Destinasi Wisata Unik di Kampung Cikondang Bandung

posted in: Bandung | 0

Tempat Wisata Unik di Situs Kampung Cikondang Pangalengan Bandung

Direktori Wisata – Perkampungan adat dengan ragam destinasi wisata budaya dan alam keunikan tradisi leluhur yang berada di daerah Pangalengan bandung yang menarik dikunjungi.

Bandung bukan hanya dikenal sebagai kawasan yang menyajikan destinasi liburan yang menyajikan keindahan alam dan ragam keunikan tradisi serta kulinernya. Dengan berjalannya waktu kini Bandung menjadi destiasi yang mulai banyak diminati oleh para wisatawan lokal maupun luar kota.

Maraknya perkembangan tempat wisata yang ada di Bandung, hal ini tidak menutup kemungkinan menutup hadirnya kawasan destinasi wisata unik di Bandung pun ikut meramaikan dan menawarkan ragam destinasi liburan yang menarik dikunjungi bagi para wisatawan.

Rumah Adat kampung Cikondang

Bagi sahabat Direktori Wisata yang menginginkan liburan dengan suasana berbeda di Bandung, kini kita dapat menghadiri tempat wisata unik di bandung yang menawarkan nuansa perkampungan Pasundan dengan ragam tradisi dan budaya masyarakat lokalnya yang hingga kini masih dilestarikan yang berada di Kampung Cikondang Pangalengan Bandung Selatan.

Kampung Cikondang merupakan sebuah perkampungan adat yang terletak di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa yang di kenal dengan nuansa asri nan hijau ini terletak sekitar 80 meter dari Jalan Raya Pangalengan Bandung serta tidak jauh dari Desa Cikalong yang dikenal dengan PLTA Cikalongnya.

Namun dari pengalaman Direktori Wisata berkunjung ke lokasi, bila kita melalui jalur akses jalan dari PLTA Cikalong maka jarak yang akan kita tempuh sekitar 4 km untuk menuju Kampung Adat Cikondang Pangalengan. bagi sahabat Direktori Wisata yang akan berkunjung ke salah satu tempat wisata unik dan menarik di Bandung tidak ada salahnya mencoba berkunjung di situs Kampung Cikondang Pangalengan.

Sesampainya kita di lokasi destinasi wisata unik di Bandung yang terdapat di kecamatan pangalengan ini, kita akan disambut dengan hamparan pemandangan hijau yang menyejukan mata siap menyambut kehadiran setiap pengunjung yang hadir di kampung Adat Cikondang.

Aktivitas para petani yang menjadi mata pencarian warga lokal di Kampung Cikondang Pangalengan Bandung sangat jelas terlihat oleh siapapun yang hadir di tempat wisata unik dan menarik di bandung yang dikenal masih menjadi tradisi nenek moyangnya. Hal ini disebabkan oleh letak geografis kampung ini yang sangat mendukung sebagai daerah agraris.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari seorang tokoh masyarakat setempat Bapak Anom Juhana, asal nama Cikondang sendiri merupakan asal dari dua buah suku kata, yaitu “Cai” dan “Kondang”. Dimana “Cai” sendiri memiliki arti sebuah mata air, sedangkan “Kondang” merupakan nama sebuah pohon yang berada di tempat mata air itu berada.

Lanjut informasi….
Penghuni pertama kali di Kampung Cikondang ini dulunya didiami oleh uyut Pemeget atau yang dikenal dengan sebutan “laki-laki” dan uyut istri atau “perempuan” yang kemudai kedua tokoh tersebut disebut sebagai keramat Kampung Cikondang yang mulai dikenal sekitar abad ke-17.

Dari pengamatan Direktori Wisata di Kampung Adat Cikondang Bandung ini, terlihat pemandangan rumah bergaya arsitektur sederhana dengan deretan rumah kayu yang berbentuk panggung. Konon rumah-rumah tersebut sudah berdiri sekitar 300 tahun yang lalu. Kita bisa bayangkan sudah berapa lama usia rumah adat yang menjadi tempat wisata unik di Bandung ini ?….

Namun walau sudah berumur cukup tua, bangunan rumat adat Kampung Cikondang tersebut masih dilestarikan bentuk dan keberaannya hingga kini menjadi salah satu Cagar Budaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Sedangkang untuk ukuran rumah adat di Kampung Cikondang Bandung tersebut menurut informasi yang Direktori Wisata terima dari Abah Juhana salah seorang sesepun dan Juru Kuni Rumah Adat Cikondang, rumah adat tersebut berukuran sekitar 8 meter x 12 meter yang meniolkan tahun dengan bulannya. Dimana 8 itu merupakan simbol dari tahun, sedangkan 12 simbol dari bulannya.

Dengan mengunjungi salah satu tempat wisata unik di bandung seperti di Kampung Cikondang ini, kita dapat melihat dari dekat rumah adat yang menjadi cagar budaya. Di tempat inilah kita bisa menyaksikan dari dekat dan melihat langsung bangunan rumah adat berarsitektur tradisional berbahan baku kayu bambu dan ijuk tersebut dari tampak luar.

Bila sahabat Direktori Wisata perhatikan dengan sesakma, maka kita akan dapat melihat jelas dua bangunan yang berbeda yakni yang berdampingan dengan ruang “leuit” atau dikenal dengan ruang penyimpanan beras yang berada di depan dan sampingnya. Bila sahabat memiliki kesempatan untuk memasuki ruang rumah adat di kampung Cikondang, maka kita akan dapat merasakan masuk rumah dengan nuansa pada jama dahulu kala.

Rumah Adat kampung Cikondang Bandung

Rumah adat Kampung Cikondang ini terdiri satu pintu dan lima buah jendela, dimana pada masing-masing jendela terdapat sembilan pembatas yang menutupiya. Konon, dari keterangan yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, hal tersebut tidak luput dari filosofi yang mengiringinya. Seperti jumlah 5 buah jendela yang berasal dari filosofi waktu dan satu pinu yang terdiri berarti satu arah, dimana semuanya berhubungan dengan keimanan yang diterapkan dalam hidup masyarakat lokal sejak dulunya.

Keunikan tempat wisata di Bandung ini lainnya yaitu alat-alat dapur yang berada di dalam rumah adat tersebut konon, sudah ada sejak dulu. Seperti tempat menanak nasi, meja, nampan, gelas-gelas serta piring yang terbuat dari seng, teko dan alat lainnya. Dan hingga saat ini rumah Adat kampung Cikondang bandung telah dipegang oleh 5 orang juru kunci, mulai dari Emak Mpuh, Emak Akung hingga Abah Juhana.

Konon informasi yang Direktori Wisata, keunikan pengatan juru kunci untuk Rumah Adat di kampung Cikondang tersebut juga tidak bisa sembarangan. Karen diperlukan syarat-syarat khusu untuk pengangkatan juru kuncinya. Disamping penilaiannya juga dari totokh-tokoh sesepuh kampung, namun yang terpenting harus ada darah dan keturunan dari pendiri kampung ini.

Jangan lupa mampir ke detinasi wisata unik di Bandung lainnya yang berada di pangalengan dengan mengunjungi tempat produksi Kopi Luwak Pangalengan Bandung

Bila kita menelisik di samping Rumah Adat kampung Cikondang, maka kita akan menemukan makam keramat yaitu makam juru kunci rumah adat Cikondang terdahulu. Dimana di tempat tersebut terdapat dua buah bangunan yang di dalamnya terdapat beberapa makam.

Lanjut informasi….
Bangunan pertama terdapat makam leluhur dan makam juru kunci pertama beserta istri. Sedangkan untuk bangunan yang kedua, merupakan makam juru kunci kedua yaitu Emak Akung.

Cari Tahu Tempat Wisata Unik Sekitar Jakarta

Selain bangunan maka keramat, di dalam area kampung Cikondang juga terdapat sebuah hutan larangan yang diberi nama Leuweung Larangan. Diaman hutan tersebut memberikan penjelasan kepada setiap insan manusia pentingnya berdampingan dengan penyelarasan hidup dengan alam itu sangat penting sekali.

Sebagai informasi tambahan bagi sahabat Direktori Wisata yang akan berkunjung ke Rumah Adat Cikondang ada baiknya berkunjung di luar hari Selasa, Jum’at dan hari Sabtu. Karena bila kita berkunjung di hari-hari tersebut maka tidak dilayani oleh kuncennya.

Cara menuju Kampung Adat Cikondang bandung, kita bisa menggunakan transportasi kendaraan pribadi roda dua atau motor maupun mobil. Sahabat Direktori Wisata bisa menggunakan akses jalan dengan menggunakan peta petunjuk di bawah ini yang dapat disesuakan dengan tempat asl keberangkatan.

Bagi sahabat yang menggunakan kendaraan pribadi ada baiknya periksa kondisi kendaraan sebelum menuju ke lokasi, karen rute jalan yang akan dilalui sangat bervariatif dan menyempit. Terutama untuk kondisi mesin dan ban kendaraan. Namun bagi sahabat yang menggunakan transportasi umum, carilah transportasi angkutan dari bandung menuju ke Pangalengan. Stelah itu di lanjutkan dengan kendaraan motor ojek.

Sedangkan penginapan yang terdapat di sekitar obyek wisata Rumah adat kampung Cikondang, kita bisa menginap di penginapan dekat alun-alun Pangaelengan yang letaknya dekat dengan pasar ataupun Kantor Kecamatan.

Kampung Adat Cikondang bandung merupakan salah satu detinasi wisata unik di bandung yang dapat menjadi alternativ pilihan bagi sahabat Direktori Wisata yang akan memberikan nuansa liburan yang unik dan berwawasan budaya dan tradisi masyarakat lokal. Semoga informasi pengalam perjalanan ini bisa membantu kita semua untuk memberikan gambaran dan pengetahuan obyek wisata di daerah sekitar Pangalengan Bandung.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.