Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / 12 Destinasi Wisata Sumatera Wajib Untuk Dikunjungi Wisatawan

12 Destinasi Wisata Sumatera Wajib Untuk Dikunjungi Wisatawan

/

12 Objek Wisata Wajib Kunjungi Pada Saat Wisatawan Sumatera

Direktori Wisata – Destinasi yang menyajikan tempat wisata di pulau terbesar yang ada di Indonesia dengan kunjungan wisatawan di Sumatera.

Salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia, Sumatera, menyimpan kekayaan alam dan pesona budaya tersendiri yang sangat menarik untuk dijelajahi.

12 Destinasi Wisata Sumatera Wajib Dikunjungi Wisatawan

Ada banyak sekali destinasi wisata di Sumatera yang popularitasnya tak hanya terkenal di Indonesia, namun juga tersohor di dunia. 

Beberapa tahun terakhir, Danau Toba di Sumatra Utara gencar dipromosikan sebagai wisata terbaik di dunia. Bukan tanpa alasan, keindahan alam Danau Toba tak perlu diragukan lagi. 

Dari sekian banyak destinasi wisata di Sumatera tersebut, berikut rangkuman dan rekomendasi destinasi wisata di Sumatera yang wajib kamu kunjungi para wisatawan.

Destinasi Wisata di Sumatera

Pantai Lhok Mee

Beralih ke provinsi paling ujung utara dari pulau Sumatera, destinasi wisata di Sumatera lainnya adalah Pantai Lhok Mee yang berlokasi sekitar 30 kilometer dari Banda Aceh. 

Pantai Lhok Mee Aceh

Keunikan dari objek wisata di Sumatera satu ini adalah keberadaan pohon-pohon yang bertumbuhan di tengah-tengah laut, menjadikannya salah satu spot travel photography yang sangat menarik.

Danau Toba & Pulau Samosir, Sumatera Utara

Berbicara soal destinasi wisata di Sumatera, takkan lengkap tanpa singgah ke danau Toba dan pulau Samosir yang berada di tengahnya. Danau terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara ini merupakan danau vulkanik yang telah berusia ribuan tahun.

Pesona Wisata Danau Toba, Keindahan Alam Pulau Sumatera

Selain menawarkan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan, kamu juga bisa mengenal lebih dekat adat budaya masyarakat Batak di desa-desa yang berada di sekitar danau ini ataupun pulau Samosir.

Ombak Bono, Riau

Spot surfing di Indonesia memang sudah sangat tersohor di dunia. Berbeda dengan spot surfing yang pada umumnya berada di pantai, destinasi wisata di Sumatera selanjutnya ini menawarkan sensasi berselancar di sungai.

Ombak Bono Riau

Berada di provinsi Riau, tepatnya di Sungai Kampar, kamu bisa menemukan fenomena alam ombak Bono dimana pertemuan arus air tawar dan air asin yang menghasilkan gelombak yang sangat cocok untuk surfing.

Untuk merasakan langsung pengalaman surfing di objek wisata Sumatera satu ini, pastikan sahabat Direktori Wisata mengunjunginya pada bulan purnama pertama bulan Agustus dimana fenomena ombak Bono ini terjadi.

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Sumatera Barat memang kaya akan destinasi wisata, objek wisata di Sumatera populer selanjutnya adalah Danau Maninjau. 

Danau Maninjau

Sahabat Direktori Wisata dapat langsung berkunjung ke tempat wisata di Sumatera untuk meilihat dari dekat Danau ini.

Meskipun perjalanan ke destinasi wisata di Sumatera ini cukup menantang, namun pemandangan indah yang memukau di Danau Maninjau dijamin akan membuat perjalanan tersebut terbayar lunas.

Bukit Gajah Bobok, Sumatera

Sesuai namanya, disebut Bukit Gajah Bobok karena mirip seperti seekor gajah yang sedang tidur. Salah satu pesona Bukit Gajah Bobok yang paling diincar yakni keindahan sunrise dan sunset-nya. 

Bukit Gajah Bobok

Sahabat Direktori Wisata pun bisa berkemah untuk menikmati pemandangan alam indah dari atas bukit dan menyaksikan gemerlap bintang di malam hari.

Bukit Siadtaratas

Pesona keindahan alam bukit Siadtaratas sama dengan Bukit Gajah Bobok. Kamu bisa menikmati spot foto yang estetik dan Instagramable. Bisa juga jadi lokasi berkemah.

Bukit Sadtaratas

Namun, jalannya cukup ekstrem dan kecil. Tak masalah, karena perjuanganmu akan terbayar lunas ketika sampai di atas Bukit Siadtaratas. 

Bukit Holbung Samosir

Daya tarik Bukit Holbung adalah perpaduan pesona Danau Toba, perbukitan indah dengan tanaman ilalang yang cantik. Wisata Bukit Holbung menawarkan spot foto yang instagenik dan kece. 

Bukit Holbung Samosir

Selain Anda dapat menikmati keindahan Bukit Holbung  yang juga bisa menikmati udara sejuk, yang membuat sahabat Direktori Wisata bisa bertahan lama.

Ngarai Sianok, Bukittinggi

Masih berada di Sumatera Barat, kamu bisa melanjutkan petualanganmu ke Ngarai Sianok. Destinasi wisata di Sumatera ini terletak di perbatasan Bukittingi, Kabupaten Agam dan kerap dijuluki Lembah Pendiam karena suasana di kawasan ini sangat sunyi sehingga kamu bisa merasakan atmosfer tenang dan damau. 

Lembah Nagrai Sianok

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata di Sumatera ini adalah sore hari. Selain karena udara sejuknya yang semakin teduh, kamu juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang sangat indah di tempat wisata Sumatera ini.

Lembah Harau, Payakumbuh

Objek wisata di Sumatera selanjutnya adalah Lembah Harau yang berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat. Kawasan cagar alam yang mengapit Kelok Sembilan ini menyajikan pemadangan indah ngarai dengan tebing-tebing granit dan cadar yang sangat eksotis.

Lembah Harau

Semakin indah karena di kawasan destinasi wisata Sumatera ini terdapat air terjun serta keberadaan rumah-rumah adat Minangkabau yang menambah unik pemandanganmu saat singgah ke Lembah Harau.

Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Dari Sumatera Selatan, sahabta Direktori Wisata bisa melanjutkan perjalanan road trip ke Jambi dan menjumpai Bukit Khayangan, objek wisata di Sumatera yang berada pada ketinggian 1.500 meter di atas laut. Keberadaan kabut dan awan yang turun ke dataran tendah membuatmu seperti tengah berada di atas awan. 

Bukit Khayangan

Dari objek wisata di Sumatera ini juga kamu bisa memandang lebih dekat panorama Gunung Kerinci yang menakjubkan. Untuk kamu yang mencari suasana berbeda yang mampu menyegarkan pikiran, destinasi wisata di Sumatera satu ini bisa jadi pilihan terbaik.

Danau Ranau

Di perbatasan provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, kamu bisa menjumpai destinasi wisata di Sumatera selanjutnya, yakni Danau Ranau. Objek wisata di Sumatera satu ini merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Ranau

Selain pemadangannya yang masih sangat asri, daya tarik lainnya dari destinasi wisata di Sumatera satu ini adalah udaranya yang sangat sejuk dan menyegarkan sehingga kamu akan dibuat betah menikmati panoramanya.

Pesisir Kalianda, Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Jika kamu berkunjung ke Lampung melalui jalur laut dan berlabuh di Pelabuhan Bakauheni, kamu bisa melipir ke Pesisir Kalianda.

Pesisir Kalianda Lampung

Dimana disepanjang pesisir tersebut sahabat Direktori Wisata bisa mengunjungi pantai-pantai indah seperti Pantai Tapak Kera, Pantai Kedu, Pantai Marina, Pantai Batu Lapis, Pantai Merak Belantun, Pantai Sebalang, dan pantai-pantai indah lainnya.

Selain itu, di Lampung juga masih terdapat berbagai pantai indah lainnya yang bisa kamu kunjungi mulai dari Pantai Tanjun Setia, Pantai Pasir Putih, Pantai Krui dan juga Pantai Gigi Hiu.

Itulah destinasi wisata di Sumatera yang dapat dikunjungi pada saat Anda liburan di Sumatera. Semoga bisa mempermudah perjalanan sahabat Direktori Wisata.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :