Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Pulau Bidadari / Destinasi Wisata Pulau Bidadari Kepulauan Seribu, Jakarta

Destinasi Wisata Pulau Bidadari Kepulauan Seribu, Jakarta

Liburan Sehari Nikmati Objek Wisata Bahari Di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu, Jakarta

Direktori Wisata. – Pulau Bidadari dengan beragam destinasi wisata baharinya yang eksotis dan menarik dikunjungi di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kepulauan seribu yang memiliki tempat ekowisata alam dan sejarah yang menarik dikunjungi. Lokasinya berada di kepulauan seribu berjarak tempuh +/- 20 menit dari Pantai Marina Ancol Jakarta.

dermaga-17-marina-ancol

Tepat pukul 06 pagi para Vlogger ( Blogger yang tergabung dan dalam komunitas Vivalog) mulai berdatangan satu persatu dan berkumpul pagi hari di  Lounge Marina Ancol Jakarta.  Dan pada pukul 09.00 WIB perjalanan menuju Bidadari Eco Resort pun dilaksanakan dari dermaga 17 pantai Marina Ancol Jakarta dengan menggunakan kapal boat cepat.

kapal-cepat-pulau-bidadari

Satu persatu dari Vlogger naik ke kapal boat yang telah disediakan. Kapal ini memiliki kapasitas yang cukup banyak,  +/- 50 blogger bersama para admin dari VIVAlog dan juru kamera ANTV yang akan meliput kegiatan Vlogger Gathering. Satu persatu kami naik ke dalam kapal dari dermaga keberangkatan di Pantai Marina Ancol yang telah disiapkan untuk para peserta Vlogger Gathering kali ini.

tempat-duduk-dalam-kapal

Memasuki bagian dalam kapal kami pun dapat melihat interior yang dilengkapi dengan alat penyelamatan berupa pelampung yang tersedia di bawah tempat duduk masing-masing penumpang. Para peserta dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan. Jendela kapal yang bisa dibuka dan ditutup mempermudah kita untuk menikmati pemandangan dan udara bebas laut yang bisa kita nikmati selama perjalanan berlangsung.

wisata-pulau-bidadari

Perlahan namun pasti nakoda kapal mengarahkan laju kapal yang kami tumpangi. Di ruang kemudi kapal terdapat pelampung untuk digunakan bila terjadi sesuatu dalam perjalanan, ruang ini dapat menampung empat orang yang bisa digunakan bagi kita yang akan melihat pemandangan dari atas kapal selama perjalanan. Tentu harus seijin petugas yang berwenang bila kita akan duduk di ruang pengemudi yang berada di atas.

wisata-pulau-bidadari

Perjalanan menuju Pulau Bidadari dengan menggunakan kapal cepat dari pantai Marina Ancol tidak membuat kami merasa jenuh dan bosan, hanya 20 menit perjalanan penyeberangan dengan kapal cepat kami sampai di dermaga Bidadari Eco Resort. Di samping ombak laut yang tidak terlalu besar yang harus dilalui kapal kami, perjalanan kali ini kami juga ditemani cuaca dan udara yang sangat bersahabat. Hal ini bisa dilihat dari suasana yang terpancar dari wajah para peserta Vlogger Gathering dari VIVAlog selama perjalanan yang bisa kita lihat.

dermaga-pulau-bidadari

Sebuah pemandangan pulau yang indah, terpancar sangat jelas di depan dermaga kedatangan yang menyambut kehadiran kami. Senyum manis dari petugas yang menyambut kedatangan para peserta Vloggger Gathering  terlontar sangat jelas dari wajah para petugas. Baru sampai di atas dermaga kapal, kami pun tergoda melihat eksotisme keindahan dermaga kapal yang sungguh menggoda.

speedboat-pulau-bidadari

Salah satu spot cantik dermaga kapal yang kami manfaatkan adalah mengambil gambar foto di atas kapal cepat yang mengantarkan kami ke pulau ini. Lokasi dermaga kapal dan obyek kapal cepat juga sering menjadi sebuah titik spot cantik yang biasa digunakan oleh para fotografi yang menjadikan obyek foto mereka.

Konon,dermaga kapal ini merupakan salah satu titik spot cantik yang digunakan para fotografer profesional untuk membuat foto prewedding. Tidaklah heran banyak para wisatawan yang berkunjung di kepulauan seribu Jakarta ini untuk mengabadikan gambar foto di dermaga kapal dengan kamera yang di bawanya.

pulau-bidadari

Dari dermaga kapal ini pun kita dapat melihat kejernihan air laut yang berada di sekitarannya. Deretan meriam yang berjajar di depan ikon yang bertuliskan “Bidadari” yang menjadi ikon pulau ini. Meriam-meriam buatan yang merupakan replika ini menandakan bahwa pulau yang terletak di kepulaun seribu ini memiliki obyek wisata sejarah yang menarik di kunjungi.

Konon dulunya pulau ini menjadi salah satu tempat singgah bagi bangsa kolonial yang menjajah Indonesia sebelum sampai di Jakarta.

wisata-pulau-seribu

Memasuki kawasan Bidadari Eco Resort seluruh peserta di sambut iringan tari selamat datang dengan hidangan minuman khas yang bernama “tea manggo” untuk melepas rasa lelah selama penyeberangan.

Rasa minuman yang khas, membuat kami tidak cukup hanya menghabiskan satu gelas. Mungkin hal ini yang menjadikan kami merasa ketagihan untuk menikmati hidangan minuman satu ini.

prasasti-pulau-bidadari

Tidak jauh dari front office, kami menemukan sebuah prasasti besar yang menerangkan bahwa dulunya tempat ini dibangun benteng-benteng yang berbentuk bundar dan difungsikan untuk mengawasi dan melindungi Pulau Onrust sekitar abad XIX.

Konon akibat dari penyerangan Ingris pada tahun 1800-1810 ke Pulau Onrust, benteng-benteng yang terdapat di kawasan ini pun ikut hancur porak poranda. Dan kini lokasi area pulau ini dijadikan sebagai suaka purbakala yang dilindungi pemerintah Dinas Museum dan Sejarah Pemerintah DKI Jakarta.

vlogger-gathering-pulau-bidadari

Sebuah panggung hiburan yang terdapat di tengah-tengah area lapang dengan bangku yang tertata rapih menjadi tempat berkumpulnya kami bersama para Vlogger. Di lokasi ini kami di sambut dengan pihak manajemen PT. Seabreezz Indonesia yang akan mengajak kami untuk keliling pulau.

Dari pengenalan area resort hingga spot-spot wisata cantik Pulau Seribu yang cukup dikenal dikalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

vlogger-gathering-pulau-seribu

Dalam acara Vlogger Gathering ini, para blogger yang tergabung dalam portal berita online VIVAlog melakukan reportase langsung melalui gadget mereka ke akun pribadi media sosial mereka. Terlihat oleh kami seorang Vlogger yang sedang melakukan aktifitas di media online di lokasi.

Jadi bagi kita yang akan menghabiskan liburan di obyek wisata Bidadari Eco Resort, tidak perlu takut tidak dapet jaringan internet dan telepon selular di pulau ini.

vlogger-gathering-pulau-bidadari

Nuansa pantai yang kental di bawah sejuk dan rindangnya pohon-pohon besar, serta hempasan angin laut yang dapat dirasakan di area ini, menenggelamkan para peserta Vloggger Gathering yang hadir hanyut dalam acara pengenalan yang diberikan oleh pihak manajemen PT. Seabeerz Indonesia. Dengan rasa tawa canda riang semua peserta dan panitia ikut hanyut tenggelam dengan rasa bahagia.

tour-leader-pulau-bidadari

Selama perjalanan telususur pulau, Tour Leader Bidadari Eco Resort menerangkan setiap obyek wisata yang kami kunjungi. Berbagai bentuk resor eksotis yang terletak di pinggir pantai kami sambangi satu persatu melalui jenis ruang penginapan yang di sediakan bagi para wisatawan yang menginap di kawasan Bidadari Eco Resort.

Dari berbagai jenis penginapan di pulau ini, kita akan menemukan jenis standart room yang berjumlah 10 unit, suit cottage ada 6 unit, family floating cottage ada 8 unit, family cottage ada 12 unit, dan untuk deluxe cottage terdapat 23 unit.

restaurant-pulau-bidadari

Mengawali perjalanan wisata jelajah pulau kali ini, kami melihat sebuah bangunan yang terbuat dari kayu yang membentang luas di hadapan kami. Di bawah bangunan tersebut terdapat banyak meja dan kursi makan yang tertata rapih dengan dekorasi ruang yang menimbulkan suasana alam pedesaan pesisr pantai.

Dari informasi yang kami dapatkan ini merupakan tempat istirahat dan makan, lokasinya berada tidak jauh dari front office yang berada di dekat pintu masuk Bidadari Eco Resort, dan lokasinya menghadap ke pantai. Nama pantainya cukup unik, dia diberinama dengan sebutan “Pantai Jodoh”

pantai-jodoh-pulau-bidadari

Konon, pantai jodoh yang terletak di Bidadari Eco Resort ini berasal dari sebuah kisah cerita yang sudah menjadi legenda, yaitu sepasang remaja yang bertemu di kawasan pantai ini. Lalu mereka berkenalan dan menghabiskan liburan mereka di lokasi sekitar pantai. Keindahan alam di pesisir pantai ini dapat mempertemukan hati mereka, sehingga menjadikan mereka mengikat janji setia satu dengan yang lainnya hingga membangun rumah tangga.

pantai-pulau-bidadari

Pantai yang terdapat di depan restoran menyajikan pemandangan yang indah. Letak restoran yang menghadap langsung ke area pantai, menjadikan tempat ini sangat nyaman sebagai tempat istirahat dan menikmati hidangan menu makanan yang ditawarkan.

Sambil menikmati menu makan dan minum, kita bisa langsung menikmati deburan ombak dan angin pantai laut yang bersih dan indah.

kano-pulau-bidadari

Lokasi area pantai dilengkapi dengan sarana permainan banana boat, kano, dan yang lainnya. Semua ini dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung di kawasan Bidadari Eco Resort.

Bagi yang suka bermain pasir pantai dan juga berenang, pantai ini sangat cocok. Disamping bersih, area pantai tidak memiliki ombak yang besar. Dan untuk kamar bilas tersedia dekat dengan area pantainya.

kolam-renang-pulau-bidadari

Masih disekitaran lokasi rumah makan, kita pun dapat menemukan sebuah kolam renang keluarga. Di mana kolam renang tersebut memiliki desain sederhana dan nyaman bagi kita yang akan mengajak anak-anak main di kolam renang air tawar yang ada.

Air mancur yang berada di kolam renang ini menjadi arena permainan untuk anak-anak yang dilengkapi permaian yang terdapat di pinggir kolam.

jelajah-wisata-pulau-bidadari

Selanjutnya kami menuju sebuah lokasi yang tidak jauh dari kolam renang terdapat sebuah bangunan penginapan, bagi para wisatawan yang akan menghabiskan masa liburan di pulau ini. Bagi kita yang ingin jauh dari nuansa perkotaan dan polusi yang terdapat di Kota Jakarta.

Deretan bangunan penginapan ini memiliki jenis nama yang berbeda, dan semuanya menghadap ke pantai. Dari informasi yang diterima Direktori Wisata di lokasi, selain cottage yang menjadi salah satu ciri khas, di lokasi pulau ini kita juga dapat merasakan sensasi deburan ombak yang menemani kita tertidur lelap dalam bangunan penginapan yang diadopsi dari rumah pesisir bergaya arsitekstur masyarkat lokal Manado.

wisata-pulau-bidadari-pulau seribu

Salah satu contoh resor yang cukup dikenal wisatawan dan memiliki pemandangan yang indah adalah Family Floating Cottage. Penginapan ini lokasinya menjorok ke laut dari pinggir pantai suasana alami dan eksotis terpancar di kawasan sekitar area lokasi, jumlah semua penginapan jenis ini semuanya ada 8 unit. Dan Banyak spot cantik  di area penginapan yang bisa kita nikmati di sana.

cottage-pulau-bidadri

Sambil menikmati keindahan pesisir pantai dari atas tanjung yang menghubungkan kamar-kamar penginapan, kita juga dapat menikmati keindahan air laut yang bersih sambil duduk-duduk di atas jembatan yang menghubungkan setiap kamar cottage di area Family Floating. Lokasi area ini nampak indah, pesona keindahan alam pantai terpancar jelas, dan hal ini dapat memanjakan kita pada saat menghabiskan liburan di kepulauan seribu.

Untuk bagian belakang dari setiap kamar terdapat sebuah teras kecil yang langsung menghadap ke laut. Sepasang bangku dengan meja yang terbuat dari kayu akan menjadi tempat santai bagi para pengunjung yang menginap di resor pulau ini. Area ini paling asik untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau pun rekan sambil melepas lelah bagi para wisatawan yang menginap. Bila rasa malas untuk keliling pulau atau main ke pantai melanda diri kita, area ini juga asik sebagai salah satu pilihan alternative tongkrongan.

pulau-bidadari

Menapak jalan di atas jembatan yang terbuat dari kayu yang tertata rapih, kami menemukan sebuah lokasi yang bisa dijadikan sesi pengambilan foto-foto seru bersama keluarga dan kerabat. Lokasi ini memiliki latar belakang pemandangan laut yang cantik. Dari lokasi ini pun kita dapat menikmati indahnya bangunan pencakar langit yang berada di Kota Jakarta.

Lanjut…….
Tidak jauh dari lokasi, kami melewati sebuah kolam dolphin. Kolam ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi dan difungsikan sebagai sarana untuk para wisatawan agar bisa berinteraksi langsung dengan hewan cerdas lumba lumba. Namun, sayangnya pada saat kami sampai di lokasi area ini tertutup dan kami hanya dapat melihat lumba-lumba dari luar pintu pagar yang terkunci.

dolphin

Menurut informasi yang kami terima, lumba lumba juga bisa menjadi media theraphy bagi para penderita autis, karena menurut penelitian sinar sonar yang dipancarkan dari lumba lumba dapat merangsang saraf-saraf di tubuh penderita autis, sehingga apabila dilakukan secara insentif dan berkala dapat membantu proses pemulihan pasein autis untuk sembuh. Dan hal ini telah banyak buktinya.

Dari kolam dolphin kami melanjutkan ke obyek wisata sejarah. Dengan melewati hutan bakau yang terdapat di samping kolam dolphin. Pemandu wisata mengajak kami untuk melihat sebuah situs peninggalan sejarah yang menjadi cagar budaya di pulau ini. Bangunan ini adalah menara Martelo.

menara-martelo-pulau-bidadari

Bangunan yang terlihat kumuh dan kusam, terbuat dari susunan batu merah terlihat sebagai dinding bangunan yang mengitari bangunan situs bersejarah Menara Martelo, bangunan ini merupakan situs sejarah yang bernilai tinggi.

Di samping memiliki nilai sejarah yang tinggi, situs ini memiliki keunikan tersendiri bagi para pecinta dunia seni fotografi. Tidaklah heran area obyek wisata ini sering dijadikan sebagai tempat sesi pengambilan gambar foto prewedding bagi calon pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

menara-martelo-pulau-bidadari

Bukan hanya foto-foto prewedding yang bisa dibuat di lokasi Menara Martelo. Banyak juga para wisatawan yang mengabadikan foto-foto unik di lokasi menara ini. Seperti halnya kami dan para sahabat Vlogger lainnya yang mengabadikan foto di lokasi menara Mortelo. Baik di lokasi dalam menara, maupun dari area lokasi atas menara. Bahkan kegiatan Vlogger Gathering di Pulau Bidadari diliput oleh rekan-rekan jurnalis dari ANTV, keren kan ?

vlogger-gathering-pulau-bidadari

Sebagai informasi tambahan, ada baiknya bila kita ke tempat wisata sejarah di Menara Martelo ini, sebaiknya kita bisa menjaga kebersihan, dan berhati-hatilah dalam melakukan kegiatan di lokasi, karena bagaimanapun area ini merupakan situs bersejarah yang wajib mendapatkan perhatian dan wajib dijaga akan kelestariannya. Jangan sampai kehadiran kita malah membuat rusak dan mengotori bangunan bersejarah ini.

Dekat lokasi area Menara Martelo, kami dapat menjumpai sarang burung elang bondol yang terdapat di atas puncak pohon. Konon, elang bondol merupakan maskot burung Jakarta yang keberadaannya hampir punah. Dari informasi yang kami dapatkan, hewan elang bondol merupakan salah satu hewan burung yang dilindungi di dunia.  Dan di area lokasi ini, kita dapat menemukan sarang burungnya. Namun, sayangnya si burung elangnya tidak ada.

biawak

Masih disekitar area menara Martelo, kami pun menemukan seekor biawak yang sedang berjalan. Dari informasi yang kami dapatkan, biawak hidup bebas di pulau ini, dan populasinya ada 100 ekor.

Dari informasi petugas, biawak ini semuanya sangat bersahabat dengan manusia. Jadi jangan heran bila kita tiba-tiba bertemu biawak yang sedang melintas, dan jangan takut. Karena biawak-biawak ini cenderung menghindari kehadiran manusia.

pohon-jodoh-bidadari-eco-resort

Bergeser dari lokasi area Menara Martelo, kami pun singgah di salah satu pohon yang memiliki nama unik . Pohon yang berukuran besar serta memiliki usia yang cukup lama ini sungguh unik. Pohon ini di berinama “pohon jodoh“. Lokasi area pohon ini berhadapan langsung dengan pantai dan usainya pun sudah cukup tua. Menurut informasi  yang kami terima bila pasangan yang mengambil gambar di dekat area pohon ini, hubungannya akan langeng loh….

Baca juga : Mitos Pohon Tua Pulau Bidadari

pohon-jodoh-pulau-bidadari

Ditemani deburan ombak dan angin laut dari pantai, kami pun berfoto bersama di area yang menjadi salah satu ikon di lokasi ini. Kami pun para kaum lelaki yang ikut dalam rombongan ini, serasa ditemani bidadari-bidadari yang cantik juga…. Tapi yang ini bidari-bidari Vlogger yang cantik-cantik. ha,, ha,, ha,,

Perjalanan jelajah pulau pun kami lanjutkan untuk memamasuki area taman hutan. Walau terlihat sempit area ini memiliki jalan datar yang mudah ditelusuri, dan mengantarkan kami hingga sampai di sebuah unit resor penginapan yang posisinya tidak dekat dengan bibir pantai.

cottage-pulau-bidadari

Cottage ini bernama “Napoleon”, nama yang diambil dari seorang tokoh dunia bahari yang cukup dikenal di kalangan para pecinta sejarah dunia. Cottage ini memiliki gaya arsitektur seperti rumah tradisional Indonesia yang berada di daerah pedalaman.

Tidaklah mengherankan bila kita melihat penginapan yang berada di lokasi tengah pulau ini di bangun sebagai rumah panggung. Dan untuk smpai di depan pintu penginapan, kita harus melalui anak tangga yang menghubungkan pintu masuk dengan daratan yang kami pijak.

kampung-kreatif-pulau-bidadari

Setelah melewati cottage Napoleon, kami tiba di sebuah lokasi bernama “Kampung Kreatif”. Di sini kami diperkenalkan sebuah konsep hidup yang berssahabat dengan alam. Seperti bagaimana cara membuat pupuk tanaman organik yang terbuat dari kompos, pembuatan hasil karya dari kertas daur ulang yang menghasilkan sebuah produk yang bisa bermanfaat dan bernilai ekonomis.

kampung-kreatif-pulau-bidadari

Salah satu contoh seperti program pembuatan kertas daur ulang yang dilakukan di Kampung Kreatif ini mendapat perhatian dari peserta Vlogger Gathering. Di sini peserta dapat belajar langsung bagaimana cara membuat kertas daur ulang dengan baik dan benar. Dari persiapan yang akan dilakukan, sampai proses pembuatan kertas secara benar dan tepat.

Setelah kami perhatikan secara teliti, ternyata proses pembuatan kertas daur ulang membutuhkan suatu ketelitian dan kecermatan untuk menghasilkan produk kertas daur ulang yang bagus.

Bila hasil dari proses pembuatan kertas daur ulang bagus, maka kertas tersebut dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomis yang bisa dijual, seperti ; bingkai, kotak penyimpanan barang dan lain sebagainya.

rusa-pulau-bidadari

Di belakang kampung kreatif yang terdapat di kawasan Bidadari Eco Resort, kita dapat menemukan sebuah kandang rusa. Di dalamnya terdapat beberapa ekor rusa. Rusa-rusa ini terlihat sehat dan terawat, bahkan di antara hewan tersebut terdapat rusa yang sedang mengandung.

Kawasan ini menjadi tempat untuk memperkenalkan hewan rusa kepada para wisatawan dari dekat. Mengamati kehidupan rusa dari dekat tentu memiliki tantangan tersendiri, apalagi bagi para pecinta binatang yang akan mengabadikan gambar foto dari dekat di lokasi ini.

Kampung kreatif ini merupakan obyek wisata terakhir yang kami kunjungi. Setelah acara keliling pulau selesai kami pun melanjutkan acara makan siang. Sambil melepas rasa lelah dan letih setelah melakukan wisata keliling pulau.

Pada kesempatan ini kami di suguhkan dengan menu makanan khas Indonesia. Beberapa jenis menu yang tersaji di meja prasmanan ini, menjadi hidangan makan siang kami.

vlogger-gathering-pulau-bidadari

Setelah makan siang dan istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan games.Beberapa informasi diskusi dan tanya jawab yang dibawakan oleh pihak VIVAlog yang diwakilkan oleh Kang Adi, dan dari pihak Bidadari Eco Resort langsung dibawakan oleh Bapak DR. H. Agus Rochiyardi, MM (Presiden Direktur PT. Seabrezz Indonesia), serta Ibu Ir. Jundariatin Rowi, MSc (Direktur Operasional PT. Seabrezz Indonesia) Di acara coffe break beberapa games menghibur peserta Vlogger Gathering.

Dan tentunya waktu yang ditunggu-tunggu pembagian hadiah untuk pemenang lomba yang di adakan selama acara berlangsung dari lomba Twitpict hingga pembagian hadiah door prise. Acara Vlogger Gathering di kawasan Bidadari Eco resort ini ditutup dengan acara permainan di area water sport dengan mencoba wahana permainan banana boat dan bagi Vlogger yang lainnya bebas.

Baca juga : Wisata Bahari di Pulau Sepa Kepulauan Seribu Jakarta

Tepat pukul 17.00 WIB, kami pun kembali menuju Jakarta melalui Pantai Marina Ancol Jakarta. Sebelum kembali, kami pun masih di ajak keliling ke tiga pulau dengan menggunakan speedboat seperti Pulau Kahyangan, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust. Stelah itu kapal menghantarkan kami ke dermaga pantai Marina Ancol.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

33 Comments

  1. banyak banget obyek wisata menarik di kepulauan seribu ya pak

    • Kepulauan seribu memang memilik obyek wisata yang menarik, apalagi kalau di Pulau Bidadari mas, banyak yang eksotis. 😀

  2. Keseruannya masih terasa ^_^ … Asyiik makasih ya mas Indra ada foto akooh

    • Jadi ingat waktu di Pulau Bidadari ya Mba, kayanya masih ada yang nyangkut di sana ya….. 😀

  3. ternyata gugusan kepulauan seribu itu banyak pulau2 yg indah2.. jadi pengen kesana..

    • Yuk, ke Pulau Bidadari mas….. seru dan asik loh…. 😀

  4. pulaunya kepulauan seribu
    pengunjungnya berbaris beribu
    asyiknya-asyiknya-asyiknya

    • pulau seribu memang tempat wisata yang asyik, apalagi di Pulau Bidadari nya mas enak banget deh ha,, ha,, ha,,, 😀

  5. saya sudah banyak mendengar dan melihat foto-foto indah dari kepulauan seribu, termasuk dari blog ini, semoga saya punya kesempatan jalan-jalan kesana

    • Amiiiin… saya doakan Kang, agar suatu hari kelak bisa menjelajah di obyek wisata Plau Bidadari yang eksotis ini. 😀

  6. Esssip… Pulau Bidadari jadi trending topik…

    • Iya Kang Adi Pulau Bidadari jadi trending topik di internet, karena tempat ini memiliki obyek wisata yang indah untuk ditelusuri. 😀

  7. Jadi Ingin Kesana , Kapan ya…

    • Yuk, ke pulau bidadari Mba…. he, he, he,, 😀

  8. bisa ketemu para bidadari vlogger…

    beragam destinasi yg bisa dinikmati di kep seribu bang,
    dekat dari jkt

    • Bisa dong,,,,,, pulau bidadarinya masih lega ko Kang…. 😀

  9. Keren kereeen fotonya mas Indra!

    • masih belajar Mba terus nih mba… maasih atas apresiasinya.

  10. Pulau bidadari salah satu objek wisata yang ada dipulau seribu ya mas, Saya baru mencoba di pulau tidung… kalau pulau bidadari belum pernah. Asik bener wisata bareng komunitas blogger..

    • Bila ada waktu bisa coba mapir ke Pulau Bidadarinya juga mas, banyak alternativ pilihan obyek wisata alam yang indah di sana. Semoga bisa ke sana ya mas…..

  11. pulau bidadarinya indah banget ya,duh jadi pengen kesana 🙂

    • Yuk ke Pulau bidadari Mba, 😀

  12. suka sama teh rasa mangga, seger banget setelah terombang-ambing 20 menit dari marina
    he he he

    yang foto membentangkan tangan di boat itu kurang 1 orang lagi biar mirip leo-kate di titanic mas 🙂
    hi hi hi

    • Iya mas, apalagi pas panas banget rasanya jadi kurang kalau cuman stu gelas. Dan yang di kapal itu kalau dua orang takut nunggging kapalnya mas. ha,, ha,, ha,,, 😀

  13. seru juga kapan2 kalo kita bikin trip kek gini lagi mas Indra. ke KL misalnya…hahaha…

    • Boleh mas, nanti kapan-kapan kita bikin trip seperti ini. he,, he,, he,, 😀

  14. pengen banget kesana…hehehe
    indah banget foto-fotonya 🙂

    • Sepertinya memang harus segera buat rencana liburan ke Pulau Bidadari mas, agar tidak penasaran jadinya. Serukan kalau liburan ke pulau bidadari ? Makasih atas apresiasinya mas. 😀

  15. Fotonya bagus-bagus banget, Mas Indra 🙂

    • Termaiaksh Mba, sama ko foto-fotonya Mba Nunik juga bagus. 😀

  16. kapan2 kalau saya ada waktu pengen rasanya Liburan Ke Pulau Bidadari kang, dulu pernah diajak sama temen dari Jakarta, pas saya nya gak libur hehehe…

    • Iya kang, saya ikut mendoakan agar suatu hari kelak bisa datang ke Pulau Bidadari, biar tidak penasaran sama keindahan obyek wisatanya. 😀

  17. wWah ternyata ikut rombongan yang ke Pulau Bidadari toh kang, keren 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :