Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Klungkung / Devil’s Tear, Tebing Karang yang Melawan di Nusa Lembongan Bali

Devil’s Tear, Tebing Karang yang Melawan di Nusa Lembongan Bali

/

Devil’s Tear, Tebing Karang yang Melawan di Nusa Lembongan Bali. Devil’s Tear menjadi satu diantara tempat wisata di Nusa Lembongan Bali yang tawarkan panorama pantai dan beberapa tebing karang terjal yang paling melawan.

Devil's Tear, Tebing Karang yang Melawan di Nusa Lembongan Bali

Devil’s Tear jadi favorit pariwisata di Nusa Lembongan yang disebut daerah perairan Kabupaten Klunkung. Tempat ini mempunyai panorama bukit-bukit karang dengan ombak yang berebutan menghajar tebing dengan keras. Karena sangat kencangnya, banyak bulir-bulir air laut yang melonjak ke sana-kemari sesudah ombak tiba lalu jatuh ke atas batu karang.

Peristiwa itu jadi asal mula dikatakannya “Devil’s Tears”. Nama bukit karang ini jika dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia memiliki arti air mata iblis. Cukup horor untuk sebuah nama. Keelokan yang lain bisa dicicipi saat di bukit ini yaitu pemandangan pantainya yang sunyi dan senyap. Jika bertandang sore hari, Anda akan disajikan keelokan panorama matahari tenggelam.

Karenanya, banyak pula yang tiba di saat senja karena akan mendapatkan tiga keelokan. Dahulunya, tempat ini demikian alami tanpa toilet umum, warung, dan tempat beribadah. Karena itu, pengunjung yang tiba kerap bawa perbekalan dan buang air dahulu saat sebelum pergi. Dan sekarang, untuk menambahkan kenyamanan wisatawan, dibuatlah ke-3  sarana di atas.

Baca juga : Angel’s Billabong Nusa Penida

Daya Ambil yang Dipunyai Devil’s Tear Nusa Lembongan

Rekreasi alam Devil’s Tear punyai beberapa daya magnet unik. Tetapi, tempat ini sedikit kurang ramah pada anak-anak karena tempatnya yang sedikit terjal. Oleh masyarakat Lembongan, tempat ini disebutkan dengan ‘Sedok Gumblong’. Sedok yang memiliki arti teluk rendah dan Gumblong yang memiliki arti arah ke arah empang minum sapi gembalaan.

Daya Ambil yang Dipunyai Devil's Tear Nusa Lembongan

1. Deburan Ombak

Daya magnet khusus dari Devil’s Tear yaitu deburan ombaknya. Ombak yang sering menubruk tebing pada tempat ini benar-benar kuat. Pukulan terkuat menubruk segi kiri tebing. Bahkan juga buih-buih air lautnya jatuh di atas tebing karang sampai tergenangi apabila melimpah akan jatuh ke samudera bak air terjun.

Jika air laut sedang pasang, deburan ombak pada tempat ini paling garang dibandingkan rekreasi lain di Nusa Lembongan. Kegarangan ombak di sini, sempat menelan korban yang berswafoto di zone aman. Karena itu, Anda yang bertandang ke arah tempat ini sedikitlah menjauhi dari tempat segi kiri tebing dan berdiri terlampau dekat sama segi luar tebing yang berdekatan sama air Samudera Hindia.

Bahkan juga karena sangat garangnya, kadang-kadang ombak pada tempat ini dapat melewati tinggi pohon kelapa. Tebing karang di sini mempunyai wujud huruf U. Gua di bawah tebing ini tercipta karena kuatnya ombak menegur. Sama dengan peribahasa batu yang dapat lubang karena tetes air yang stabil jatuh.

Lalu, ada pondok-pondok simpel yang dibuat di atas tebing untuk tempat sekedar duduk berlindung . Maka jika pengunjung capek, karena itu dapat duduk di bangku yang lunak dibandingkan harus duduk di atas tebing langsung.

2. Ada Pelangi

Peristiwa pelangi bisa dijumpai pada tempat ini. Tetapi, cuma yang memiliki ukuran kecil dengan ujung di atas tebing dan ujung satunya di atas laut. Proses ini muncul karena ada proses pembiasan. Yaitu pembiasan cahaya mentari yang terbelokkan hingga membuat lengkungan tujuh warna yang berurut.

Argumennya karena cahaya yang semestinya lempeng saat masuk ke air jadi serong hingga memunculkan peristiwa pelangi. Anda yang untung menyaksikan pelangi ada disebelah tebing bisa mendokumentasikan lewat camera handphone atau camera professional yang mempunyai kualitas lebih bagus. Bila tidak merasakan peristiwa ini, Anda bisa berpose dengan ombak yang menubruk tebing.

3. Pemandangan Mentari Senja

Daya magnet Devil’s Tear paling akhir yaitu pemandangan mentari senja. Nanti saat hari akan usai, matahari akan bergerak turun seakan terbenam di dasar laut. Apabila Anda memfoto di status yang cocok, karena itu Anda dapat memperoleh photo matahari yang turun di ceruk tebing yang coba mengepaskan diri.

Baca juga : Aloha Ubud Swing

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Devil’s Tear Nusa Lembongan

Devil’s Tear sebagai salah satunya tujuan rekreasi Nusa Lembongan Klungkung yang harus didatangi dengan seberang. Jika pergi dari pantai Sanur, pergilah ke pelabuhan. Lantas, pilih ingin memakai kapal cepat atau perahu motor sebagai alat transportasi ke arah pelabuhan Jungut Batu. Perjalanan akan dilakukan dalam tiga puluh menit.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Devil's Tear Nusa Lembongan

Sampai di pelabuhan Jungut Batu, pengunjung dapat sewa mobil atau sepeda motor supaya dapat sampai ke Devil’s Tear. Ongkos rental sepeda motor sekitar tujuh puluh ribu untuk sewa enam jam. Apabila sepanjang hari dipandang 100 ribu. Dan harga rental mobil untuk satu hari sekitar di delapan ratus ribu. Optimal satu mobil carteran bisa memuat sampai sepuluh orang.

Jika pilih tiba dengan sepeda motor, Anda dapat sampai di lokasi tanpa perlu jalan kaki. Jika pilih tiba dengan mobil, Anda dapat memarkir kendaraan di tempat parkir pantai Dream Beach lalu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Teruslah waspada sepanjang berkendaraan di jalanan berbatu dan berdebu. Lantas, tidak boleh tiba terlampau petang karena jalanan pada tempat ini tidak banyak memiliki lampu jalan.

Dari beberapa lokasi rekreasi di Nusa Lembongan, Devil’s Tear menjadi satu diantara lokasi rekreasi yang dapat didatangi dengan bebas. Tempat ini benar-benar tidak memerintah siapa saja yang tiba untuk bayar ticket masuk. Rekreasi ini dibuka tiap hari. Pengunjung dapat tiba di antara jam dua belas malam sampai jam dua belas malam selanjutnya. Yang maknanya tempat ini dibuka 24 jam.

Pengunjung yang jalan kaki langsung bisa jalan masuk ke Devil’s Tear. Tapi pengunjung yang bawa sepeda motor, harus memarkir dahulu kendaraannya. Kemudian, baru dibolehkan untuk masuk.

Walau tidak ditempatkan yang rapi, penjaga parkir di situ akan membereskan sepeda motor jadi sebuah barisan. Harus diingat, jika parkir pada tempat ini janganlah sampai mengamankan kemudi sepeda motor supaya gampang dipindah oleh petugas parkir.

Baca juga : Gala-Gala Underground House

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Devil’s Tear Nusa Lembongan

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Devil's Tear Nusa Lembongan

1. Melonjak dari Atas Tebing

Anda yang sedikit bebal dan menyenangi hal melawan, dapat coba melonjak di atas tebing. Tetapi harus diingat jika ini jangan untuk ditiru karena terhitung perlakuan beresiko dan dapat hilangkan nyawa. Tebing karang ini juga cukup tajam hingga jauhi untuk jalan-jalan tanpa alas kaki. Apabila sedang musim penghujan, batu karang bisa menjadi cukup licin.

2. Duduk-Duduk

Jika pengunjung berasa lemas atau kepanasan, karena itu mereka bisa berlindung di pondok bambu dan duduk di atas bangku plastik. Juga bisa melihati deburan ombak yang menyemburkan-nyembur atau mengobrol dengan pelancong asing untuk menambahkan kenalan baru. Apabila berasa lapar, karena itu dapat beli suatu hal di warung lalu kembali lagi ke atas tebing.

3. Berswafoto

Karena kekhasan dari Devil’s Tear, membuat beberapa photografer professional atau photografer kejutan tiba kesini. Banyak yang menanti ombak tiba baru memencet tombol foto. Tetapi jika tiba sendiri, hati-hatilah saat berpose sendiri supaya tidak terikut gelombang ombak sampai kecebur ke laut.

Karena sempat terjadi kasus kematian, karena itu petugas Devil’s Tear membuat pagar pemisah dari kayu dan tali tambang supaya tidak dijumpai kembali kasus sama. Ini juga menjadi pengaman untuk pelancong yang lupa berpose dengan mundur-mundur ke pinggir tebing untuk mengincar photo yang baik.

Dan terpasang papan peringatan yang berisi tiap kegiatan jadi tanggung-jawab pribadi supaya pengunjung lebih waspada . Maka, Anda harus waspada bila ada di teritori ini.

4. Bermain Pasir

Di samping bukit karang, ada pantai dengan bentangan pasir putih. Pasir di sini benar-benar halus dan jarang-jarang dijumpai sampah seperti pada pantai Kuta. Tetapi karena saat siang matahari jadi terik, Anda dianjurkan menggunakan tirai surya supaya kulit Anda tidak gosong beberapa. Atau juga bisa berlindung memakai payung.

Ombak di pantai ini juga tidak begitu tinggi hingga aman jika bermain air di tepian. Ini karena terpaan ombak yang kuat sudah berkenaan bukit karang lebih dulu hingga kemampuannya banyak menyusut . Maka pelancong yang bawa anak kecil dapat berpose di bukit karang sesaat lalu lama-lama bergembira di pantai ini.

Baca juga : Rumah Pohon Batu Molenteng

Sarana Rekreasi yang Ada di Devil’s Tear Nusa Lembongan

Sarana yang berada di bukit terjal ini ibarat umumnya tempat rekreasi. Yaitu toilet umum, warung makanan dan minuman, tempat parkir, dan pemondokan. Toilet umum yang disiapkan ada banyak bedeng. Lantas, untuk warungnya jual minuman seduh, es kelapa muda, dan makanan instant dan makanan yang gampang untuk dibikin. Baiknya, telah dibuat tempat beribadah di sini.

Sarana Rekreasi yang Ada di Devil's Tear Nusa Lembongan

Tempat parkir di Devil’s Tear termasuk luas hingga pengunjung tak perlu cemas kekurangan tempat untuk simpan sementara kendaraannya. Pemondokan ada di sekitar tempat ini hingga pengunjung yang ingin habiskan beberapa waktu berlibur di Nusa Lembongan bisa terwujud.

Tersebut pembahasan komplet yang mengulas berkenaan jalur jalan, macam sarana, harga ticket, dan daya magnet Devil’s Tears Nusa Lembongan di Bali. Tipe rekreasi yang unik ini dapat menambahkan pengalaman berlibur baru untuk Anda yang hoby berkeliling-keliling negeri. Dan hapus daftar arah rekreasi di Nusa Lembongan karena sudah sukses dikunjungi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :