tempat ini simpan info tentang budaya dan riwayat Jawa. Sama sesuai namanya, di rumah budaya itu ada koleksi benda berkaitan budaya yang bermacam.

Memiliki Rumah Budaya

Adapun beberapa koleksi yang berada di Dusun Rekreasi Tembi diantaranya batik, perlengkapan seni gamelan, membajak, tombak, keris, riasg, sampai tungku yang disebut perlengkapan tradisionil ciri khas Jawa. Disamping itu, ada poster kuno, dokumentasi beberapa foto zaman dahulu, sepeda motor kuno sampai sepeda onthel.

Menariknya kembali, rumah budaya itu diperlengkapi dengan perpustakaan yang memiliki dokumen beberapa 5000 buah. Di dalam rumah budaya ini sering dipakai untuk mengadakan bermacam aktivitas seni budaya diantaranya panggung musik, teater dan tari, pergelaran seni tradisionil, pameran seni rupa, dan baca puisi.

Baca juga : Desa Wisata Mojo di Gunungkidul, Yogyakarta

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Dusun Tembi

Untuk ke arah ke arah tempat rekreasi memiliki nuansa budaya ini, pelancong dapat memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Lokasinya berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta persisnya Kecamatan Sewon. Dusun Rekreasi Tembi terletak tidak demikian jauh dari pusat perkotaan, berada di Dusun Timbulharjo, Desa Tembi, persisnya Jalan Parangtritis KM 8,5.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Dusun Tembi

Jarak dengan Tugu Yogyakarta lebih kurang 11-12 km atau dari Malioboro 0 KM Yogyakarta lebih kurang 9 km. Untuk jalurnya dapat lewat Malioboro atau Yogyakarta ikuti google maps. Kendaraan dapat ditujukan ke arah ke arah selatan lewat Jalan Parangtriris. Lebih kurang 20 menitan, pelancong akan sampai di lokasi.

Baca juga : 6 Tempat Wisata Jogjakarta Dengan Suasana Unik dan Menarik

Harga Ticket Masuk Dusun Rekreasi Dusun Tembi

Untuk nikmati keelokan dan kekhasan Dusun Rekreasi Tembi, harga ticket masuknya ialah di antara Rp 20.000 sampai Rp 50.000 bergantung tipe paket rekreasi yang diputuskan pelancong. Selanjutnya untuk ongkos parkir mobil ialah Rp 5.000 dan parkir motor Rp 3.000.

Harga Ticket Masuk Dusun Rekreasi Dusun Tembi

Tempat rekreasi ini dibuka sepanjang 24 jam. Untuk paket wisatanya ada ongkos tertentu dimulai dari Rp 20.000 s/d Rp 250.000.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Dusun Tembi

1. Bermalam di Homestay

Dusun Rekreasi Tembi memiliki beberapa homestay untuk pelancong yang menyajikan situasi perdesaan. Wujud homestay yang ada disitu berwujud limasan dan joglo yang disebut rumah tradisi ciri khas di Jawa. Dari homestay itu pelancong akan melihat petani yang bajak sawah atau aktivitas lain.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Dusun Tembi

Udaranya benar-benar sejuk dan fresh baik saat siang hari atau malam hari. Pelancong dapat dengarkan suara burung kuntul atau blekok. Di waktu malam hari juga, pelancong dapat dengarkan suara kodok dan jangkrik ciri khas perdesaan.

2. Berekreasi Kulineran

Di dusun rekreasi ini pelancong dapat menyicipi kulineran ciri khas perdesaan yang jarang-jarang diketemukan di wilayah yang lain. Ada banyak menu makanan ciri khas Bantul yang dapat dicoba di Dusun Rekreasi Tembi dengan penyuguhan yang simpel seperti gedang klutuk, sagon, bebek tembi, sayur lodeh, dan lain-lain.

Selainnya makanan tradisionil, pelancong bisa juga mencicip menu minuman ciri khas Bantul seperti jamu tradisionil dan wedang rempah. Nikmati hidangan kulineran lokal di dalam rumah makan dengan situasi perdesaan pasti jadi kepuasan tertentu untuk pelancong yang seringkali ada di lingkungan perkotaan.

3. Hunting Photo

Situasi perdesaan yang dikuasai dengan persawahan hijau, sungai, dan beberapa homestay yang berwujud joglo atau limasan. Hingga benar-benar sayang bila pelancong tidak bawa camera atau handphone untuk mendokumentasikan peristiwa berpose di Dusun Rekreasi Tembi.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Dusun Tembi

Untuk sarananya sendiri ada tempat parkir yang lega untuk kendaraan beroda 2 dan beroda 4. Disamping itu, ada jalanan setapak dari bambu dengan gazebo yang berada di ujung jalanan setapak Dusun Tembi.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Dusun Tembi

Disitu pelancong dapat pilih paket rekreasi seperti rekreasi kulineran, rekreasi outbond, rekreasi keliling dusun memakai delman atau sepeda onthel, atau rekreasi budaya. Hingga ada beberapa aktivitas yang dapat dilaksanakan disitu.

Ada masjid untuk kaum muslim melaksanakan ibadah, rumah makan yang menyuguhkan minuman dan makanan tradisionil ciri khas Bantul, gazebo untuk tempat sekedar duduk nikmati situasi, dan macam sarana yang memikat.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru Ini Fasilitas, Rute dan Tips Libur Di Jogjakarta

Dusun Rekreasi Tembi menjadi satu diantara tempat rekreasi memikat buat didatangi saat pelancong liburan di teritori Bantul. Selainnya berkunjung beberapa pantai berpasir hitam, pelancong dapat tiba ke dusun rekreasi ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :