Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Dusun Rekreasi Bilebante Jadi Dusun Rekreasi Lombok

Dusun Rekreasi Bilebante Jadi Dusun Rekreasi Lombok

/

Direktori Wisata – Salah satunya dusun rekreasi di Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Dusun Rekreasi Bilebante sudah mendapatkan sertifikasi CHSE dan siap untuk didatangi pelancong.

Dusun Rekreasi Bilebante Jadi Dusun Rekreasi Lombok

Dusun yang dikenal juga sebagai Dusun Rekreasi Hijau Bilebante itu tawarkan keelokan perdesaan yang asri, dan lajur tepi sawah yang pas dilalui sekalian kayuh.

Walau begitu, Ketua Pokdarwis Dusun Bilebante Pahrul Azim menjelaskan jika dahulu faksinya sempat pesimis tempatnya mau jadi sebuah dusun rekreasi.

Karena, di saat itu, pengetahuan beberapa pengurus dusun akan dusun rekreasi ialah sebuah dusun yang sama dengan pantai, gunung, bukit, air terjun, atau rimba.

“Di Bilebante kita tidak mendapati itu. Di Bilebante itu cuman ada bentangan sawah, selanjutnya ada petani, dan lain-lain,” katanya. Keadaan itu dia berikan pada acara bincang virtual Kreasi Inovatif Indonesia bertema “Talkshow Dusun Rekreasi ‘Ikon Unggulan Baru Wonderful Indonesia”.

Walau begitu, sesudah mendapatkan training dari Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) lewat kerja-sama Indonesia-Jerman dan Bappenas pada 4 April 2015, faksi Pahrul mulai memahami mengenai dusun rekreasi.

Dusun Rekreasi Bilebante Lombok Tengah

Lewat kontribusi itu, mereka dituntun oleh team GIZ langsung tiba ke Dusun Bilebante. Pada kunjungannya, Pahrul menjelaskan jika mereka sempat kaget.

Mereka menyaksikan di Bilebante ada bebek, ia terkejut. Kami mengajak saksikan pisang, ada yang masak di tengah-tengah sawah, ia terkejut juga. Rupanya, yang disebutkan sebagai dusun rekreasi itu ialah bagaimana orisinalitas dusun terbangun dan bagaimana pengalaman di dusun itu.

Baca juga : Desa Wisata Budaya dan Sejarah Di Kabupaten Lombok Tengah

Daya tarik Dusun Rekreasi Bilebante Dusun Rekreasi Bilebante berada di Kecamatan Pringgarata, Lombok tengah. Di situ, ada beberapa hal unik yang hendak dijumpai oleh pelancong. Satu diantaranya ialah dusun ini sebagai rumah masyarakat suku Sasak yang disebut suku asli Lombok.

Ada juga Lembah Gardena, sebuah taman yang dahulunya sebagai tempat sisa galian pasir. Dahulu, penggalian pasir sebagai sumber penghasilan masyarakat Dusun Bilebante saat sebelum berpindah ke bidang pariwisata.

Baca juga : Desa Wisata Ende Mengenal Dekat Masyarakat Adat Lombok Tengah

Memiliki konsep ekowisata, pelancong akan disajikan bermacam tanaman dan pohon-pohonan cantik yang tumbuh asri di situ. Disamping itu, di situ ada juga sebuah kolam berupa hati yang bisa dijadikan spot photo.

Baca Juga : Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok

Dusun itu mempunyai Pasar Pancingan yang dikeluarkan pada 2017 lewat kerja-sama dengan GenPi Lombok Sumbawa yang menapilkan kulineran ciri khas Lombok dan Nusantara.

Untuk pelancong yang ingin bermalam, Dusun Rekreasi Bilebante mempunyai homestay yang manfaatkan beberapa rumah masyarakat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :